Manfaat Lidah Buaya untuk Berbagai Penyakit

Ini Manfaat Jika Anda Rutin Konsumsi Jus Lidah Buaya
Manfaat lidah buaya bisa untuk mengobati berbagai penyakit, jika anda rutin mengkonsuminya. Foto:Jujang/HR

Tanaman lidah buaya ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Bagi anda yang memiliki tanaman tersebut, sebaiknya pelihara dan sesekali konsumsi, karena banyak sekali kandungan gizi didalamnya. Menyajikan dalam bentuk jus lidah buaya, tentu akan sedikit menggugah selera, apalagi dicampur dengan madu asli. Manfaat lidah buaya biasa dirasakan bila anda rutin mengkonsumsinya.

Berbagai sumber menyebut, sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang terkandung dalam gel lidah buaya sangat baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Kandungan antioksidan dan antibiotiknya juga mampu merangsang pertumbuhan rambut serta mengobati infeksi pada kulit.

Manfaat Konsumsi Jus Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya, selain bagus untuk kesehatan kulit dan rambut, juga bermanfaat untuk mengobati berbagai keluhan penyakit. Berikut kami rangkum 5 manfaat jus lidah buaya untuk kesehatan:

  1. Atasi Masalah pencernaan

Lidah buaya mengandung antioksidan tinggi yang mampu mengobati masalah yang terjadi pada usus atau saluran cerna. Sifat anti-inflamasi yang tinggi pada lidah buaya, terbukti dapat mengobati semua jenis masalah pencernaan. Bagi anda yang mengalami masalah pada pencernaan, tidak ada salahnya mengkonsumsi jus lidah buaya.

2. Mengatasi Sembelit

Cobalah minum jus lidah buaya secara teratur jika anda mengalami sembelit. Manfaat lidah buaya tersebut dipercaya efektif mengobati mereka yang mengalami sembelit. Lidah buaya dapat menstabilkan kadar alkali dalam tubuh, sehingga mampu menenangkan sistem pencernaan.

3. Mengurangi kolesterol jahat

Minum jus lidah buaya secara rutin bisa  membantu mengurangi jumlah kolesterol jahat dalam tubuh . Nutrisi yang terkandung pada lidah buaya sangat baik dalam mengatur gula darah ataupun kolesterol.

4. Mencegah dan memngobati diabetes

Bagi anda yang mempunyai penyakit diabetes, ada baiknya anda mengkonsumsi jus lidah buaya. Hasil penelitian menunjukkan, manfaat lidah buaya mampu mengobati diabetes dan mengatur tingkat gula darah dalam tubuh

5. Menjaga Kesehatan mulut

Minum satu gelas jus lidah buaya ternyata mampu mencegah pembentukan plak pada gigi. Sifat pencahar yang terkandung pada lidah buaya ,juga dapat mencegah terjadinya sariawan. Berbagai studi menyebut, dengan kita meminum jus lidah buaya maka segala hal yang berurusan dengan kebersihan dan kesehatan mulut akan hilang.

Cara Membuat Jus Lidah Buaya

Berikut kami berikan tips membuat jus lidah buaya dengan cara sederhana dan mudah. Pertama-tama sediakan bahan-bahanya:

  1. Ambil dua batang lidah buaya jenis alpukat yang sudah matang
  2. Sediakan 80 ml gula cair dan air mineral seperlunya
  3. Es batu bila ingin pakai es batu
  4. Blender

Kemudian Anda tinggal mengolah jus lidah, berikut langkahnya:
1. Pertama cuci semua bahan dan kupas kulit lidah buayanya.
2. Lalu campurkan semua bahan ke dalam mesin blender dan lalu giling hingga halus.
3. Bahan yang sudah diblender lalu saring dan tuangkan ke dalam gelas.
4. Jus lidah buaya siap disajikan dan minum sesegera mungkin, agar khasiatnya tidak berkurang.

Demikianlah beberapa manfaat lidah buaya dan tips cara membuat jus lidah buaya yang mudah dan sederhana. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. (Jujang/R8/HR Online)