Menerapkan Gaya Hidup Slow Living Supaya Gak Stres!

Menerapkan gaya hidup slow living untuk mengatasi kehidupan yang serba cepat seperti perlu dilakukan supaya kita tidak mudah stres.
Menerapkan gaya hidup slow living untuk mengatasi kehidupan yang serba cepat seperti perlu dilakukan supaya kita tidak mudah stres. Photo: Ilustrasi.

Menerapkan gaya hidup slow living untuk mengatasi kehidupan yang serba cepat seperti perlu dilakukan supaya kita tidak mudah stres. Menanamkan pemikiran untuk mencoba menerapkan gaya hidup slow living bisa dijadikan pilihan.

Karena tanpa disadari, melakukan segala hal secara perlahan akan membuat fikiran kamu lebih tenang di tengah kehidupan yang saat ini bergerak serba cepat, hingga semua orang sepertinya lupa untuk menikmati hidup.

Rasa pesimis yang kerap muncul sebelum kamu memulai apa pun akan menjadi penghambat dan berujung stres meningkat.

Tapi dengan menerapkan gaya hidup slow living, sesibuk atau seberat apa pun pekerjaanmu dapat dilalui dengan tentram.

Lantas, bagaimana caranya untuk bisa memulai hidup slow living di tengah kehidupan yang secra cepat ini?

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa langkah yang harus dilakukan agar hidupmu lebih tenang.

Tanamkan Pilihan untuk Slow Living

Jika kamu menanamkan pikiran untuk memilih menerapkan gaya hidup slow living maka hal ini bisa dilakukan.

Tapi tak perlu khawatir, karena kalau sudah terbiasa kamu pun akan mudah beradaptasinya dengan slow living lifestyle yang menyenangkan itu.

Kurangi Penggunaan Smartphone

Gaya hidup slow living dimulai dengan mengurangi penggunaan smartphone, ganti oleh aktivitas yang bikin menenangkan, seperti bersantai atau bisa juga berjalan-jalan di alam bebas.

Mengurangi penggunaan ponsel bisa diawali dengan menghapus aplikasi-aplikasi tak penting, sehingga nantinya kamu akan secara otomatis bakal mengurangi penggunaan smartphone.

Bersantai sambil menikmati keindahan alam merupakan kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk menggantikan kebiasaan kamu yang terpaku pada barang elektronik.

Menikmati keindahan alam tak harus traveling jauh, kamu bisa menikmati keindahan taman kota dengan hewan peliharaanmu, atau bisa juga pergi ke perpustakaan sambil baca-baca buku.

Menikmati Saat Makan

Makan secara perlahan supaya bisa lebih menikmati setiap rasa yang unik pada semua hidangan. Dengan gaya hidup slow living bisa membantu kamu lebih memerhatikan hal-hal kecil seperti rasa unik pada masakan.

Caranya, cukup makan bersama orang terdekat, matikan semua gadget, atau hal-hal yang dapat mengganggu. Fokus pada makanan yang ada di depanmu, dan lupakan sejenak pekerjaan atau apa pun itu.

Buat Makanan Sendiri

Ketika kamu sudah mulai makan secara perlahan, cobalah kamu membuat makanan sendiri. Jadi, kurangi take away atau delivery makanan.

Memasak sendiri makanan sederhana untuk dinikmati bersama orang-orang terdekatmu merupakan salah satu cara untuk menerapkan gaya hidup slow living.

Menanam Sendiri Bahan-bahan Makanan

Jika kamu sudah bisa memasak setiap hidangan, cobalah untuk menanam bahan makanan sendiri agar lebih hemat.

Karena biasanya kamu membeli bahan makanan secara mudah tak perlu harus menyiramnya, atau mengusir hama dan lainnya.

Sehingga, kita kerap tidak menghargai nilai dari bahan makanan yang menjadi hidangan tersebut.

Jika kita melihat tanaman yang dijadikan bahan makanan itu tumbuh, lalu memanennya sendiri, tentu hal itu akan membuat kita merasa lebih puas dan bahagia.

Cara untuk memulai gaya hidup slow living yang terakhir adalah jangan melakukan multitasking yang bisa membuat kamu susah fokus. (Eva/R3/HR-Online)