Pantangan Makanan Penyakit Gondok yang Harus Dijauhi

pantangan makanan penyakit gondok
Penyakit Gondok. Foto: Ist/Net

Pantangan makanan penyakit gondok merupakan salah satu bentuk penanganan penyakit ini agar tidak semakin parah. Jika penderita penyakit gondok memaksakan makan sembarangan dikhawatirkan malah bisa menimbulkan komplikasi yang berbahaya.

Gondok adalah penyakit yang menyerang kelenjar tiroid di bagian leher. Kelenjar tiroid bertugas memproduksi hormon tiroid yang berfungsi untuk menstimulan metabolisme tubuh. Saat terjadi radang, kelenjar ini akan membengkak dan membesar di leher.

Munculnya benjolan di leher pada penderita penyakit gondok biasanya juga diikuti dengan gejala lainnya. Seperti kesulitan bernafas, tenggorokan terasa sakit dan gatal, batuk, munculnya suara mendengung di telinga.

Biasanya penderita sakit gondok juga sakit kepala, demam, mual dan muntah, kesulitan mengunyah makanan, nafsu makan menurun. Jika tidak segera ditangani, benjolan yang semula kecil bisa membesar.

Penanganan penyakit gondok selain dengan obat-obatan juga perlu dilakukan dengan mengatur asupan makanannya. Ada banyak jenis makanan yang bisa memperburuk kondisinya sehingga harus dihindari.

10 Pantangan Makanan Penyakit Gondok

Mengenali jenis makanan apa saja yang menjadi pantangan penyakit gondok sangat berguna agar kondisinya tidak semakin parah. Berikut ini pantangan makanan penyakit gondok yang wajib anda tahu.

Makanan dari Kedelai

Makan kedelai yang mengandung isoflavongoitrogen justru dapat menurunkan fungsi kelenjar tiroid khususnya dalam menyerap yodium. Makanan kedelai yang terlarang bagi penderita gondok diantaranya tempe, tahu, kecap, susu kedelai, minyak kedelai, ataupun miso.

Makanan Berkolesterol Tinggi

Makanan yang banyak mengandung kolesterol tinggi merupakan pantangan yang harus dihindari penderita gondok. Makanan ini diantaranya telur ayam, telur ikan, minyak ikan, otak sapi, daging kijang, ataupun ginjal domba.

Makanan Pedas

Pantangan makanan penyakit gondok lainnya adalah yang pedas-pedas. Makanan pedas memang nikmat bagi yang normal namun sangat berbahaya untuk penderita penyakit gondok karena bisa makin memperparah kondisi.

Makanan Berlemak

Jika makanan yang mengandung kolesterol tinggi terlarang bagi penderita gondok, begitupun dengan makanan yang berlemak. Termasuk makanan yang mengandung lemak jenuh maupun makanan gorengan.

Minuman Bersoda

Minuman soda juga sebaiknya dihindari anda yang sedang menderita penyakit gondok. Kandungan pemanis buatan dalam minuman ini justru dapat memperparah kondisi sakit anda.

Minuman Berkafein

Makanan dan minuman berkafein termasuk pantangan makanan penyakit gondok yang harus dijauhi. Kopi hitam, kopi instan, dan minuman berkafein lainnya jika dikonsumsi malah bisa penyakitnya semakin parah.

Junk Food

Penderita gondok juga harus menjauhi makanan cepat saji dan junk food. Makanan yang dikatakan modern ini justru merupakan makanan tidak sehat yang bisa memperparah kondisi penyakit gondok.

Makanan Mengandung Bahan Kimia

Pantangan makanan penyakit gondok lainnya yang harus dijauhi adalah makanan yang mengandung bahan-bahan kimia. Makanan yang yang dibuat dengan pewarna dan pengawet kimia sangat berbahaya dapat bisa memperparah kondisi tubuh.

Makanan Mengandung Gluten

Penderita penyakit gondok juga wajib menjauhi makanan yang mengandung gluten karena juga bisa menyebabkan kondisi penderita akan semakin parah. Makanan gluten antara lain gandum, barley, atau rye.

Sayuran Silangan

Sayuran yang merupakan hasil persilangan juga harus dihindari penderita gondok. Sayuran ini mengandungan goitrogen dan isothiocyanates yang bisa merusak kelenjar tiroid. Contoh sayuran silangan seperti brokoli, bunga kol, kubis, dan kubis brussel.

Demikianlah berbagai pantangan makanan penyakit gondok yang wajib diketahui dan dijauhi agar proses penyembuhannya bisa lebih efektif. Pantangan ini juga penting agar tidak menimbulkan komplikasi yang berbahaya. (R9/HR-Online)

Loading...