Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita TerbaruMencegah Ular Masuk Rumah dengan Cara Ini!

Mencegah Ular Masuk Rumah dengan Cara Ini!

Berita Sains, (harapanrakyat.com).- Mencegah ular masuk rumah dengan cara ini! Musim hujan telah tiba. Saat musim hujan sering terjadi ular masuk ke dalam rumah. Kemarin sempat heboh di beberapa daerah ular kobra masuk ke rumah.

Situasi ini pasti sangat menakutkan. Terutama bagi mereka yang punya anak-anak. Supaya terhindar dari situasi ini, berikut ulasan mengenai cara mencegah ular masuk ke dalam rumah.

Cara Mencegah Ular Masuk Rumah

Pastikan Rumah Bersih & Rapi

Rumah yang kotor membuat hewan-hewan suka masuk ke dalam rumah, terutama tikus. Dan tikus adalah makanan utama ular.

Apalagi rumah yang tidak rapi, banyak barang-barang bekas berserakan. Banyak terdapat sudut-sudut barang tempat mereka dapat bersembunyi dengan mudah.

Untuk itu, bersihkan rumah Anda dan rapikan agar mereka tidak bersembunyi di celah-celah rumah Anda.

Pastikan Tidak ada Tikus di Rumah

Cara cegah ular masuk rumah salah satunya adalah memastikan makanan alamiahnya tidak ada di dalam rumah, yakni tikus. Adanya tikus masuk rumah membuat potensi ular masuk ke dalam rumah untuk mencari makan.

Selain itu, apabila tikus bisa masuk ke dalam rumah, maka demikian pula ular juga pasti bisa. Pasti ada celah di mana tikus dan ular berpotensi keluar dan masuk ke rumah Anda.

Tutup Lubang-Lubang yang Berpotensi Dimasuki Ular

Telitilah celah-celah rumah Anda, adakah celah untuk dimasuki ular. Apakah rangka pintu yang sudah berlubang, atau pintu juga sudah berlubang.

Saluran pembuangan air, apakah tertutup dengan baik. Tempat lubang air kamar mandi, lubang tempat cucui baju atau cuci piring, apakah sudah ada teralis atau saringan penghalang yang kuat.

Potong Rumput dan Dahan Pohon di sekitar Rumah

Rumput yang terlalu tinggi menjadi jalan mudah bagi ular untuk bersembunyi dan merayap di sana. Sehingga pastikan rumput-rumput di halaman rumah maupun di sekitaran luar rumah dalam kondisi yang tidak terlalu panjang.

Selain itu, apabila ada pohon yang dahannya menyentuh rumah atau lubang jendela, sebisa mukin dipotong agar tidak menjadi akses masuk ular.

Beri Wangi-wangian di Pojok-pojok Ruangan

Biasanya orang menaburkan garam ke sekitar rumah untuk mencegah ular masuk rumah. Sebenarnya cara ini tidak efektif, sebab ular tidak takut dengan garam, dan tidak berefek apapun baginya.

Justru lebih efektif dilakukan adalah memberi wewangian ke pojok-pojok rumah tempat dimana berpotensi dimasuki ular. Wangi yang efektif adalah campuran minyak kayu manis dan minyak cengkeh.

Kurangi Kelembaban Ruangan

Kondisi yang lembab dan tidak terurus menjadikan tempat itu nyaman bagi lokasi bersembunyi ular. Maka dari itu, selain membersihkannya, anda perlu menjaga agar tempat tersebut tidak lembab.

Gunakan produk penghisap kelembaban udara yang tersedia di pasaran untuk ruang-ruang yang berpotensi lembab. Penggunaan kapur barus atau karbol juga membantu.

Itulah cara mencegah ular masuk rumah paling efektif. Sebaiknya Anda mulai sekarang melakukan hal tersebut, sebab saat ini sudah mulai memasuki musim hujan. Selamat mencoba! (Deni/R4/HR-Online)