Mengatasi Uban dengan Bawang Merah, Begini Langkahnya!

Cara mengatasi uban dengan bawang merah
Ilustrasi mengatasi uban dengan bawang merah. Foto: Net/Ist

Mengatasi Uban dengan Bawang Merah menjadi salah satu solusi bagi Anda yang memiliki masalah pada rambut. Mengatasi uban sebenarnya banyak caranya, namun dengan bawang lebih mudah dan murah.

Uban menjadi salah satu pertanda seseorang telah lanjut usia. Meski begitu, tidak sedikit pula kaum muda yang rambutnya sudah beruban.

Karena hal ini tentu menjadi persoalan sendiri bagi sebagian orang, apalagi bagi mereka yang mementingkan penampilan.

Maka dari itu, untuk mengatasi uban dengan bawang merah ada beberapa hal yang perlu diketahui terlebih dahulu bumbu dapur yang berwarna merah ini.

Bawang merah memiliki nama latin Allium cepa dan diketahui berasal dari Iran, Pakistan serta daerah pegunungan yang ada di utara negara tersebut. Dari sini, kemudian menyebar ke seluruh penjuru dunia.

Selain digunakan sebagai bumbu dapur, bawang merah juga digunakan untuk obat tradisional maupun sebagai zat pewarna dari bagian kulit umbinya.

Sedangkan berdasarkan kandungannya, bawang merah memiliki antioksidan yang cukup tinggi, termasuk kandungan Vitamin A, C, E serta kandungan sulfur yang bisa melindungi keratin rambut dari masalah kerontokan.

Mengatasi Uban dengan Bawang Merah

Agar rambut Anda kembali sehat dan uban tidak tumbuh lagi, mengobati dengan bahan herbal sangat dianjurkan. Selain minim resiko, juga harganya sangat terjangkau. Adapun langkahnya sebagai berikut.

Haluskan Bawang Merah

Sediakan beberapa butir bawang merah yang sudah dibersihkan. Jika Anda bingung menakarnya, kira-kira jumlah bawang tersebut sekitar segenggam tangan.

Setelah bersih, haluskan bawang merah tersebut menggunakan blender dan campurkan sedikit air. Bila tidak, ulek saja bawang tersebut sampai benar-benar lembut.

Mengoleskan ke Rambut

Jika bahan di atas sudah siap, oleskan pada seluruh bagian rambut Anda secara merata. Diamkan selama 30 menit.

Supaya lebih maksimal dan mengurangi efek pedih di mata, gunakan shower cap untuk membungkus rambut Anda selama 30 menit tersebut.

Bilas Menggunakan Shampo

Jika sudah berlangsung sekitar 30 menit, kemudian bilaslah menggunakan air bersih. Karena rambut Anda bau bawang, maka gunakanlah shampo agar baunya menghilang.

Dalam proses ini, kendala paling utama adalah bau bawang merah tersebut yang sangat menyengat. Meski begitu, cara mengatasi uban dengan bawang merah ini dipercaya cukup ampuh. (Muhafid/R6/HR-Online)

Loading...