Merawat Kulit Wajah dengan Buah Segar, Apa Saja?

Merawat kulit wajah secara alami tidak cukup dari luar saja,
Merawat kulit wajah secara alami tidak cukup dari luar saja, tapi dari dalam pun perlu dilakukan. Salah satu cara untuk merawat kulit wajah secara alami dari dalam adalah dengan rutin mengonsumsi buah-buahan segar. Photo : Ilustrasi.

Merawat kulit wajah dengan buah segar adalah salah satu cara perawatan kulit dari dalam. Karenam merawat kulit wajah tidak cukup dengan melakukan perawatan dari luar saja.

Perawatan kulit sudah menjadi rutinitas sehari-hari. Namun, dengan mengetahui prinsip perawatan kulit bisa membantu mencegah munculnya masalah kulit, seperti keriput, jerawat, dan bintik-bintik hitam.

Merawat kulit wajah dengan buah segar juga tidak harus mengeluarkan banyak uang. Kebiasaan baik ini dapat kamu terapkan demi mendapatkan kecantikan, kesehatan dan kebersihan kulit wajah, apapun jenis kulit kamu.

Kulit yang bersih, sehat dan bersinar tidak terganggu oleh jerawat serta kerusakan akibat terpapar sinar matahari. Penggunaan krim atau pelembap yang mahal tak menjamin kulit wajah kamu benar-benar bersih dan sehat.

Dirangkum dari berbagai sumber, Senin (09/12/2019), berikut ini cara perawatan kulit yang sehat dengan memanfaatkan buah-buahan segar.

Merawat Kulit Wajah dengan 7 Jenis Buah Segar

Alpukat

Buah alpukat memiliki kandungan asam lemak tak jenuh tunggal, ini bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit.

Selain itu, alpukat juga memiliki kandungan antioksidan tinggi yang mampu mencegah kulit akibat dari bahaya paparan polusi.

Vitamin E dan C yang terkandung dalam buah alpukat bermanfaat untuk mengganti sel kulit mati serta pembentukan kolagen alami.

Sementara, minyak alpukat dikenal bisa membantu meringankan berbagai penyakit kulit, seperti psoriasis dan eksim.

Pisang

Buah pisang bermanfaat untuk merawat kulit wajah secara alami, karena mengandung zat asam amino yang dikenal bisa membantu meningkatkan elastisitas kulit.

Selain itu, buah pisang mengandung zinc yang dapat mencegah jerawat dan melawan infeksi bakteri, serta kalium bermanfaat untuk menghidrasi kulit wajah.

Buah pisang juga mengandung banyak vitamin C untuk pembentukan sel-sel kulit mati serta memproduksi kolagen.

Pepaya

Kandungan vitamin dan mineral dalam buah pepaya sangat baik untuk kesehatan kulit. Vitamin C dikenal ampuh untuk membantu mencerahkan kulit akibat terpapar sinar matahari, sekaligus menyamarkan noda hitam di wajah.

Selain itu, buah pepaya mengadung enzim papain yang bermanfaat untuk membantu mempercepat dalam proses pengelupasan sel kulit mati, serta mengecilkan pori-pori.

Nanas

Buah nanas sangat bermanfaat untuk merawat kulit wajah secara alami karena memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi.

Seperti diketahui bahwa untuk menjaga kesehatan sel kulit dan memproduksi kolagen, maka kulit sangat membutuhkan asupan vitamin C.

Nanas juga mengandung beta karoten yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet dan polusi.

Kiwi

Merawat kulit wajah secara alami bisa dengan cara mengonsumsi buah kiwi. Sama seperti jenis buah lainnya, kiwi juga mengandung vitamin C yang dapat membantu kulit memproduksi kolagen dalam jumlah banyak untuk menjaga elastisitas kulit.

Mengonsumsi buah kiwi secara rutin bisa membuat kulit tetap lembab, sekaligus mencegah kulit kusam.

Selain itu, sifat anti-inflamasi pada buah kiwi yang cukup tinggi juga bagus untuk mengatasi dan mencegah jerawat.

Begitu pula dengan asam amino dan vitamin C yang dimiliki buah kiwi dapat melindungi kulit dari efek buruk sinar ultraviolet.

Bahkan, buah kiwi juga bisa memberikan efek menenangkan di area kulit yang kemerahan atau sunburn, dan kandungan omega 3 dalam buah tersebut dipercaya sangat ampuh melindungi kulit dari berbagai jenis penyakit, termasuk kanker.

Delima

Delima mengandung asam ellagic oada yang mampu mempertahankan kadar kelembaban kulit secara alami. Buah ini juga kaya akan vitamin C yang dapat mengontrol sebum penyebab munculnya jerawat di wajah.

Buah delima memiliki kandungan antioksidan sehingga mampu melindungi kulit wajah dari paparan polusi serta sinar ultraviolet. Sifat anti penuaan yang dimiliki delima juga dapat mencegah penuaan dini.

Anggur

Buah anggur termasuk jenis buah yang berkhasiat merawat kulit wajah secara alami. Kandungan antioksidan dalam buah anggur mampu mencegah terjadinya kerusakan pada sel kulit.

Selain itu, buah anggur mengandung fitonutrien yang dipercaya mampu melindungi kulit dari efek buruk radiasi sinar matahari.

Tujuh jenis buah segar tersebut bermanfaat untuk membantu merawat kulit wajah secara alami. Rutin mengonsumsi buah segar agar bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...