Rabu, Juli 6, 2022
BerandaBerita PangandaranPengunjung Membludak, Pemandu Wisata di Pangandaran Banjir Rezeki

Pengunjung Membludak, Pemandu Wisata di Pangandaran Banjir Rezeki

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Pemandu wisata di Pangandaran banjir rezeki saat musim liburan Natal dan tahun baru 2020.

Sedikitnya ada 50 orang pemandu wisata yang bersiap di Cagar Alam. Saat wisatawan berdatangan lebih banyak daripada hari biasanya mereka pun ketiban rezeki.

Abdul Rohim, salah seorang pemandu wisata, mengatakan, saat ini para guide di Pangandaran yang berjaga di Cagar Alam Pintu Barat maupun Pintu Timur berjumlah 50 orang.

“Satu orang pemandu biasanya membawa maksimal 7 orang wisatawan,” kata Rohim kepada HR Online, Sabtu (28/12/2019).

Baca Juga: Pengguna Jasa Sewa Odong-odong di Pantai Pangandaran Meningkat

Rohim menuturkan, untuk tarif para pemandu wisata ini dibandrol seharga Rp 150 ribu untuk minimal 15 orang.

“Setiap guide tarifnya sama, 150 ribu rupiah untuk minimal 15 orang dalam satu kali tour. Kalau rombongan minimal wisatawan berjumlah 25 orang, tarifnya hanya 250 ribu rupiah,” terangnya.

Lanjut Rohim, untuk rombongan minimal 50 orang, tarifnya mencapai  Rp 300 ribu.

“Tarif itu terserah mau minta dipandu ke mana, para pemandu wisata ini siap untuk mendampingi plus menjelaskan semua yang ditemui baik di perjalanan maupun di lokasi yang dituju. Semua akan dijelaskan mulai dari hal terkecil sampai yang terbesar,” kata Rohim.

Rosid menambahkan, para pemandu wisata juga siap menjelaskan terkait sejarah obyek wisata yang dikunjungi. Hal ini dilakukan sebagai edukasi bagi para wisatawan.

Para pemandu wisata di Pangandaran ini, kata Rohim, saat libur panjang kecipratan rezeki. Pasalnya para wisatawan terus berdatangan.

“Seiring membludaknya kunjungan wisatawan ke Pangandaran, secara tidak langsung itu membuat pendapatan pemandu wisata ada kenaikan dibanding hari-hari biasanya,” pungkas Rohim. (Entang/R7/HR-Online)