Penyebab Mesin Mobil Overheat yang Harus Diwaspadai, Apa Saja?

Penyebab Mesin Mobil Overheat
Ilustrasi Penyebab Mesin Mobil Overheat. Foto: Istimewa

Penyebab mesin mobil overheat harus diketahui agar selalu aman dan nyaman dalam berkendara. Overheat sendiri adalah kondisi dimana mesin mengalami panas berlebih.

Jika tak segera ditangani, mesin mobil yang overheat bisa menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya. Hal ini tentu saja menurunkan kualitas dan performa mobil.

Apabila anda ingin mengembalikan performa mobil kesayangan seperti semula, maka anda harus mengeluarkan biaya yang tak sedikit.

Penyebab Mesin Mobil Overheat

Agar anda terhindar dari pengeluaran yang membengkak dan ingin selalu aman dalam berkendara, maka anda harus ketahui apa saja hal yang menyebabkan mesin menjadi overheat. Berikut ulasannya.

Oli Dengan Kualitas Buruk

Mesin mobil bisa overheat apabila menggunakan oli yang kualitasnya buruk. Seperti yang kita tahu, oli berfungsi untuk menjaga suhu mesin.

Dikarenakan kualitasnya tak mumpuni, oli tak akan bisa menjaga suhu mesin sehingga menjadi lebih cepat panas. Maka dari itu, gunakan oli yang kualitasnya bagus dan sesuai dengan anjuran pabrikan.

Thermostat Tak Layak Pakai

Penyebab mesin mobil overheat lainnya yaitu kondisi thermostat yang sudah tak layak pakai. Hal ini dikarenakan thermostat tersebut akan menutup sehingga air tak bisa bersirkulasi secara normal lagi ke radiator.

Oleh sebab itu, agar mesin tak cepat panas, anda harus rutin memeriksakan mobil ke bengkel terpercaya. Pastikan thermostat selalu dalam kondisi prima.

Bahan Bakar yang Tak Sesuai

Jika anda peduli dengan mobil kesayangan, pastikan anda tak sembarangan dalam menggunakan bahan bakar. Anda perlu menyesuaikan bahan bakar dengan jenis kendaraan.

Perlu untuk anda ketahui, kandungan oktan yang tidak sesuai dengan kebutuhan mobil bisa menyebabkan knocking. Apabila hal ini dibiarkan secara terus-menerus, maka mesin mobil akan overheat.

Radiator Bermasalah

Radiator yang bermasalah juga menjadi penyebab mesin mobil overheat. Adapun salah satu permasalahan pada radiator tersebut yaitu air ataupun coolant habis. Tanpa adanya air dan coolant, maka radiator akan kering.

Selain air dan coolant, radiator juga bisa kering karena sirkulasinya bocor dan suhu mesin yang mengalami peningkatan. Kondisi ini tentu saja menghambat proses pendinginan mesin sehingga bisa overheat.

Tak hanya kering, radiator juga bisa mengalami kebocoran atau bahkan rusak. Dikarenakan bocor atau rusak, radiator tak bisa berfungsi sebagai pendingin mesin lagi.

Radiator bisa bocor sendiri disebabkan oleh gesekan dengan benda keras ketika berkendara. Jika sudah begini, maka anda harus keluar biaya untuk menggantinya dengan radiator baru.

Kipas Mesin Mulai Lemah

Kondisi kipas mesin yang sudah mulai lemah sangat mempengaruhi proses pendinginan suhu mesin. Pada umumnya, penyebab mesin mobil overheat ini ditemukan pada mobil yang berusia tua.

Maka dari itu, jika mobil anda termasuk keluaran lama, pastikan anda rutin mengecek kelistrikan kipas mesin, seperti sekring dan relay kipas.

Anda harus cermati dan pastikan tak ada satu komponen pun yang meleleh. Dengan begitu, kipas mesin tetap bisa berfungsi secara optimal.

Karet Penutup Radiator Tak Sesuai

Hal lainnya yang juga menjadi penyebab mesin mobil overheat yaitu karet penutup radiator yang tidak sesuai. Perlu untuk anda ketahui, karet penutup radiator ini berperan penting dalam menjaga tekanan air panas.

Dimana tekanannya harus lebih kecil daripada sistem pendingin mobil. Namun hal tersebut tak bisa dipastikan lagi jika karet penutupnya tak cocok.

Ketika menggunakan karet penutup radiator yang tidak cocok, maka akan ada gangguan dalam sistem pendinginnya. Mesin pun bisa mengalami overheat.

Head Mesin Sudah Melengkung

Head mesin juga penting untuk diperhatikan apabila mesin mobil anda mengalami panas berlebih. Anda perlu tahu bahwa mobil yang sudah berumur seringkali memiliki head mesin yang kondisinya sudah melengkung.

Head mesin dengan kondisi tersebut menyebabkan angin palsu bisa dengan mudah masuk ke mesin. Dengan begitu, mesin mobil akan menjadi panas berlebih.

Supaya anda terhindar dari masalah ini, pastikan anda melakukan overhaul mesin pada mobil yang sudah cukup berumur tersebut.

Dengan cara ini, anda bisa memastikan sekaligus mencegah head mesin menjadi melengkung. Mesin mobil pun akan selalu prima dan bertenaga.

Sebagai pemilik mobil yang baik, anda memang harus tahu apa saja penyebab mesin mobil overheat guna menghindari hal-hal yang tak diinginkan terjadi. (R10/HR-Online)