Minggu, November 28, 2021
BerandaBerita TerbaruPengobatan Kanker Prostat, Ini Lima Pilihannya!

Pengobatan Kanker Prostat, Ini Lima Pilihannya!

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com).- Pengobatan Kanker Prostat, Ini Lima Pilihannya! Tak bisa dipungkiri Penyakit kanker prostat seringkali menjadi momok bagi kaum pria. Terlebih resiko penyakit ini bisa terus meningkat seiring bertambannya usia.

Penyebabnya pun bisa karena sejumlah faktor. Namun  tak perlu khawatir, karena terdapat beberapa pilihan pengobatan kanker prostat yang bisa anda coba.

Nah, bagi Anda yang tidak ingin kesehatannya terancam karena kanker prostat, berikut  sejumlah pilihan penyembuhan yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan kanker prostat ini.

Pilihan Pengobatan Kanker Prostat

Operasi pengangkatan kelenjar prostat

Pilihan Pengobatan prostat yang pertama adalah dengan operasi pengangkatan kelenjar prostat. Cara pertama ini untuk mengobati penyakit kanker prostat dengan mengangkat kelenjar prostat yang memiliki sel abnormal. 

Perawatan ini diketahui menjadi pengobatan utama sebelum sel kanker menyebar di luar kelenjar prostat. Pengobatan ini memang cukup ampuh namun perlu diwaspadai juga.

Pasalnya terkadang sel kanker yang menyebar belum hilang secara keseluruhan, sehingga perlu perawatan lanjutan bagi pasien. Selain itu, Operasi ini juga dapat menyebakan efek samping bagi penderitanya.

Pasien bisa mengalami cedera pada jaringan terdekat atau inkontinensia urin, yaitu suatu keadaan dimana pasien tidak bisa mengontrol keinginan untuk buang air kecil.

Radioterapi atau Terapi Radiasi

Pilihan Pengobatan Kanker Prostat yang kedua adalah Radioterapi atau Terapi Radiasi. Radioterapi merupakan salah satu cara pengobatan kanker prostat yang banyak dilakukan.

Penyebaran sel kanker dapat diperlambat melalui terapi radiasi ini untuk meringankan gejalanya. Radioterapi juga bisa dijadikan sebagai perawatan lanjutan pasca operasi jika diketahui masih terdapat  sel kanker yang tidak terangkat sepenuhnya.

Sama seperti operasi, terapi ini juga memungkinkan terjadinya efek samping meskipun sel-sel kanker dapat terbunuh. Diantarnya yaitu dalam jangka panjang, pasien akan merasakan diare, rambut rontok, atau peradangan pada selaput kemih.

Terapi Hormon

Pilihan Pengobatan Kanker Prostat yang ketiga adalah terapi hormon. Terapi ini dapat dilakukan sebelum atau setelah radioterapi. Terapi yang dilakukan sebelum radioterapi bertujuan untuk meningkatkan keberhasilan proses pengobatan.

Sedangkan terapi yang dilakukan setelah radioterapi bertujuan untuk mengurangi risiko kembalinya sel kanker. Terapi ini biasanya diperuntukkan bagi pasien yang sudah stadium lanjut.

Terapi ini juga memiliki beberapa efek samping, diantaranya yaitu terjadinya disfungsi ereksi, hot flashes, kehilangan massa tulang, berkurangnya gairah seks, dan bertambahnya berat badan.

Cryotherapy (pembekuan jaringan prostat)

Pilihan Pengobatan Kanker Prostat yang keempat adalah Cryotherapy atau pembekuan jaringan prostat. Proses pengobatanya yaitu, prostat akan dimasuki dengan jarum kecil yang disebut dengan cryoneedle.

Setelah itu, gas yang sangat dingin akan dikeluarkan dari ujung jarum sehingga jaringan sel kanker pada prostat tersebut akan membeku. Pengobatan ini selain dapat mematikan sel kanker, ternyata juga bisa menghancurkan sel yang sehat.

Oleh sebba itu, perawatan ini bisanya dilakukan pada pasien yang belum pernah menjalankan terapi radiasi.

Kemoterapi

Pilihan Pengobatan Kanker Prostat yang kelima adalah kemoterapi. Kemoterapi diyakini merupakan pengobatan yang cukup efektif.

Pengobatan ini dilakukan dengan memberikan obat-obatan, baik itu diminum atau disuntik melalui pembuluh vena ada pasien.

Kemoterapi seringkali dianjurkan pada pasien dengan kondisi sel kanker yang telah menyebar ke bagian tubuh lainnya. Selain itu,  pengobatan ini juga diperuntukkan bagi pasien yang biasanya tidak merespon terapi hormon.

Demikian lima pilihan pengobatan kanker prostat yang bisa dijadikan pertimbangan bagi penderita kanker prostat. Pertimbangkan baik dan buruk sebelum melakukannya. (Deni/R4/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru