Pantai Madasari Pangandaran Tawarkan 7 Destinasi Wisata Menarik untuk Dikunjungi

PANTAI MADASARI PANGANDARAN
Pantai Sebrotan Madasari. Foto: Asep Kartiwa/HR

Pantai Madasari Pangandaran memiliki beberapa blok pantai yang sangat indah. Kawasan Pantai Madasari berada di Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Pantai ini pun ditetapkan sebagai destinasi unggulan di Pangandaran.

Untuk sampai ke lokasi pantai terujung di Kabupaten Pangandaran ini terdapat dua akses. Pertama, apabila berangkat dari arah Pantai Pangandaran menuju Pantai Madasari gunakan akses jalan raya Pangandaran-Parigi. Dari Parigi ke lokasi Pantai Madasari berjarak sekitar 13 Km.

Apabila sudah sampai daerah Cimerak, patokannya adalah Kantor Polsek Cimerak. Ketika menemui kantor Polsek, berbelok ke arah kiri dan melanjutkan perjalanan sekitar 7 kilometer untuk sampai ke lokasi Pantai Madasari Pangandaran.

Sedangkan apabila menggunakan jalur pantai selatan Jawa Barat atau dari arah Cipatujah dan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya, gunakan arah menuju ke Pantai Pangandaran. Setelah berada di perbatasan Tasikmalaya-Pangandaran, untuk menuju ke lokasi Pantai Madasari posisinya sudah dekat.

Patokannya adalah kantor Desa Legok Jawa Kecamatan Cimerak. Ketika melihat kantor desa tersebut, tinggal berbelok ka arah kanan untuk sampai ke kawasan Pantai Madasari Pangandaran.

Jalan dari arah Pangandaran maupun dari arah Cipatujah Tasikmalaya untuk menuju ke Pantai Madasari kini kondisinya sudah mulus. Sudah tidak ada lagi akses jalan yang rusak.

Jika memulai tour wisata dari arah Legok Jawa, wisatawan akan melewati beberapa destinasi wisata di kawasan Pantai Madasari yang layak untuk dikunjungi.

Di kawasan pantai ini pun terdapat empat blok pantai dan kawasan wisata lainnya yang sering dikunjungi wisatawan. Berikut ini kami ulas beberapa objek wisata yang ada di kawasan objek wisata Pantai Madasari.

Destinasi Wisata di Pantai Madasari Pangandaran

Tempat Pelelangan Ikan Legok Jawa

Di tempat pelelangan ikan ini wisatawan bisa membeli ikan laut segar untuk dibakar atau dimasak di lokasi Pantai Madasari. Bisa juga ikan yang dibeli di tempat lelang dibawa pulang untuk oleh-oleh.

Namun, ikan yang bisa didapat di tempat pelelangan tersebut tergantung musim. Hanya saja wisatawan bisa mendapat ikan laut dengan harga lebih murah apabila di banding membelinya di pasar atau supermarket.

Berwisata di Pantai Madasari Pangandaran hanya bisa menikmati keindahan pantai dan alam di sekelilingnya. Karena pantai ini tidak bisa digunakan untuk berenang lantaran ombaknya yang ganas serta berbahaya.

Pantai Muara TPI Legok Jawa di kawasan Pantai Madasari Pangandaran. Foto: Asep Kartiwa/HR

Namun begitu di pantai ini terdapat spot surfing yang kerap digunakan peselancar professional. Di Pantai Madasari juga pernah digelar kejuaraan surfing internasional.

Namun bagi peselancar pemula jangan-jangan coba berselancar di Pantai Madasari. Karena kondisi ombaknya tidak bersahabat dan sangat berbahaya apabila digunakan peselancar pemula.

Biasanya wisatawan yang berkunjung ke pantai ini sembari melakukan kemah dan masak-masak makanan. Untuk mendapatkan ikan laut segar, wisatawan tinggal membelinya di tempat pelelangan ikan.

Pacuan Kuda Legok Jawa

Berjarak kurang dari satu kilometer dari tempat pelelangan ikan Legok Jawa, wisatawan akan terkagum-kagum melihat Lapang Pacuan Kuda Legok Jawa yang tepat berada di pinggir kawasan Pantai Madasari Pangandaran.

Lapang Pacuan Kuda yang pernah digunakan sebagai venue Pekan Olaharga Nasional (PON) XI Jawa Barat ini memiliki arsitektur dan arena balapan yang cukup unik dan megah. Lapang pacuan kuda dengan konsep unik seperti ini disebut-sebut hanya ada di Indonesia (Legok Jawa) dan Spanyol.

