Obat Batuk Alami di Sekitar Kita

Obat Batuk Alami di Sekitar Kita
Obat batuk alami mudah kita jumpai di sekitar kita, anda patut mencobanya.

Obat batuk alami mudah kita jumpai di sekitar kita. Apabila anda mengalami gejala batuk atau terlanjur sakit batuk, cobalah membuat ramuan tradisional alami dari bahan-bahan yang mudah ditemukan disekitar kita.

Mengalami sakit batuk memang sangat mengganggu aktivitas kita. Dada yang terasa sesak, tenggorokan gatal, hingga suara kita serak tentu membuat kita tidak nyaman.

Sebelum anda minum obat batuk yang dijual di pasaran atau apotek, ada baiknya anda mencoba membuat ramuan obat berbahan alami yang sudah tersedia di rumah.

Lalu, apa saja bahan-bahan alami yang bisa dijadikan obat alami mengatasi batuk? Berikut ini kami rangkum beberapa bahan obat batuk alami yang mudah kita temukan.

Obat Alami Batuk dan Cara Mengolahnya

  1. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu rempah alami, yang bisa digunakan untuk mengobati sakit batuk yang anda derita. Curcumin yang terkandung dalam kunyit yang bersifat antiradang, mampu menyebuhkan infeksi pada saluran pernapasan.

Lalu bagaimana mengolah kunyit agar menjadi ramuan yang ampuh atasi batuk? Caranya mudah, anda tinggal menghancurkannya beberapa rimpang kunyit sampai bubuk halus, lalu mencampurkan ke dalam satu gelas susu panas atau gula merah.

2. Bawang Putih

Bawang putih juga menjadi salah satu obat batuk alami yang mudah diperoleh. Selain itu, mengkonsumsi bawang putih untuk meredakan batuk sangat mudah. Selain dimakan langsung, anda juga bisa mencampurkannya dengan madu dan teh.

Caranya, haluskan bawang putih lalu larutkan dalam air yang sudah terisi madu dan teh. Minumlah dua kali sehari sampai gejala batuk dan sakit tenggorokan yang anda derita hilang.

Berbagai penelitian menyebut, aroma yang menyengat saat kita mengunyah bawang putih secara langsung bisa menghentikan batuk.

Selain itu, bawang putih mengandung senyawa allicin yang mampu membasmi virus dan bakteri jahat dalam tenggorokan. Sifat antimikroba dari bawang putih ini juga, ampuh menghentikan infeksi dan iritasi yang menimbulkan lendir berlebih, sehingga mampu menjadi obat batuk alami mujarab.

3. Jahe

Sifat anti inflamasi pada jahe mampu meredakan batuk kering atau asma. Selain itu, jahe juga dapat meredakan mual dan nyeri.  Hasil penelitian ahli menyebutkan, senyawa anti-inflamasi yang terkandung dalam jahe mampu melemaskan membran di saluran udara, sehingga bisa mengurangi sakit batuk.

Mengolah jahe sebagai obat batuk alami cukup mudah. Iris sekitar 20–40 gram jahe segar, lalu masukan ke dalam secangkir air panas. Diamkan beberapa menit sebelum anda diminum. Agar lebih enak, tambahkan madu atau jus lemon.

Lainnya

4. Madu

Mengkonsumi madu dapat melegakan tenggorokan. Hal tersebut sudah dibuktikan berbagai penelitian ilmiah, bahwa madu dapat digunakan untuk meredakan batuk.

Cara membuat ramuan obat batuk alami dengan madu sangatlah mudah. Anda cukup mencampurkan 2 sendok teh madu dengan air hangat, anda bisa juga menambahkan perasan jeruk nipis. Minumlah ramuan alami ini secara rutin sekali atau dua kali sehari.

5. Kencur

Obat batuk alami yang berikutnya adalah kencur. Kencur dipercaya mampu mengobati batuk. Orang-orang terdahulu biasa meminum sari dari kencur untuk mengurangi gejala batuk.

Hasil penelitian menyebut, kencur mengandung senyawa flavonoid, polifenol, , saponin dan minyak atsiri yang dipercaya sebagai anti-bakteri.

6. Air Garam

Untuk mengobati sakit tenggorokan atau batuk berdahak, tidak ada salahnya anda mencoba berkumur menggunakan air garam. Berkumur dengan air garam ternyata sangat efektif untuk mengobati sakit tenggorokan dan batuk berdahak.

Air garam mampu mengurangi dahak dan lendir di tenggorokan yang terjadi saat anda menderita sakit batuk.

Menggunakan air garam sebagai ramuan herbal batuk sangat mudah. Caranya, campurkan setengah sendok (teh) garam ke dalam secangkir air hangat hingga larut. Biarkan dulu larutan sampai agak dingin.  Setelah dingin, anda tinggal berkumur menggunakan air garam.

Lalu diamkan beberapa saat sebelum meludahkannya.  Jika anda rutin berkumur dengan air garam, batuk yang anda derita bisa hilang.

Demikianlah rangkuman obat alami batuk yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat, selamat mencoba. (Jujang/R8/HR Online)

Loading...