Selasa, Mei 24, 2022
BerandaBerita TerbaruPanorama Mars Perseverance Valley, Foto Terakhir Rover Opportunity NASA

Panorama Mars Perseverance Valley, Foto Terakhir Rover Opportunity NASA

Panorama Mars Perseverance Valley sempat diabadikan rover Opportunity milik NASA sesaat sebelum dinyatakan mati pada Mei tahun lalu. Wahana NASA ini tak bisa menjelajah lagi karena terjadi badai debu yang membuat sirkuitnya mendingin.

Foto yang diambil bukanlah foto biasa. Hal ini dikarenakan gambar yang didapat bisa mewakili keseluruhan misi yang dijalankan rover Opportunity.

Foto Panorama Mars Perseverance Valley

Rover Opportunity menjalankan misinya selama 29 hari di planet Mars dan berhasil mengumpulkan serangkaian 354 gambar. Dimana panorama akhir ini disebut-sebut sebagai temuan yang luar biasa dari rover Opportunity.

Hal ini sebagaimana yang dijelaskan oleh John Callas selaku Manajer Proyek Jet Propulsion Laboratory Opportunity NASA yang ada di Pasadena, California.

Panorama akhir yang mengesankan ini sendiri diambil dari tempat peristirahatan terakhir rover Opportunity dan dibidik dengan sudut 360 derajat.

Dari panorama akhir ini, anda bisa melihat tepi kawah Endeavour dari kejauhan jika mencermati bagian kanan foto. Sementara di sisi kirinya, anda bisa melihat jalur rover yang mulai menurun. Jalur ini sekilas mirip lereng.

Jalur ini sendiri menuju ke arah fitur geologi. Dimana hal tersebut hingga kini masih membuat ilmuwan penasaran dan ingin menelitinya lebih lanjut.

Kemudian untuk lokasi pijakan terakhir rover Opportunity yaitu Perseverance Valley. Panorama Mars Perseverance Valley ini dikenal tenang dan sunyi karena belum pernah didatangi oleh siapapun sebelumnya, baik itu manusia maupun robot.

Perseverance Valley pun menjadi lokasi kuburan rover Opportunity sekaligus hal terakhir yang diperlihatkan. Dalam mengambil panorama Mars sendiri, rover Opportunity mendapat dukungan Panoramic Camera (Pancam) rover.

Dimana hal ini berlangsung dari 13 Mei sampai dengan 10 Juni. Jika dalam perhitungan hari Mars (sol), maka waktu tersebut sebanding dengan 5.084 hingga 5.111.

Penampakan panorama Mars Perseverance Valley terlihat jelas karena menggabungkan gambar yang didapat dari tiga filter Pancam yang berbeda-beda.

Penggabungan ini menggunakan cahaya terpusat pada panjang gelombang sebesar 753 nanometer yang mendekati inframerah. Selain itu, ada juga 535 nanometer hijau dan 432 nanometer ungu.

Terkait terhentinya rover Opportunity, NASA menjelaskan bahwa wahana tersebut diperkirakan tak akan bisa bertahan hingga 15 tahun.

Meski usianya tak panjang, namun wahana Opportunity ini sudah dinilai berhasil dalam memberikan konstribusi besar terhadap pemahaman geologi dan lingkungan planet.

Akhir Program Mars Exploration Rovers NASA

Setelah terdeteksi mati pada Mei tahun lalu usai mengirim panorama Mars Perseverance Valley, NASA terus berupaya untuk mengontak rover Opportunity agar kembali pulih.

Upaya ini dilakukan dengan mengirim lebih dari seribu perintah selama delapan bulan lamanya namun tak kunjung membuahkan hasil.

Pada akhirnya, NASA menyatakan bahwa misi yang diemban rover Opportunity telah selesai pada 13 Februari 2019. Hal ini juga menjadi penanda akhir program Mars Exploration Rovers NASA.

Misi ini sendiri diluncurkan pada Juli 2003 dari Cape Canaveral. Dalam peluncurannya, rover Opportunity dikirim dengan robot kembarannya, yaitu Spirit.

Selama masih aktif dan menjelajahi planet Mars, Opportunity berhasil menjalankan misi dengan baik. Bahkan melebihi harapan tim.

Mulanya, tim membuat Opportunity dengan harapan bisa bertahan selama 90 hari Mars dan menempuh jarak 1.000 meter.

Namun kenyataannya, rover Opportunity ini mampu bertahan lebih lama, yakni 14,5 tahun. Dengan waktu tersebut, Opportunity bisa menempuh hampir 30 mil.

Dalam program NASA ini, ternyata bukan hanya rover Opportunity saja yang mencuri perhatian, akan tetapi juga robot Spirit. Alasannya bukan karena panorama Mars Perseverance Valley sebagaimana Opportunity.

Kembaran rover Opportunity ini pernah terjebak di pasir yang membuatnya kehilangan kontak dengan Bumi. Namun untungnya, Spirit kembali terdeteksi pada tahun 2011.

Sama halnya dengan rover Opportunity, Spirit ini juga mengemban misi penting. Dimana misinya akan sangat membantu tim ilmuwan dalam memahami Mars secara lebih mendalam.

Terlepas dari itu semua, ilmuwan berharap bahwa suatu saat nanti juga ada penjelajah yang berhasil tiba di tempat peristirahatan Opportunity, Perseverance Valley.

Diharapkan juga bahwa penjelajah masa depan yang datang ke Mars bisa menemukan sisa-sisa rover Opportunity yang saat ini sudah tak berfungsi.

Sembari menunggu apakah harapan tersebut akan terwujud, yang pasti panorama Mars Perseverance Valley yang berhasil diabadikan Opportunity untuk terakhir kalinya ini menjadi salah satu bukti misi penjelajahan luar angkasa yang bersejarah dan termasuk karya luar biasa. (R10/HR-Online)

- Advertisment -