Lapang Pacuan Kuda Legok Jawa Pantai Madasari Pangandaran . Foto: Asep Kartiwa/HR

Karena terlihat cukup unik dan megah, membuat Lapang Pacuan Kuda ini menjadi daya tarik wisata. Tidak sedikit wisatawan yang sengaja mengunjungi tempat ini hanya sekedar untuk berfoto selfi dan berjalan-jalan di dalam arena pacuan kuda.

Untuk keperluan minum atau makan, di sekitar Lapang Pacuan Kuda Legok Jawa terdapat deretan warung. Tidak jauh dari lapang ini pun terdapat Mercusuar.

Pantai Bulak Benda

Blok Pantai Bulak Benda yang masih berada di kawasan objek wisata Pantai Madasari Pangandaran ini berlokasi di Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran. Di pantai ini terdapat tugu tsunami sabagai peringatan telah terjadinya bencana tsunami pada tahun 2006 lalu.

Di blok Pantai Bulak Benda pun terdapat tempat pelelangan ikan. Beberapa puluh perahu Nelayan juga terlihat berlabuh di sekitar pantai ini. Meski ditetapkan sebagai kawasan wisata, namun di blok pantai ini tidak bisa digunakan untuk berenang.

Pasalnya, Pantai Bulak Benda langsung menghadap ke laut lepas Samudra Hindia. Wisatawan berkunjung ke tempat ini hanya bisa menikmati keindahan pantai dan alam di sekitarnya.

Tapi bagi wisatawan yang hobi mengkonsumsi lauk laut, terutama udang lobster, sangat cocok berkunjung ke pantai ini.

Tinggal datang ke tempat pelelangan ikan, wisatawan bisa mendapatkan lobster dengan harga murah. Bahkan harganya sangat murah dibanding dengan harga di tempat pelelangan ikan lainnya di wilayah Kabupaten Pangandaran.  

Tugu Peringatan Tsunami 2006 di Pantai Bulak Benda Madasari Pangandaran . Foto: Asep Kartiwa/HR

Di sepanjang Pantai Madasari Pangandaran memang habitatnya udang lobster. Karena di sepanjang kawasan pantai ini banyak terdapat batuan Karang yang dimana sebagai tempat habitat udang lobster.

Nelayan di pantai ini menangkap Lobster dengan alat sederhana. Alat itu dinamai Pintur. Pintur adalah alat penangkap Udang Lobster yang terbuat dari kerangka besi beton atau bambu. Bentuknya bujur sangkar atau kotak yang diselimuti oleh jaring.

Di tengah kotak bujur sangkar  terdapat makanan untuk memancing Lobster supaya masuk. Jika Lobster masuk, dipastikan tidak akan bisa keluar lagi karena pintu masuk juga berfungsi sebagai perangkap sudah menutup.

Udang Lobster bisa didapat hampir di sepanjang tahun. Namun di musim tertentu nelayan di Pantai Madasari Pangandaran bisa mendapat tambahan ikan GT atau kakap Merah dan Mangmung.

Di blok Pantai Belak Benda sudah terdapat penginapan, meski jumlahnya belum banyak. Selain penginapan juga terdapat sewaan home stay yang merupakan rumah warga setempat.

Pantai Karangseugeu

Blok Pantai Karangsegeu yang masih berada di kawasan Pantai Madasari Pangandaran ini menjadi tempat favorit bagi komunitas motor dan mobil. Mereka sering menggelar event di blok pantai ini.

Keunikan di blok Pantai Karangseugeu adalah adanya sebuah Batu Karang yang berada di lautan. Batu karang yang menjadi icon kawasan wisata Pantai Madasari ini berjarak sekitar 100 meter dari bibir pantai.

Sunset di blok pantai ini pun sangat indah. Apabila berkunjung ke tempat ini saat matahari terbit bisa menjadi spot selfi alami yang tidak perlu direkayasa lagi.

Pantai Karangseugeu Madasari Pangandaran. Foto: Asep Kartiwa/HR

Warung makanan atau warung kopi cukup lengkap tersedia di sini. Blok pantai ini sering digunakan sebagai tempat camping oleh komunitas motor, mobil dan rombongan wisatawan lainnya.

Mereka memilih tempat ini sebagai area camping, karena selain tempat parkir yang cukup luas, juga lokasinya referesentatif untuk mendirikan tenda. Kebutuhan MCK juga sangat mencukupi.

Bagi mereka yang memiliki hobi fotograpi bisa berburu sunrise di blok pantai ini. Selain itu apabila di malam hari bisa mengambil foto bintang-bintang atau lintasan planet yang selalu menghiasi langit di blok Pantai Karangseugeu.

Berbagai keindahan alam yang berada di blok pantai ini pun sangat indah apabila dijadikan spot selfi.

Pantai Sebrotan Madasari

Blok Pantai Sebrotan menurut warga setempat merupakan Pantai Madasari yang sebenarnya. Blok pantai ini dijadikan icon saat mempromosikan wisata kawasan Pantai Madasari Pangandaran.  

