Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaBerita TerbaruMasker untuk Kulit Kering dan Kusam dari Buah-buahan, Begini Cara Membuatnya

Masker untuk Kulit Kering dan Kusam dari Buah-buahan, Begini Cara Membuatnya

Masker untuk kulit kering dan kusam bisa dibuat sendiri dengan menggunakan bahan-bahan alami. Ada beberapa bahan alami yang dapat dimanfaatkan sebagai masker untuk kulit kering dan kusam agar bisa tetap terhidrasi.

Dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (26/12/2019), dalam perawatan wajah, kondisi kulit kering butuh masker yang tentunya sesuai dengan karakter kulit kita.

Masker untuk Kulit Kering dan Kusam Berbahan Alami

Lidah Buaya dan Mentimun

Lidah buaya dan mentimun bisa dijadikan masker untuk membantu kulit wajah yang kering tetap lembap. Dengan masker berbahan alami tersebut, kulit yang kusam dan gatal bisa berkurang.

Cara membuatnya, blender 2 sedok makan gel lidah buaya dengan ½ buah timun. Setelah itu, oleskan campuran tersebut ke seluruh wajah sambil dipijat lembut. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

Masker Semangka dan Madu

Masker untuk kulit kering dan kusam selanjutnya menggunakan buah semangka dan madu. Tingginya kandungan air dalam semangka bisa membantu menghidrasi kulit yang kering.

Buah semangka juga dapat menyegarkan kulit, dan campuran madunya untuk membantu mencegah kerusakan sekaligus menjaga kelembapan kulit.

Cara membuat masker dari campuran buah semangka dan madu ini sangat mudah. Cukup campurkan 1 sendok makan jus semangka dengan 1 sendok makan madu, lalu aduk hingga merata.

Setelah itu, oleskan campuran kedua bahan yang sudah diaduk itu ke seluruh wajah, dan biarkan selama kurang lebih 20 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Makser Kuning Telur dan Madu

Masker untuk kulit kering dan kusam juga bisa dibuat dengan campuran kuning telur dan madu. Kandungan lemak yang tinggi dalam kuning telur diklaim bermanfaat mengatasi kulit kering dan kusam.

Sedangkan, putih telur dapat membantu mengatasi masalah minyak berlebih di wajah. Tapi jangan lupa tambahkan nutrisi dari madu alami yang dikenal kaya akan zat antioksidan.

Cara membuatnya, kocok kuning telur dan campurkan dengan 1 sendok teh madu, lalu aduk sampai tercampur merata hingga sempurna.

Setelah itu, oleskan campuran kuning telur dan madu, lalu diamkan sampai mengering sekitar 10-15 menit. Jika sudah, bilas wajah menggunakan air sampai bersih.

Masker Pisang, Madu dan Minyak Zaitun

Buah pisang dan minyak zaitun juga sangat baik dijadikan masker untuk kulit kering dan kusam maupun jenis kulit lainnya. Seperti kita ketahui bahwa buah pisang memiliki nutrisi baik untuk kulit.

Tambahkan juga minyak zaitun dan madu agar masker tersebut cocok dijadikan alternatif untuk merawat kulit wajah.

Cara membuatnya juga sangat mudah, cukup siapkan ½ buah pisang, 1 sendok makan madu dan 1 sendok teh minyak zaitun. Kemudian, pisang dihaluskan, lalu campurkan dengan minyak zaitun dan madu.

Setelah itu, oleskan campuran bahan alami tersebut ke seluruh wajah, diamkan masker selama 10 sampai 20 menit, lalu bilas sampai  bersih.

Masker Alpukat dan Madu

Banyak manfaat kesehatan dan kecantikan yang bisa didapat dari buah alpukat, termasuk untuk dijadikan masker. Hampir semua jenis kulit cocok memakai masker alpukat untuk perawatan kulit wajah.

Kandungan lemak sehat dalam alpukat bermanfaat untuk menutrisi kulit yang kering menjadi lebih lembap.

Tambahkan juga madu dan air mawar yang sama-sama memiliki manfaat untuk melembapkan kulit kering.

Cara membuatnya, campurkan 2 sendok teh alpukat yang sudah ditumbuk dengan 1 sendok teh madu dan 1 sendok teh air mawar.

Setelah itu aduk sampai merata, lalu oleskan ke seluruh wajah. Diamkan sekitar 10-20 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

Masker Pepaya, Madu dan Susu

Kulit wajah yang kering dan kusam juga bisa diatasi dengan penggunaan masker berbahan campuran antara pepaya, madu dan susu.

Selain melembapkan kulit, masker ini juga dapat melembutkan dan mengenyalkan kulit, karena madu dan susu punya sifat menghidrasi kulit. Susu juga bisa membantu mencerahkan kulit.

Cara membuatnya, campurkan ½ cangkir buah pepaya matang yang telah dihancurkan dengan 1 sendok teh madu dan 2 sendok teh susu murni.

Kemudian, oleskan campurkan tersebut ke seluruh wajah, dan diamkan sekitar 10-20 menit. Setelah itu basuh wajah dengan air hingga bersih.

Masker Pepaya, Mentimun dan Pisang

Masker untuk kulit kering dan kusam yang terakhir adalah masker berbahan campuran pepaya, mentimun dan pisang.

Seperti telah kita ketahui bahwa mentimun bisa membantu menyejukkan kulit. Sedangkan, pepaya dan pisang bermanfaat untuk melembapkan.

Jadi, masker ini tak hanya dapat menyejukan dan melembapkan kulit saja, tapi juga menjaga kelembutan kulit.

Cara membuatnya, campurkan ¼ cangkir buah pepaya, ½ buah pisang, dan ½ mentimun. Hancurkan buah-buahan tersebut dengan blender.

Setelah itu, oleskan ke seluruh wajah, dan diamkan sampai 15 menit, lalu bilas wajah dengan air hingga bersih. (Eva/R3/HR-Online)