Mengusir Nyamuk dengan Serai Dijamin Ampuh

Cara Mengusir Nyamuk dengan Serai
Ilustrasi Mengusir Nyamuk dengan Serai. Foto: Net/Ist

Mengusir nyamuk dengan serai salah satu cara yang cukup mudah bagi Anda yang ingin mengusir serangga yang kerap menyedot darah ini.

Diketahui, serai adalah salah satu tumbuhan yang biasa digunakan untuk melengkapi berbagai masakan. Di samping itu, serai juga digunakan untuk obat tradisional.

Berdasarkan sebuah penelitian, mengusir serangga ini dengan serai cukup ampuh, terutama jenis  Anopheles atau pun nyamuk malaria yang menyebabkan demam berdarah dengue (DBD)

Aroma yang ditimbulkan dari serai ini membuat nyamuk tidak betah karena baunya yang cukup menyengat.

Untuk mengusirnya, Anda hanya perlu mempersiapkan beberapa serai saja yang diiris dengan ukuran kecil-kecil.

Setelah diiris, letakkan potongan tersebut di dalam rumah Anda, terutama di kamar maupun di tempat yang kerap disinggahi oleh Anda.

Kemampuan serai dalam mengusir serangga ini ternyata karena kandungan yang ada di dalam serai tersebut, yakni dari minyaknya yang merupakan bagian dari alat pertahanan serai dari serangan serangga.

Sementara itu, senyawa anti serangga yang terkandung dalam serai ini dipercaya ampuh mengusir serangga ini.

Senyawa tersebut di antaranya regulator pertumbuhan, terpenoid, phenolic, proteinase inhibitor dan senyawa nitrogen. Jadi, mengusir nyamuk dengan serai sangat mudah dan murah, apalagi serai mudah sekali ditanam dan dibudidayakan. (Muhafid/R6/HR-Online)

Loading...