Monumen Panji Siliwangi Ciamis Diusulkan Jadi Tempat Wisata Edukasi

Monumen Panji Siliwangi
Toto Marwoto, Asda II Kabupaten Ciamis bersama Dandin 0613 Ciamis, di depan Monumen Panji Siliwangi, Selasa (3/12/2019). Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Monumen Panji Siliwangi yang berada di dusun Cirikip, Desa Cinyasag, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, dinilai perlu ditata dan dilestarikan sebagai Wisata Edukasi.

Toto Marwoto, Asda II Kabupaten Ciamis, saat menghadiri peringatan Hari Juang Kartika yang ke-74, mengatakan, monumen Panji Siliwangi merupakan tempat bersejarah.

“Saat itu, Panji Siliwangi bisa diselamatkan oleh kepala Dusun Cirikip (Suhnawi) dengan cara disimpan di atas pohon kelapa. Sebagai tempat bersejarah, perlu ditata dan dilestarikan dengan harapan ke depan bisa dijadikan sebagai Wisata Edukasi,” ujar Toto, Selasa (3/12/2019).

Toto menjelaskan, Wisata Edukasi merupakan perpaduan antara berwisata dengan muatan pendidikan, bisa dikatakan berwisata sambil belajar.

“Dengan dijadikannya sebagai wisata edukasi, secara efektif akan menumbuhkan rasa memiliki, rasa kagum, baik pada flora maupun fauna, serta peninggalan sejarah, yang pada akhirnya cinta pada NKRI,” kata Toto.

Lanjut Toto, pada tahapan kognitif, wisata edukasi bisa dijadikan sebagai pengenalan objek dan atraksi yang mengandung unsur pendidikan.

“Monumen Panji Siliwangi merupakan bukti sejarah yang tidak hanya harus ditata dan dilestarikan, akan tetapi sesuai dengan peradaban harus dijadikan sebagai edukasi Dunia Pariwisata,” tegasnya. (Edji/R7/HR-Online)

Loading...