Pembalut Biasa vs Menstrual Cups, Bagusan Mana?

Pembalut Biasa vs Menstrual Cups, Bagusan Mana?

Berita Kecantikan, (harapanrakyat.com).- Pembalut Biasa vs Menstrual Cups, Bagusan Mana? Bagi seorang wanita mengalami haid setiap bulan tentu sangat mengganggu aktivitas.

Hingga kini berbagai produk untuk sanitasi banyak sekali macamnya. Misalnya seperti pembalut, gelas menstruasi atau menstrual cup.

Akan tetapi apa perbedaan dari pembalut dan menstrual cup? Ketahui Perbandingan antara Pembalut Biasa vs Menstrual Cups berikut untuk lebih jelas dan mengetahui mana yang lebih baik digunakan.

Apa itu menstrual Cup?

Menstrual cup menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi polusi sampah pembalut. Karena produk ini dapat dipakai lebih dari satu kali pemakaian.

Tentu hal ini dapat menjadi salah satu cara untuk menghemat uang saat membeli pembalut. Karena pembalut hanya bisa digunakan sekali pakai dan kemudian dibuang.

Bentuk dari menstrual cup ini seperti namanya, yaitu berupa cup. Akan tetapi, teksturnya sangat elastis ketika digunakan. Apabila Anda baru pertama kali mencoba produk ini, mungkin akan mengalami sedikit tidak nyaman.

Hal ini barangkali sangat wajar, karena biasanya Anda memakai pembalut dan kini beralih ke menstrual cup. Tentu memerlukan penyesuaian terlebih dahulu.

Fungsi dari Menstrual Cup

Pembalut biasa dipakai oleh seorang wanita yang sedang mengalami haid, menstruasi maupun nifas. Pemakainnya pun sangat mudah, cukup direkatkan pada celana dalam untuk menampung darah yang keluar dari rahim yang tidak dibuahi.

Produk ini telah banyak beredar di toko-toko terdekat rumah. Anda bisa memiliki berbagai jenis pembalut sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa macam pembalut seperti adanya sayap, ukuran lebih panjang dengan berbagai merk, banyak ditawarkan.

Pembalut kini juga tersedia dalam bentuk kain. Jadi, bisa digunakan untuk beberapa kali pemakaian.

Jika dilihat dari fungsinya memiliki persamaan dengan pembalut pada umumnya. Sama-sama digunakan untuk menampung darah haid maupun nifas bagi seorang perempuan.

Perbedaan Bentuk Pembalut dan Menstrual Cup

Dari segi bentuknya, antara pembalut dan menstrual cup memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Pembalut berbentuk datar dengan dilengkapi kapas yang telah diproduksi secara rapi dengan beberapa bahan tambahan untuk menampung darah haid maupun nifas.

Pilihan jenisnya pun lebih banyak dari segi ukuran maupun desainnya. Karena setiap merk tentu memiliki desain corak yang berbeda-beda.

Jika dibandingkan antara pembalut biasa vs menstrual cup, pembalut biasa atau menstrual pads dapat dipakai hanya sekali pakai saja.

Anda pun harus menyiapkan beberapa lembar uang untuk membelinya di toko terdekat. Untuk ukuran dan jenisnya bisa disesuaikan dengan selera yang pas dihati.

Untuk menstrual cup, Anda bisa menggunakannya lebih dari sekali. Akan tetapi sebelum memakainya kembali jangan lupa untuk membersihkan cupnya dengan bersih.

Karena menstrual cup harus higienis ketika akan digunakan. Maka dari itu perhatikan dengan baik sebelum memakainya kembali. Jika hal ini diabaikan tentu akan berbahaya untuk kesehatan reproduksi Anda.

Pembalut Biasa vs menstrual cup memang memiliki perbedaan. Akan tetapi untuk pemakaiannya bisa disesuaikan dengan keinginan. Karena setiap orang tentu memiliki kecenderungan yang berbeda-beda ketika akan menggunakan sesuatu. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...