Manfaat Tembakau untuk Kesehatan Sangat Variatif

Manfaat Tembakau untuk Kesehatan Sangat Variatif

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com).-Manfaat tembakau untuk kesehatan, sebagian besar masyarakat menganggap bahwa tembakau memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

Namun perlu diketahui, ternyata banyak peneliti yang telah membuktikan bahwa tembakau memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh ketika digunakan dengan benar.

Penasaran apa saja? Berikut ini beberapa manfaat tembakau untuk kesehatan.

Dijadikan sebagai Obat Flu, Asma, dan TBC

Menurut penduduk India, tembakau sangat bermanfaat untuk membersihkan saluran hidung. Hal ini membantu Anda pada saat terkena penyakit flu.

Caranya cukup mudah; campurkan tembakau dengan daun dari tanaman gurun, atau akar India balsam, dan leptotaenia multifida.

Tak hanya mengobati flu, ternyata semua itu dapat membantu penyembuhan asma dan TBC.

Dijadikan sebagai Pasta Gigi

Tembakau yang terkenal sebagai bahan dasar rokok ternyata dapat pula dijadikan sebagai pasta gigi. Pasta gigi yang terbuat dari tembakau sangat bermanfaat untuk membersihkan gigi karena kandungan yang ada di dalamnya.

Anda bisa menemukannya dimanapun karena pasta gigi ini sudah dipasarkan di seluruh negeri. Penduduk Indialah yang masih menggunakan metode ini.

Mengurangi Rasa Sakit Gigitan Serangga dan Ular Berbisa

Kandungan nikotin dalam tembakau sangat dipercaya dapat membantu menghilangkan rasa sakit, membantu menarik keluar racun, dan bisa menyembuhkan luka dari gigitan ular berbisa.

Caranya, setelah racun tersedot keluar, kunyah daun kemudian letakkan pada luka dan ikat dengan perban. Metode ini juga bisa Anda gunakan ketika tersengat serangga.

Menurunkan Risiko Operasi Pergantian Sendi

Manfaat tembakau untuk kesehatan yang satu ini dikutip dari university of Adelaide yang muncul dalam jurnal Atrhritis dan rheumatism.

Disebutkanbahwa pria yang merokok memiliki risiko lebih kecil untuk menjalani operasi sendi total dibandingkan mereka yang tidak pernah merokok.

Hal ini karena kandungan nikotin yang ada dalam tembakau mampu mencegah tulang rawan dan kerusakan sendi.

Dijadikan sebagai Obat Sakit Gigi

Tak hanya dapat dijadikan sebagai pasta gigi, tembakau ternyata juga bisa membantu meredakan rasa nyeri pada saat sakit gigi.

Caranya; jadikan tembakau sebagai tapal (obat cair kental) dengan menghancurkan daun dan menempatkannya di tempat yang terkena dampak untuk meringankan masalah medis.

Setelah itu, letakkan tapal di bagian mulut untuk mengurangi rasa sakit pada gigi.

Dijadikan sebagai Obat Ruam Kulit, Eksim, dan Rematik

Tembakau juga sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit, seperti dapat menenangkan radang kulit dan mengurangi rasa sakit.

Caranya hampir sama dengan meredakan rasa sakit pada gigi, yakni jadikan tembakau dalam bentuk tapal (obat cair kental).

Kemudian Anda bisa mengoleskan pada bagian kulit yang mengalami masalah. Hal ini dipercaya mangobati masalah kulit tersebut.

Itulah beberapa manfaat tembakau untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Ternyata tembakau tidak hanya memberikan efek buruk seperti yang telah beredar di masyarakat. Tembakau juga memiliki banyak efek positif juga bagi kesehatan. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...