Manfaat Makan Jamur, Sehatkan Otot Tubuh

Manfaat Makan Jamur, Sehatkan Otot Tubuh

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com).- Manfaat makan jamur, sehatkan otot tubuh. Jamur memiliki berbagai jenis varian, baik ukuran, rasa, bentuk, warna, dan yang mengandung racun maupun tidak.

Tidak hanya variasi, ternyata manfaat makan jamur untuk kesehatan, terutama kesehatan otot tubuh. Jamur memiliki peran penting dalam kesehatan tubuh yang patut Anda ketahui. Berikut keajaiban yang akan Anda dapat jika rajin mengonsumsi jamur!

Manfaat Makan Jamur untuk Kesehatan

Manfaat untuk Otot

Pisang adalah jenis makanan yang terkenal mengandung kalium terbesar. Namun, ternyata jamur juga memiliki kandungan yang sama.

Jika Anda memasak jamur, apalagi jenis portobelo, ia bisa memiliki kandungan yang sama, bahkan lebih daripada pisang.

Masak semangkuk jamur portobelo dengan benar, maka kandungan kaliumnya lebih besar daripada pisang berukuran sedang.

Kalium yang terkandung dalam jamur sangat baik untuk keseimbangan elektrolit dan kontraksi otot. Dan sering kali merupakan nutrisi yang sangat baik dikonsumsi setelah berolahraga. 

Untuk Anda yang senang melakukan olahraga, yang berkaitan dengan otot, manfaat makan jamur akan sangat terasa bila Anda mau melakukannya.

Jamur sangat ajaib karena bisa meningkatkan kapasitas cardio, stamina dan daya tahan. Jamur dapat meningkatkan penyerapan oksigen, sehingga suplai darah ke organ dan ekstremitas mempercepat pengiriman dan pemanfaatan oksigen pada otot.

Juga ada penelitian yang menyebutkan bahwa vitamin yang terkandung dalam jamur Cordyceps dapat menurunkan detak jantung. Sehingga, anda bisa berolahraga dengan lebih lama dan mampu membakar lemak lebih banyak.

Jamur Cordyceps juga mendorong tubuh untuk mengeluarkan testosteron, hormon penting untuk mendukung dan meningkatkan massa otot.

Manfaat Jamur Lainnya untuk Tubuh

Manfaat makan jamur dengan konsisten tidak hanya akan dirasakan oleh otot tubuh Anda. Karena terdapat manfaat lain yang tidak kalah berguna untuk tubuh.

Yang pertama, mengonsumsi jamur dengan rajin bisa membuat Anda awet muda. Anda tidak percaya? Begini, dalam jamur terdapat dua antioksidan yang sangat tinggi, ergothioneine dan glutathione.

Menurut penelitian, kedua antioksidan tinggi ini bekerja dengan keras untuk melindungi tubuh dari tekanan fisiologis yang menyebabkan tanda-tanda penuaan yang terlihat. Sepertihalnya keriput yang bisa muncul seiring bertambahnya usia.

Selain itu, dua antioksidan tadi juga bisa membantu mencegah Parkinson dan Alzheimer. Parkinson dan Alzheimer merupakan penyakit yang banyak diderita oleh orang lanjut usia.

Selain itu, manfaat makan jamur ternyata juga memengaruhi jantung. Walau tampilan jamur tidak terlalu indah laiknya jenis sayuran lain, tapi jamur bisa menambah rasa makanan menjadi lebih nikmat tanpa harus menggunakan garam secara berlebihan.

Nah, karena tidak perlu menggunakan garam atau penyedap rasa lain secara berlebihan, ini bisa mengurangi resiko konsekuensi untuk tekanan darah atau risiko penyakit jantung Anda.

Kini, setelah mengetahui manfaat makan jamur, Anda tidak perlu khawatir lagi akan mengonsumsi jamur sesering mungkin atau membuatnya sebagai olahan makanan yang lezat. Jadi, mau masak jamur apa hari ini? (Deni/R4/HR-Online)