Manfaat Urang Aring Tak Hanya untuk Rambut, Tapi Bisa Perpanjang Usia?

manfaat urang aring
Manfaat urang aring. Foto: Istimewa

Manfaat urang aring lebih populer sebagai minyak untuk rambut. Anda tentu ingat bagaimana orang tua atau nenek kita dulu sering mengoleskan minyak urang-aring agar rambut kita menjadi hitam dan lebat. Herbal warisan nenek moyang itu sampai sekarang masih dipercaya untuk menyehatkan rambut.

Urang aring (Eclipta alba Hask) merupakan jenis tanaman yang sering dianggap gulma. Tanaman ini juga populer sebagai orang aring, daun tinta, keremak jantan, daun sipat atau te-lenteyan. Dalam bahasa asingnya false daisy atau Eclipta.

Daunnya yang berbentuk bulat telur memanjang dengan ujungnya yang runcing. Bagian tepi daun bergerigi dan permukaannya terdapat bulu rambut. Daun inilah yang diambil dan diolah menjadi minyak rambut urang aring.

Manfaat urang aring karena herbal ini sangat kaya dengan kandungan zat aktif, seperti nikotin, alkaloida dan ekliptin. Kandungan ini sangat berguna untuk menyuburkan rambut dan mengatasi gangguan dan penyakit lainnya.

Tanaman urang aring juga mengandung zat pewarna hitam. Minyak urang aring yang dibuat dari campuran tanaman ini dengan minyak kelapa populer menjadi cara tradisional untuk menyuburkan rambut anak.

Dalam pengobatan tradisional di India, urang aring juga dianggap sebagai rasayana yang berkhasiat membuat awet muda dan memanjangkan usia. Bahkan sejumlah penelitian menemukan khasiat obat tanaman ini.

Manfaat Minyak Urang Aring untuk Rambut

Ada banyak manfaat urang aring untuk rambut seperti yang telah lama dipraktekkan dalam pengobatan tradisional di tanah air. Yuk simak apa saja khasiat minyak rambut ini.

Menghitamkan Rambut dan Alis

Urang aring mengandung zat pewarna hitam yang tentunya berkhasiat untuk menghitamkan rambut dan alis. Tinggal oleskan saja minyak urang aring pada rambut dan alis secara rutin agar hasilnya optimal.

Menyuburkan Rambut

Kandungan dalam herbal ini juga ampuh menyuburkan dan melebatkan rambut. Anda bisa membuat dari segenggam daun urang-aring yang dihaluskan kemudian direndamkan dalam air. Saring dan diamkan semalam airnya sebelumnya dioleskan ke kulit kepala.

Mengatasi Ketombe dan Ubanan

Minyak urang aring juga berkhasiat mengatasi berbagai gangguan rambut, seperti ketombe dan gatal. Bahkan herbal ini ampuh mengusir uban. Oleskan saja secara rutin minyak urang aring pada kulit kepala sambil dipijit.

Manfaat Urang Aring untuk Kesehatan

Selain untuk rambut, manfaat urang aring untuk kesehatan juga banyak. Bahkan herbal ini berkhasiat menyembuhkan sejumlah penyakit berbahaya yang sangat berguna. Berikut ini khasiat herbal ini selengkapnya.

Menyembuhkan Diare dan Sakit Perut

Kandungan zat kimia dalam tanaman orang aring juga berkhasiat dalam meredakan diare dan sakit perut. Tinggal rebus saja daun dan akar herbal ini lalu minum airnya setelah dingin.

Mengatasi Masalah Keputihan

Manfaat urang aring juga ampuh mengatasi masalah keputihan yang sering dialami wanita. Ambil semua bagian tanaman 60 gram lalu dicuci dan direbus dengan 2 gelas air hingga setengahnya. Dinginkan lalu minum.

Mengatasi Batuk dan Muntah Darah

Kandungan herbal ini juga bersifat hemostatik yang ampuh menghentikan pendarahan, termasuk muntah darah atau batuk darah. Lumatkan saja herbal ini dan peras airnya lalu tambah air hangat sedikit dan minum airnya.

Mengatasi Penyakit Kulit

Manfaat urang aring juga berkhasiat mengobati berbagai jenis penyakit kulit dan membuat kulit sehat dan cantik. Haluskan daun herbal ini lalu tambahkan sedikit minyak zaitun dan oleskan pada kulit dan wajah.

Mengatasi Penyakit Hati

Organ hati memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh. Terganggunya fungsi hati bisa memicu banyak penyakit berbahaya. Untuk mengatasinya tinggal minum saja rebusan daun urang aring secara teratur.

Mengatasi Gusi yang Bengkak

Manfaat urang aring juga karena kandungannya yang bersifat anti-inflamasi yang berguna meredakan dan mengatasi sakit pada gusi bengkak. Panggung daun herbal ini lalu tumbuk halus dan tempelkan pada gusi yang sakit.

Mengatasi Hidung Mimisan

Mimisan atau keluarnya darah dari hidung sering terjadi tanpa sebab yang jelas. Untuk mengatasinya tinggal haluskan daun herbal ini lalu peras airnya. Tambahkan sedikit air lalu minum airnya.

Demikianlah berbagai manfaat urang aring yang berkhasiat bukan saja untuk menyuburkan rambut, namun juga ampuh dalam mengatasi berbagai penyakit. Ramuan herbal ini juga dipercaya membuat awet muda. (R9/HR-Online)