Organisme Tertua di Bumi ini Masih Bertahan

Organisme Tertua di Bumi ini Masih Bertahan

Berita Sains, (harapanrakyat.com).- Organisme tertua di bumi ini masih bertahan. Di bumi ini banyak sekali organisme yang hidup. Baik yang baru saja ditemukan oleh peneliti, maupun organisme yang sudah ada sejak zaman dulu.

Namun siapa sangka, bahwa saat ini ada organisme tertua yang masih bertahan. Bahkan organisme tersebut sudah ada sebelum masa dinosaurus ada. Berikut ini merupakan 3 daftarnya.

Organisme Tertua di Bumi yang Masih Bertahan;

Horseshoe Crab atau Mimi Hitam (445 Juta Tahun)

Para ahli menyebutkan bahwa Horseshoe Crab telah ada sebelum masa dinosaurus. Tepatnya muncul pada periode Paleozoikum atau periode Ordovician.

Organisme ini hidup di kawasan mangrove dan perairan dangkal Asia Tenggara. Horseshoe Crab adalah anggota dari suku Limulidae dan menjadi satu-satunya bangsa Xiphosurida yang masih bertahan di bumi.

Horseshoe Crab memiliki 4 jenis marga. Marga yang pertama adalah Carcinoscorpius. Organisme Tertua di Bumi ini hidup di perairan Asia Tenggara.

Kedua, marga Limulus yang hidup di Pantai Timur Amerika Utara. Berikutnya adalah marga Tachypleus Gigas yang menghuni pantai Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Dan yang terakhir adalah Tachypleus Tridentatus yang tinggal di pantai Asia Timur.

Ubur-ubur (505 Juta Tahun)

Ubur-ubur masuk dalam kategori kelas Scyphozoa dan berada pada keluarga Cnidaria atau Coelenterata.

Hewan ini memiliki anatomi tubuh dengan bentuknya yang berumbai sehingga bisa melayang-layang di dalam laut. Jika disentuh, pada tubuhnya terdapat racun yang dapat mengakibatkan gatal-gatal .

Ada beberapa jenis ubur-ubur, yang dianggap paling berbahaya, yaitu ubur-ubur Irukandji berasal dari kelompok Cubozoa.

TCL

Tentakel pada tubuhnya dapat menyengat dan menyebabkan kematian. Ukuran ubur-ubur jenis ini lebih kecil dibandingkan dengan jenis lainnya. Hidupnya berada pada pantai-pantai Australia.

Ubur-ubur menjadi salah satu Organisme Tertua di Bumi karena telah ada sejak 505 juta tahun yang lalu.

Para ahli menyatakan bahwa garis keturunan Organisme Tertua ini telah ada sejak 700 tahun sebelumnya. Artinya rentang waktu tersebut setara dengan 3 kali usia dinosaurus yang pertama.

Berarti ubur-ubur telah hidup jauh sebelum dinosaurus ada.

Cyanobacteria (3,8 miliar tahun)

Cyanobacteria dinyatakan sebagai Organisme Tertua di Bumi yang telah ada sejak 3,8 miliar tahun yang lalu. Bahkan para hali menyebutnya sebagai makhluk yang hidup pertama kali di bumi.

Bakteri ini mendapatkan energi dari hasil fotosintesis untuk memenuhi kebutuhanya. Cyanobacteria memiliki banyak variasi genetik. Selain itu, organisme ini mampu bertahan hidup pada segala macam habitat di seluruh bagian bumi.

Kehidupan organisme ini tersebar di berbagai wilayah perairan air tawar, laut, dan pada ekosistem darat. Bahkan bisa juga hidup pada air dengan suhu yang sangat panas, gas sulfur, dan gas metan.

Itulah 3 organisme tertua di bumi yang masih bertahan. Setiap organisme di bumi ini akan mengalami seleksi alam. Bagi yang tidak mampu menyesuaikan terhadap perubahan pada habitat dan ekosistemnya, pasti akan mengalami kepunahan. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...