Pasang Air Suspension di Mobil? Pahami Ini Dulu Sebelum Melakukannya

pasang air suspension di mobil
Air suspension di mobil. Foto: Ist/Net

Pasang air suspension di mobil termasuk salah satu upaya yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan nilai estetika tampilan kendaraan kesayangan.

Air suspension itu sendiri kini menjadi tren modifikasi yang memungkinkan mobil bisa terlihat lebih ceper dengan merombak bagian rodanya.

Sebelum mengulas lebih jauh seputar pertimbangan dalam pemasangan air suspension, penting bagi anda untuk memahami apa itu air suspension terlebih dahulu.

Air suspension adalah satu diantara part suspensi mobil yang harganya lebih tinggi jika dibandingkan dengan tipe lainnya.

Tak mengherankan karena air suspension memiliki kelebihan dan daya tarik tersendiri. Meski begitu, air suspension ini juga mempunyai kekurangan.

Pertimbangan Sebelum Pasang Air Suspension di Mobil

Sebelum anda memasang air suspension di mobil, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan terlebih dahulu. Dengan begitu, anda bisa lebih bijak dalam melakukan modifikasi pada mobil kesayangan. Berikut ulasannya.

Konsep Awal

Awal mula air suspension berasal dari ide sederhana yang mana pemilik mobil melakukan penggabungan kemampuan berbagai per dalam satu tempat.

Meski konsep pasang air suspension di mobil sederhana, namun sistemnya sangat kompleks. Hal ini tentu saja mempengaruhi segi perawatannya.

Perawatannya terbilang rumit dan membutuhkan biaya yang tak sedikit. Tanpa adanya perawatan, maka mobil tak akan terasa aman dan nyaman dikendarai.

Penerapan

Mengingat sistem air suspension sangat kompleks, maka tak semua mobil cocok untuk menerapkannya. Air suspension ini hanya digunakan pada mobil premium yang berkualitas tinggi.

Sementara untuk mobil yang diproduksi secara massal biasanya menggunakan per dan peredam kejut atau shockbreaker konvensional.

Sebelum menerapkannya, pastikan anda pahami apakah mobil yang anda miliki bisa mendukung pemasangan air suspension.

Kemudahan

Tak bisa dipungkiri bahwa pasang air suspension di mobil memang memberikan banyak kemudahan. Di Indonesia sendiri, air suspension sudah semakin banyak digunakan untuk modifikasi.

Dikarenakan mampu menciptakan tampilan yang berbeda, air suspension terbukti mendukung pemilik mobil untuk ikut kontes modifikasi.

Meski dimodifikasi, namun mobil yang dilengkapi air suspension juga bisa digunakan sebagai mobil harian. Hal ini dikarenakan ketinggian suspensi bisa diatur sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda.

Dalam mengatur ketinggian pun cukup mudah. Anda hanya perlu memencet tombolnya saja. Fakta ini menjawab rasa penasaran pecinta otomotif mengapa air suspension menjadi tren.

Harga Paket

Harga paket juga menjadi salah satu hal yang harus anda pertimbangkan sebelum pasang air suspension di mobil. Sebagaimana yang sudah disinggung di atas, harga paket air suspension cukup tinggi.

Harga paket ini berkisar antara Rp 18 juta sampai dengan Rp 50 juta. Anda diharuskan untuk merogoh kocek agak dalam untuk memilikinya.

Jenis Air Suspension

Sebelum pasang air suspension, anda juga wajib mengetahui apa saja jenisnya. Jenis air suspension itu sendiri tersedia dalam dua jenis, yakni strut dan bag.

Air suspension dengan jenis strut memperlihatkan peredam kejut dan per yang menjadi satu. Sementara jenis bag menunjukkan peredam kejut dan tabung udara yang terpisah.

Keuntungan dan Kerugian

Ada sisi untung dan rugi yang bisa anda rasakan apabila memasang air suspension di mobil. Selain menawarkan kemudahan dalam pengaturan ketinggian mobil, pemasangan air suspension juga hanya perlu pengecekan kompresor.

Di dalam kompresor terdapat kandungan air yang harus dicek. Pengecekan kandungan ini tak perlu anda lakukan setiap hari, cukup memeriksanya seminggu sekali saja.

Terbentuknya air di tabung karena udara pada dasarnya mengandung H2O. Dimana kandungan ini akan terakumulasi saat dimampatkan.

Dibalik keuntungan tersebut, ada kerugian yang akan anda rasakan apabila pasang air suspension di mobil. Adapun salah satu kerugiannya yaitu mengalami kebocoran di jalan.

Perlu untuk anda ketahui bahannya bersifat kurang tahan lama. Bahan ini berpotensi bocor karena terjadi pengembangan dan pengenduran selama suspensi digunakan.

Dengan anda mengetahui pertimbangan, keuntungan, dan kerugian dalam pemasangan air suspension di mobil, anda bisa lebih memastikan apakah anda benar-benar menginginkannya.

Jangan sampai anda menyesal saat sudah terlanjur pasang air suspension di mobil. Selain buang-buang waktu dan tenaga, anda juga akan boros pengeluaran jika ingin mengembalikannya ke kondisi semula. (R10/HR-Online)

Loading...