Pengenalan Teknologi Hidroponik di Kawali Ciamis, Petani Diharapkan Jadi Produktif

pelatihan hidroponik
Pengenalan teknologi hidroponik di Desa Kawali, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Kamis (12/12/2019).

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Perwakilan  Kelompok Tani dan Kelompok Wanita Tani ( KWT) Desa/Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, mengikuti pelatihan pengenalan teknologi tepat guna budi daya tanaman dengan Hidroponik, Kamis (12/12/2019).

Andri, PPL Desa Kawali, mengatakan, peserta pelatihan merupakan perwakilan dari Kelompok Tani dan Kelompok Wanita Tani ( KWT) se-Desa Kawali.

“Adanya keberpihakan pada petani melalui pemberdayaan masyarakat di bidang pertanian patut diapresiasi. Mudah-mudahan saja Kelompok Wanita Tani dan Kelompok Tani di Desa Kawali semakin berkembang,” ujar Andri kepada HR Online.

Andri juga berharap Kelompok Tani maupun KWT menjadi produktif, dan tidak menjadi petani yang konsumtif.

Dalam kegiatan pengenalan teknologi tepat guna tersebut, lanjut Andri, para perwakilan Kelompok Tani dan Kelompok Wanita Tani, berlatih budidaya tanaman dengan hidroponik.

“Hidroponik ini adalah cara budidaya menanam dengan memanfaatkan air, tanpa menggunakan tanah. Meski demikian, pemenuhan nutrisi bagi tanaman terpenuhi,” terangnya.

Dalam Peltihan Hidroponik ini, terang Andri, dijelakskan jika kebutuhan air lebih kecil bila dibandingkan dengan menanam budidaya tanaman dengan media tanam tanah.

“Hidroponik bisa disebut juga Urban Farming, yaitu pertanian konvensional menjadi perkotaan. Atau bisa disebut juga sistem pertanian yang dilakukan dengan menggunakan media tanam air,” katanya.

Karena itu, kata dia, meski para petani tidak memiliki lahan yang luas, namun melalui hidroponik ini bertani lebih efisien. Selain itu prospeknya pun sangat baik. (Edji/R7/HR-Online)

Loading...