Mengusir Lalat di Rumah Paling Ampuh dan Cepat, Begini Caranya

Mengusir lalat di rumah paling ampuh dan cepat cukup dengan bahan alami.
Mengusir lalat di rumah paling ampuh dan cepat cukup dengan bahan alami. Photo : Ilustrasi.

Mengusir lalat di rumah paling ampuh dan cepat cukup dengan bahan alami yang mudah didapat. Supaya lalat tak lagi mengganggu, Anda bisa mencoba beberapa cara mengusir lalat di rumah paling ampuh ini.

Meski tidak secara langsung berbahaya, namun keberadaan lalat di dalam rumah memberikan kesan jorok dan berisiko menyebarkan penyakit. Karena, lalat bisa membawa berbagai penyakit yang kemudian ditinggalkannya di rumah, seperti pada makanan.

Selain itu, keberadaan lalat di dalam rumah tentunya sangat mengganggu. Berikut ini cara mengusir lalat di rumah paling ampuh dan cepat, seperti yang dirangkum HR Online dari berbagai sumber.

18 Cara Mengusir Lalat Paling Ampuh

Garam

Mengusir lalat menggunakan garam cukup simpel. Anda cukup menaburkan garam di area yang ingin dihindari lalat.

Untuk mengusir lalat, biasanya ada juga yang mencampurkan garam dan kunyit bubuk. Dengan cara ini bukan lalat saja yang akan terusir, tetapi semut juga akan pergi.

Timun

Cara mengusir lalat yang ampuh selanjutnya menggunakan potongan timun. Karena, lalat biasanya berkerumun dekat tempat sampah.

Tetapi lalat tidak suka timun sehingga kondisi ini menguntungkan buat Anda. Untuk mencegah lalat hadir di dalam rumah, Anda hanya perlu menyimpan irisan timun dekat tempat sampah, atau langsung diletakan di atas tumpukan sampahnya.

Lilin Sereh

Cara mengusir lalat di rumah paling ampuh berikutnya dengan menggunakan lilin sereh. Lalat tidak menyukai aroma dari lilin sereh.

Seperti kita ketahui bahwa tanaman sereh dikenal memiliki aroma yang khas, dan aroma sereh terkenal ampuh mengusir nyamuk.

Tapi ternyata aroma sereh tidak disukai juga oleh lalat, sehingga Anda pun bisa memanfaatkan tanaman tersebut untuk mengusir keberadaan lalat di dalam rumah.

Cara untuk mendapatkan aroma sereh salah satunya memakai lilin aromaterapi dan aroma sereh. Bakar lilin tersebut di beberapa bagian sudut rumah yang biasa dihinggapi lalat.

Daun Pepaya

Daun pepaya dipercaya bisa membantu mengusir lalat di rumah. Hal itu karena aroma yang ditimbulkan dari daun pepaya yang sudah diremas akan mengganggu lalat.

Dengan cara ini, lalat akan menjauh pergi dari tempat tersebut. Mungkin efektivitasnya belum dibuktikan secara ilmiah, namun cara-cara seperti ini patut Anda dicoba.

Tanaman Basil

Tanaman basil hampir sama dengan daun kemangi. Untuk membantu mengatasi lalat, Anda bisa menanam basil maupun kemangi di sekitar rumah.

Basil dan kemangi sama-sama masuk dalam jenis tanaman yang punya aroma paling kuat untuk mengusir lalat.

Tanam basil dan kemangi di tempat-tempat yang dimungkinkan banyak lalat, seperti di dekat jendela kamar tidur atau di dekat dapur.

Tanaman Mint

Tanaman mint termasuk tanaman yang ampuh mengusir lalat selain tanaman basil. Kedua tanaman ini bisa juga Anda manfaatkan untuk rempah bahan masakan.

Dengan begitu, Anda tak hanya bisa mengusir lalat, tapi juga punya persediaan berbagai bahan alami yang dapat dijadikan rempah untuk masakan.

Kayu Manis

Cara mengusir lalat di rumah paling ampuh berikutnya Anda bisa memanfaatkan kayu manis. Supaya lebih mudah menggunakannya, minyak kayu manis berupa minyak esensial bisa kamu pilih.

Aroma dari kayu manis disukai oleh Anda tapi tidak disukai oleh lalat, sehingga bahan alami ini sangat direkomendasikan.

Agar lalat di dalam rumah cepat pergi, potong kertas tisu sekitar 4 centimeter dengan panjang 30 centimeter, atau bisa juga menggunakan pita kertas.

Kemudian, teteskan minyak kayu manis di setiap ujung potongan tisu atau pita tersebut, lalu gantungkan atau tempelkan pakai solatip di depan jendala dan celah lainnya yang bisa dimasuki lalat.

Bawang Putih

Bawang putih termasuk bahan alami yang tidak disukai oleh lalat. Untuk memudahkan dalam penggunaannya bisa dengan cara disemprotkan.

Cara membuatnya, cincang terlebih dahulu beberapa siung bawang putih sampai halus. Untuk mendapatkan minyak yang terkandung dalam bawang putih, taburkan garam di atas bawang putih.

Lalu, campurkan bawang putih dengan air dan masukan campuran tersebut ke dalam botol semprot, baru kemudian semprotkan ke tempat di mana Anda temukan lalat di rumah. Tapi jangan disemprotkan ke tanaman karena berpotensi merusak tanaman.

