Merawat Helm Agar Tidak Bau di Musim Hujan

Merawat Helm Agar Tidak Bau di Musim Hujan

Berita Otomotif, (harapanrakyat.com).- Merawat helm agar tidak bau di musim hujan. Bukan hanya merawat motor saja, merawat helm juga sangat penting. Terlebih di musim hujan seperti sekarang. Karena biasanya, helm rawan bau apek jika tidak dirawat dengan baik.

Nah, di dalam ulasan kali ini, harapanrakyat.com akan membahas mengenai cara merawat helm agar tidak bau apek. Untuk yang penasaran, simak saja ulasannya berikut ini;

Cara Merawat Helm Agar Tidak Bau

Dua Minggu Sekali Usahakan Mencuci Busa Helm

Ketika ingin membeli helm, usahakan memilih helm yang busanya bisa dibongkar dan dipasang. Minimal dua kali seminggu, usahakan mencuci busa tersebut agar tidak apek ketika dipakai di musim hujan.

Cara merawat helm sebenarnya tidak terlalu sulit, karena Anda tinggal merendamnya saja di air hangat.

Setelah itu, jemur di bawah terik matahari dan tunggu hingga kering. Hal sederhana ini bisa mencegah tumbuhnya bakteri jahat di dalam helm. Selain itu, mencuci busa juga bisa mengurangi bau apek dan juga gatal-gatal di kepala.

Gunakan Helm Ketika Rambut Kering

Sebelum berpergian ke suatu tempat, pastikan jika rambut Anda sudah benar-benar kering supaya bagian helm tidak ikut basah. Namun, meskipun rambut sudah kering, biasanya keringat yang keluar di dalam rambut bisa menyebabkan bagian dalam helm ikut berjamur.

Bukan hanya itu saja, jika jarang dicuci, biasanya juga bau apek. Untuk menghindari hal tersebut, gunakan head cap agar rambut dan juga bagian dalam helm tidak basah. Cara merawat helm ini cocok untuk Anda yang sering berpergian.

Usahakan Mengaitkan Helm di Ujung Jok, Bukan di Spion

Saat sudah sampai tempat tujuan dan ingin meninggalkan helm, usahakan mengaitkan pada jok, bukannya digantung di spion.

Saat menggantung helm di spion, potensi untuk jatuh akan sangat besar. Bukan hanya helm menjadi kotor saja, bagian luar ataupun kacanya juga mudah retak dan lecet.

Belum lagi jika hujan tiba, biasanya menyimpan di spion membuatnya akan rembes air hujan. Disarankan untuk merawat helm dengan cara menyimpannya di jok motor, jika ada bagian jok yang luas. Anda juga bisa menggantungkannya di bagian belakang motor karena lebih aman.

Sering-Sering Semprot Parfum Rendah Alkohol

Supaya helm kesayangan bisa tetap wangi dan tidak bau apek, disarankan untuk menyemprotkan parfum yang rendah alkohol sebelum dipakai.

Jika perlu, setiap hari meskipun tidak digunakan, helm selalu disemprot dengan parfum. Kenapa tidak menggunakan alkohol tinggi? Karena biasanya kadarnya merusak bagian busa helm.

Demikian cara merawat helm agar tidak bau apek di musim hujan. Meskipun hanya bau apek, tetap saja akan sangat menganggu dan membuat penggunanya tidak nyaman. (Deni/R4/HR-Online)