Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Umbi Ganyong yang Kaya Pati Sekaligus Berkhasiat Obat

Manfaat Umbi Ganyong yang Kaya Pati Sekaligus Berkhasiat Obat

Manfaat umbi ganyong mungkin belum banyak diketahui orang. Apalagi umbi ganyong tak sepopuler dengan jenis ubi-ubian lainya, seperti ubi jalar atau ubi ungu. Namun khasiat makanan ini juga tak bisa dianggap sebelah mata.

Ganyong (Canna discolor L. syn. C. Edulis) termasuk keluarga tanaman kana (Cannaceae) yang menghasilkan umbi. Meski berbuah umbi, namun tanaman ini masih berkerabat dekat dengan tanaman kana hias.

Tanaman ini populer dengan sebutan ganyu, banyur atau laos mekah. Namun keberadaan tanaman ini semakin langka dan sulit ditemukan karena jarang orang yang mengkonsumsi maupun menanamnya.

Umbi ganyong diketahui dapat menjadi sumber pangan alternatif karena kandungan pati (karbohidrat) yang tinggi. Umbi ini juga kaya dengan protein, kalori, lemak, vitamin C, vitamin B1, fosfor, kalsium dan zat besi.

Buah umbi ini juga diketahui mengandung sejumlah senyawa penting seperti flavanoida, saponin dan polifenol. Dengan banyaknya kandungan nutrisi membuat umbi ini tak sekedar mengenyangkan perut.

Manfaat Umbi Ganyong untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan pati yang tinggi membuatnya cocok untuk menjadi pengganti nasi. Nah, berikut ini berbagai manfaat umbi ganyong untuk kesehatan tubuh yang sebaiknya Anda tahu.

Mengobati Luka Lambung

Kandungan polifenol dan flavanoida dalam ganyong berkhasiat untuk menyembuhkan luka lambung. Caranya tinggal makan saja bubur tepung umbi ganyong dengan air, gula merah dan sedikit garam yang dimasak.

Baik Untuk Pencernaan dan Usus

Kandungan pati dalam ganyong ternyata mudah dicerna oleh tubuh. Apalagi dengan kandungan kimianya membuat umbi ini ampuh melancarkan pencernaan dan kesehatan usus. Bubur ganyong juga baik untuk mengatasi diare dan gangguan perut.

Mendukung Pertumbuhan Balita

Manfaat umbi ganyong juga baik untuk mendukung tumbuh kembang bayi dan balita. Kandungan zat besi, fosfor dan kalsium yang tinggi dalam makanan ini sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan anak.

Menguatkan Tulang

Kandungan kalsium yang tinggi dalam ganyong berkhasiat memperbaiki dan menguatkan tulang. Makan rebusan atau bubur ganyong secara berkala sangat baik untuk menjauhkan dari gangguan tulang.

Mengatasi Radang Saluran Kencing

Manfaat umbi ganyong juga berkhasiat dalam mengatasi radang saluran kencing. Masak saja umbi ini dengan kumis kucing, akar alang-alang dan air secukupnya hingga mendidh lalu minum airnya selagi hangat.

Mengatasi Panas Dalam

Selain mengenyangkan umbi ganyong juga sangat berkhasiat untuk meredakan dan mengatasi gangguan panas dalam. Anda bisa merebus ganyong dan temulak dengan air hingga mendidih dan minum airnya.

Baik untuk Penderita Diabetes

Selain sebagai pengganti pangan, kandungan pati dalam ganyong juga tidak membuat kadar gula darah naik, sehingga makanan ini baik untuk pengganti nasi dan sumber karbohidrat bagi penderita diabetes.

Sumber Energi yang Baik

Manfaat umbi ganyong juga baik sebagai sumber energi tubuh karena kandungan protein dan karbohidrat atau pati yang tinggi. Makan bubur ganyong bisa membantu tumbuh kembang anak maupun membuat tubuh lebih segar.

Baik untuk Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat yang cukup tinggi dalam umbi sangat baik untuk mendukung program diet atau menurunkan berat badan. Karena itu masukkan makanan ini dalam menu diet untuk mempercepat berat badan ideal Anda.

Efek Samping Umbi Ganyong

Selain manfaat umbi ganyong yang baik untuk kesehatan, makanan ini juga bisa memberikan dampak yang kurang baik untuk tubuh. Hal ini karena adanya senyawa tanin dan saponin yang bersifat antinutrisi.

Kandungan tanin yang masuk ke dalam perut akan berinteraksi dengan enzim pencernaan. Ternyata senyawa ini bisa menurunkan kemampuan tubuh dalam mencerna protein yang tentunya dapat merugikan tubuh.

Selain itu sejumlah enzim pencernaan yang ada, seperti lipase, amilase, kimotripsin dan tripsin juga dapat terganggu. Hal ini bisa menyebabkan penyerapan nutrisi makanan oleh tubuh kurang optimal.

Begitu juga kandungan saponin dalam ganyong bersifat toxin yang dapat merugikan tubuh. Hal ini karena senyawa ini dapat menghancurkan hemolisis atau butir darah dalam tubuh.

Namun senyawa ini bisa disingkirkan dengan pemanasan saat memasak atau mengolahnya menjadi makanan. Karena itu agar manfaat umbi ganyong optimal untuk tubuh, sebaiknya tidak mengkonsumsinya dalam kondisi mentah. (R9/HR-Online)