Daun Pandan

Mengusir lalat paling ampuh bisa dengan daun pandan yang memiliki aroma menyenangkan bagi Anda, tapi aroma tersebut tidak disukai oleh lalat.

Daun pandan terbukti bisa mengusir serangga seperti halnya kecoa, sehingga banyak masyarakat yang mencoba daun pandan untuk mengusir lalat.

Caranya, potong kecil-kecil daun pandan, lalu simpan dalam wadah dan letakan wadah tersebut di sejumlah tempat yang rawan disinggahi lalat.

Aroma Lavender

Aroma Lavender bisa membantu usir lalat dari dalam rumah dengan cara menanamnya menggunakan minyak lavender. Selain membantu mengusir lalat, lavender juga dikenal ampuh mencegah nyamuk.

Cara menggunakannya, campurkan satu botol air dengan minyak lavender secukupnya. Lalu, semprotkan cairan tersebut ke tempat-tempat yang sering didatangi lalat.

Cuka dan Sabun Cuci Piring

Untuk mengusir lalat di rumah paling ampuh adalah dengan cara mencampurkan cuka dengan sabun cuci piring.

Aroma wangi cuka dan sabun cuci piring bisa mengundang lalat datang, kemudian lalat pun akan terjebak dalam campuran air tersebut.

Kulit Jeruk

Ekstrak kulit jeruk dikenal ampuh untuk mengusir lalat. Aroma kulit jeruk yang segar juga dapat membantu mengusir lalat. Selain itu, aroma dari kulit jeruk tidak akan membuat kita terganggu.

Buah Jeruk atau Lemon dan Cengkeh

Jeruk ampuh mengusir lalat, namun ada juga cara lain yang sama-sama ampuh digunakan mengusir lalat dengan memanfaatkan jeruk, yakni menggabungkan jeruk dengan cengkeh.

Jeruk yang digunakan bisa jeruk nipis sampai jeruk lemon. Aroma dari buah ini jeruk sudah bisa mengusir lalat, apalagi ditambah oleh aroma cengkeh.

Cara menggabungkan jeruk dengan cengkeh, tusujjan 10-15 cengkeh ke dalam jeruk, biarkan keadaan buah jeruk utuh atau nisa juga dengan membelahnya jadi dua bagian supaya aromanya makin keluar.

Lalu, simpan buah jeruk di beberapa bagian sisi rumah yang kemungkinan lalat bisa masuk ke dalam rumah.  

Perangkap Lalat dari Kertas

Alat perangkap lalat berbahan dssar kertas mungkin dapat ditemukan di toko, tapi Anda juga bisa membuatnya sendiri.

Cara membuatnya, gunakan kertas minyak yang biasa dipakai membungkus makanan, atau kertas sampul yang tebal, kemudian oleskan sirup jagung ke semua permukaan kertas.

Setelah itu, gantungkan kertas tersebut di tempat yang dimungkinkan lalat masuk rumah, maka lalat pun akan terperangkap.

Plastik Isi Air

Mengusir lalat di rumah paling ampuh bisa juga menggunakan plastik berisi air. Cara ini bisa dikatakan cara klasik yang banyak dilakukan orang karena terbukti ampuh.

Isi plastik transparan berukuran besar dengan air ssampai 2/3 penuh, lalu ikat menggunakan tali dan gantungkan atau letakan di tempat yang ingin terhindar dari lalat.   

Plastik yang berisi air bisa memantulkan cahaya sehingga akan membingungkan penglihatan lalat, dan lalat pun bakal menjauh.

Botol Plastik Bekas

Membuat perangkap lalat yang satu ini sangat mudah, Anda bisa memanfaatkan botol plastik yang tidak terpakai.

Cara membuatnya, potong bagian atas botol platik, kemudian oleskan sirup jagung atau madu ke seluruh permukaan botol.

Atau bisa juga memakai sayuran atau kentang busuk di bagian atasnya. Letakan bagian atas botol tersebut dengan posisi terbalik.

Menggunakan Insektisida Piretrin

Mengusir serangan lalat bisa juga dengan menggunakan piretrin, yakni insektisida alami yang biasa digunakan untuk mengusir lalat.

Namun, penggunaan cara ini harus dilakukan dengan hati-hati, ikuti petunjuk penggunaannya. Pastikan ventilasi di ruangan rumah Anda layak dan baik.  

Bersihkan Sumber yang Mengundang Lalat

Mungkin hal ini jarang diperhatikan, padahal bisa menjadi salah satu cara untuk mengusir lalat paling ampuh.

Sebelum mencari cara untuk mengusir lalat, sebaiknya Anda pastikan dulu apa yang membuat lalat tertarik mesuk ke dalam rumah.

Mungkin saja yang menjadi penyebabnya ada sisa makanan di meja, piring bekas pakai yang belum dicuci, atau bisa juga kekacauan lainnya di dalam rumah yang dapat mengundang lalat.

Tempat yang kotor disukai lalat, jadi kalau Anda tak ingin terganggu oleh kehadiran alat, pastikan dulu kebersihan di rumah Anda.

Beberapa cara tersebut di atas memang belum terbukti secara ilmiah, tapi mengusir lalat di rumah paling ampuh secara alami ini relatif aman dilakukan. Jadi tidak ada salahnya kalau dicoba. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...