Blok Pantai Sebrotan berada di sebuah teluk kecil. Blok pantai ini pun digunakan untuk berlabuh perahu nelayan. Cekungan pantai hanya sekitar 400 meter berbentuk melengkung. Pantai pasir berwarna hitam.

Aktivitas wisata yang bisa dilakukan di sini hanya bisa menikmati fenomena alam, seperti tabrakan gelombang dengan batu karang yang menimbulkan semburan air yang terus menerus. Fenomena alam itu bisa menjadi spot selfi alami.

PANTAI MADASARI PANGANDARAN
Pantai Sebrotan Madasari. Foto: Asep Kartiwa/HR

Blok Pantai Sebrotan selalu menjadi destinasi utama bagi wisatawan yang berkunjung ke kawasan Pantai Madasari Pangandaran. Karena keunikan dari sebrotan gelombang yang menghantam karang ini yang menjadi daya tariknya. Fenomena alam seperti itu sulit dijumpai di kawasan pantai lain yang ada di pulau jawa.

Faslitas parkir, MCK, warung, rumah makan dan home stay sudah lengkap di blok Pantai Sebrotan. Blok pantai ini paling ramai dikunjungi wisatawa apabila di banding dengan blok pantai lainnya di kawasan Pantai Madasari.

Pantai Pandan Nyampai

Jika berada di Pantai Sebrotan, baiknya menaiki tangga menuju perbukitan di kawasan pantai Madasari Pangandaran. Dari perbukitan itu bisa menikmati indahnya pemandangan blok Pantai Pandan Nyampai.

Lokasi blok pantai ini bersebelahan dengan blok Pantai Sebrotan. Jadi, saat akan berkunjung ke Pantai Sebrotan, terlebih dahulu bisa mengunjungi blok Pantai Pandan Nyampai.

Pantai Pandan Nyampai Madasari. Foto: Asep Kartiwa/HR

Jika dari pintu masuk utama dengan tujuan blok Pantai Sebrotan, tinggal berbelok ke kanan sebelum sampai ke blok Pantai Sebrotan apabila ingin berkunjung ke blok Pantai Pandan Nyampai.

Fasilitas di blok Pantai Pandan Nyampai memang belum lengkap. Namun jarak antara blok Pantai Pandan Nyampai ke blok Pantai Sebrotan tidak jauh. Sehingga untuk fasilitas bisa mengakses ke blok Pantai Sebrotan.

Pantai Muara Madasari

Pantai Muara Madasari berada di ujung kawasan objek wisata Pantai Madasari Pangandaran. Lokasi blok pantai ini berbatasan dengan wilayah Desa Batukaras. Apabila di blok pantai lainnya tidak bisa digunakan berenang, namun tidak demikian di blok pantai.

Wisatawan bisa melakukan akitivitas berenang di perairan muara yang menjorok ke sungai. Di area perairan ini tidak terdapat ombak besar, karena posisinya sudah masuk ke aliran sungai. Di sini pun wisatawan bisa melakukan aktivitas mancing dan berfoto selfi dengan latar keindahan alam muara.  

Pantai Muara Madasari. Foto: Asep Kartiwa/HR

Fasilitas di blok ini sudah terdapat warung dan MCK. Akses jalan menuju ke blok pantai muara ini pun sudah mulus.

Akses jalan Pantai Batukaras- Pantai Madasari Pangandaran

Beberapa tahun lalu sudah dibuka akses jalan dari Pantai Batu Karas menuju Pantai Madasari Pangandaran dengan memiliki panjang jalan sekitar 4 km. Dibukanya akses jalan tersebut untuk menghubungkan dua lokasi objek wisata. Hal itu agar wisatawan bisa sekaligus berkunjung kedua objek wisata pada hari yang sama.

Dengan adanya jalur baru tersebut bisa menggabungkan dua objek wisata tersebut menjadi satu tujuan tour wisata. Selain itu bisa menambah referensi tempat wisata bagi wisatawan.

Apabila wisatawan ingin menikmati keindahan pantai yang fenomenal, bisa berkunjung ke Pantai Madasari Pangandaran. Setelahnya kemudian berkunjung ke Pantai Batu Karas untuk menikmati atraksi permainan pantai seperti berenang dan lain sebagainya.

Namun, jalan penghubung dua objek wisata tersebut hingga saat ini belum diaspal. Apabila wisatawan ingin berkunjung ke dua lokasi wisata tersebut masih harus berputar ke jalan nasional yang melewati jalan raya Cijulang-Cimerak.

Namun dari Pantai Batu Karas menuju ke Pantai Madasari Pangandaran dengan melewati jalan nasional hanya ditempuh dengan waktu sekitar 15 menit perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. (Askar/R2/HR-Online)

Loading...