Manfaat Lobster untuk Kesehatan, Cegah Kemandulan Sampai Turunkan Berat Badan

manfaat lobster untuk kesehatan
Olahan masakan lobster. Foto: Ist/Net

Manfaat lobster untuk kesehatan membuat nilai jual makanan laut ini cukup tinggi. Kandungan gizinya yang tinggi seperti mineral dan vitamin baik untuk kesehatan.

Daging lobster yang lembut membuatnya sangat disukai banyak orang. Harganya yang mahal sebanding dengan rasanya yang lezat.

Hanya saja, makanan yang terkenal karena rasanya yang sedap ini harus dikonsumsi secara wajar dan tidak berlebihan.

Manfaat Lobster untuk Kesehatan

Gizi yang terkandung dalam lobster membuatnya memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Dirangkum HR Online dari berbagai sumber berikut manfaat lobster bagi kesehatan:

Cegah Gondok dan Kemandulan

Saat Anda mengonsumsi lobster, salah satu penyakit yang bisa dicegah adalah gondok dan kemandulan.

Manfaat lobster untuk kesehatan ada pada kandungan yodiumnya yang sangat tinggi, inilah yang menjadi bahan baku dalam produksi hormon tiroid yang berhubungan dengan penyakit gondok dan kemandulan. Hormon ini penting untuk metabolisme tubuh.

Baik untuk Kesehatan Jantung

Kandungan nutrisi pada lobster, seperti vitamin, mineral (kalsium, kalium, fosfor, magnesium, dan seng), asam omega-3 dan asam omega-6 pada lobster baik untuk kesehatan jantung.

Kandungan nutrisi termasuk protein pada lobster akan menghindarkan Anda dari penyakit jantung. Karena jika jantung sehat, maka jantung pun akan tetap stabil.

Jaga Kesehatan Mata

Manfaat lobster untuk kesehatan salah satunya adalah menjaga kesehatan mata. Kandungan EPA dan DHA dalam lobster dapat mengurangi resiko degenerasi macula yang biasa terjadi pada usia senja.

Pada usia manula, mata rentan kena katarak. Konsumsi lobster juga dapat mencegah katark saat usia tua.

TCL

Cegah Kurang Gizi

Kandungan gizi pada lobster yang sangat kaya mampu mencukupi kebutuhan gizi Anda. Kandungan protein pada lobster juga mampu mencegah penyakit-penyakit yang ditimbulkan karena kekurangan gizi.

Dengan begitu manfaat lobster untuk kesehatan sebenarnya, perlu dengan mengonsumsinya dalam porsi yang pas. Hal ini akan membantu Anda terbebas dari beberapa penyakit berbahaya.

Meningkatkan Kecerdasan Otak

Omega-3 pada lobster dapat meningkatkan perkembangan sel otak. Manfaat lobster bagi kesehatan ini didapat dari omega-3 adalah merangsang sel otak sehingga bisa bekerja dengan baik. Hal ini berpengaruh terhadap kecerdasan otak.

Baik untuk Gigi dan Tulang

Kandungan kalsium dalam lobster sangat baik untuk menjaga kesehatan pada gigi maupun tulang Anda. Selain itu, adanya kalsium pada makanan laut ini dapat membantu kerja otot, pembekuan darah pada tubuh juga menjadi lebih cepat.

Manfaat lobster untuk kesehatan lainnya dari kandungan kalsium pada lobster adalah membantu produksi hormone pada tubuh sehingga lebih meningkat.

Membantu Pembentukan Sel Tubuh dan Jaringan

Lobster juga mengandung banyak protein. Protein pada lobster sangat membantu dalam proses pembentukan sel tubuh dan jaringan.

Protein yang dibutuhkan untuk pembentukan sel dan jaringan terdapat pada lobster. Selain itu, protein pada lobster juga berguna untuk membantu produksi berbagai hormon maupun enzim.

Manfaat lain dari protein yang ada pada lobster juga bisa meningkatkan energi tanpa perlu mengandalkan pembakaran karbon pada tubuh, sehingga tidak menyebabkan kegemukan.

Manfaat Lobster untuk Turunkan Berat Badan

Mengonsumsi lobster bisa jadi pilihan bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Pasalnya lobster dikenal sebagai makanan laut yang rendah lemak dan kalori. Namun jangan salah lobster memiliki kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Saking banyaknya manfaat lobster untuk kesehatan, bahkan ada yang menyebutkan jika mengonsumsi lobster sama dengan konsumsi tablet multivitamin ataupun suplemen kesehatan.

Walaupun begitu, masih ada orang yang percaya jika lobster berbahaya untuk dikonsumsi. Dasarnya adalah mereka percaya lobster mengandung merkuri, virus, dan parasite. Bahlan lobster juga dipercaya sebagai pemakan makanan busuk yang berakibat tidak baik bagi kesehatan ketika dikonsumsi oleh manusia.

Namun, kepercayaan itu tidaklah beralasan. Karena pada kenyataannya banyak manfaat lobster untuk kesehatan. Hal ini lantaran lobster mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti mineral, protein, asam omega-3 dan lainnya.

Hanya saja bagi penderita kolesterol, lobster adalah makanan laut yang mesti dihindari. Kandungan kolesterol pada lobster disebut sangat tinggi. Apalgi jika memasaknya dengan tambahan bahan-bahan tertentu seperti mentega dan minyak goreng.

Itulah penjelasan seputar manfaat lobster untuk kesehatan, dan sedikit bahayanya bagi penderita kolesterol. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...