Rabu, Juli 6, 2022
BerandaBerita TerbaruMerawat Hijab Motif Biar Tetap Awet dan Bagus

Merawat Hijab Motif Biar Tetap Awet dan Bagus

Berita Fashion, (harapanrakyat.com).- Merawat hijab motif biar tetap awet dan bagus. Hijab motif memang sedang trend saat ini. Selain menambah keindahan bagi pemakainya, hijab motif juga memberi variasi tersendiri dalam dunia modis.

Hijab motif akan terlihat tetap indah seperti baru apabila dirawat dengan baik dan benar. Ketika hijab di bagian dagu mulai berkerut dan berlubang, itu artinya ada kesalahan dalam merawat hijab motif.

Hijab yang sering dipakai menggunakan peniti akan lebih cepat rusak karena serat pada kain hijab tertarik, sehingga menyebabkan munculnya lubang pada kain hijab. Berikut beberapa tips ringan cara merawat motif dengan baik dan benar.

Pisahkan Hijab Motif dengan Hijab Lainnya

Sebelum mencuci hijab motif, pisahkan terlebih dahulu antara hijab motif dengan hijab polos. Hal ini dilakukan untuk menghindarkan hijab polos dari lunturnya warna dari hijab motif. Sehingga tidak merusak keindahan hijab lainnya.

Hindari Menggunakan Detergen

Merawat hijab motif dengan detergen yang mengandung bahan keras serta panas perlu dihindari. Hal ini sangat berpengaruh pada serat dan tekstur dari hijab yang cenderung memiliki kain yang tipis.

Usahakan untuk mencuci hijab menggunakan shampoo, karena shampoo mengandung bahan yang lembut.

Cuci Hijab dengan Tangan

Ketika hijab dicuci menggunakan mesin cuci, kain hijab akan saling bergulung dengan pakaian lain. Hal itu menyebabkan hijab tersangkut dengan pakaian yang lain, sehingga benang yang ada pada hijab tersebut keluar dari jahitan.

Hindarkan Hijab dari Sinar Matahari Langsung

Sinar matahari secara langsung mampu mengubah warna dari hijab motif. Ketika suhu panas dari matahari mengenai hijab motif, warna yang ada pada hijab tersebut akan memudar sedikit demi sedikit dan secara perlahan. Hal itu membuat hijab terlihat kusam dan pudar.

Setrika Hijab dengan Suhu Rendah

Beberapa kain akan menimbulkan reaksi lengket ketika bersentuhan dengan setrika yang memiliki suhu tinggi. Akibatnya, kain hijab akan berkerut dan sulit untuk kembali ke bentuk semula.

Lipat dengan Baik atau Gantung sesuai Lipatan

Setelah rapi, hijab sebaiknya disimpan di tempat yang sejuk dan terhindar dari lembab. Pada saat menyimpan hijab, sebaiknya dilipat dengan rapi sesuai alur lipatan. Demikian pula jika hijab digantung, sebaiknya tetap dalam keadaan rapi dan menggunakan gantungan pakaian.

Menggunakan Jarum Pentul

Peniti hanya akan meninggalkan lubang pada hijab motif. Ketika hijab berlubang, maka benang akan mudah tertarik dari hijab dan mengakibatkan kusut pada hijab motif.

Simpan di Tempat Sejuk dan Tidak Lembab

Selain menggunakan gantungan pakaian, perlu untuk menyimpan hijab di tempat yang sejuk dan terhindar dari lembab. Hal ini dilakukan untuk menghindarkan hijab dari jamur dan bau apek.

Nah, setelah tahu cara merawat hijab motif, coba praktekkan agar hijab anda tetap terlihat bagus, kan? Yuk mulai merawat hijab agar tetap indah saat dikenakan. (Deni/R4/HR-Online)