Pembukaan Jalan 2,5 KM Hampir Selesai, Warga Minta Bantuan Pemkab Pangandaran

Pembukaan Jalan pertanian
Warga saat gotong royong membangun jalan pertanian menggunakan alat seadanya. Foto: Enceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Warga Dusun Citarunggang, Desa Pangkalan, Kecamatan Langkaplancar, semakin semangat melakukan gotong royong pembukaan jalan baru. Apalagi jalan yang mereka buka hampir selesai.

Meski menggunakan alat seadanya, namun pembukaan jalan sepanjang 2,5 kilometer ini hampir selesai dikerjakan oleh warga setempat tanpa bantuan pemerintah.

Camat Langkaplancar, Deni Ramdani, mengapresiasi kegigihan warganya itu dalam membuka jalan pertanian itu. Apalagi keberadaan jalan yang dibangun itu sangat menopang sektor pertanian warga.

“Semangat gotong royong ini harus dipertahankan dan harus menjadi contoh untuk desa lainnya,” ujar Deni kepada HR Online, Sabtu (07/12/2019).

Gotong royong yang dilakukan setiap hari Sabtu ini, kata Deni, dilakukan bukan hanya oleh masyarakat yang lahannya dilewati jalan tersebut, namun masyarakat yang tanahnya tak terlewati jalan itu juga ikut membangun jalan itu.

“Mereka yakin, jika jalan tersebut sudah bisa dilewati kendaraan akan makin memudahkan aktivitas warga, terutama petani,” paparnya.

Sementara itu, Bunyamin, salah satu warga, mengatakan, jika pembangunan jalan tersebut sudah selesai, ia ingin pemerintah dapat meresponnya dengan memberikan bantuan untuk tahap berikutnya, baik pengerasan maupun pengecoran.

“Jika masyarakat hanya bergotong royong membuat badan jalan, maka jalan tersebut hanya bisa dilewati ketika kondisi jalan kering saja. Jadi pemerintah harus merespon cepat dengan memberikan bantuan untuk pengerasan dan pengecoran, agar jalan tersebut bisa dilewati saat kondisi hujan sekalipun,” paparnya. (Enceng/R6/HR-Online)

Loading...