Penyebab Pusing Saat Bangun Tidur, Dehidrasi Hingga Stress

Penyebab Pusing Saat Bangun Tidur, Dehidrasi Hingga Stress

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com).- Penyebab Pusing Saat Bangun Tidur. Ada banyak orang yang merasakan sakit kepala dan pusing saat bangun tidur. Bahkan beberapa diantaranya merasa goyah hingga terjatuh ketika bangkit dari tempat tidur.

Pada umumnya, pusing ketika bangun tidur disebabkan oleh anjloknya tekanan darah karena mendadak mengubah posisi. Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab kepala pusing ketika bangun tidur yang sering terjadi.

Penyebab Pusing Saat Bangun Tidur

Dehidrasi

Salah satu penyebab paling umum kepala terasa pusing ketika bangun tidur adalah dehidrasi. Hal ini juga bisa menjadi gejala hangover setelah Anda menenggak banyak minuman terlarang. Pasalnya, mengonsumsi minuman terlarang sebelum tidur dapat menyebabkan dehidrasi.

Namun demikian, jika Anda tidak mengonsumsi minuman ini sekalipun, Anda tetap dapat mengalami dehidrasi. Hal ini bisa disebabkan karena Anda bekerja ataupun beraktivitas di lingkungan yang panas.

Selain itu, tidak mengonsumsi air dengan cukup, suka mengonsumsi kopi dan teh, juga bisa menyebabkan Anda mengalami dehidrasi.

Gula Darah Rendah

Penyebab pusing saat bangun tidur juga bisa menjadi tanda kadar gula darah rendah dalam tubuh. Terutama sekali pada penderita diabetes dan pengunaan insulin.

Akan tetapi, jika Anda merasa pusing saat bangun tidur yang berlangsung dalam waktu lama, ditambah dengan rasa lelah, maka sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebab yang jelas.

Pada penderita diabetes, baik tipe 1 ataupun 2, kadar glukosanya dapat menjadi abnormal di pagi hari. Hal ini disebabkan karena perubahan hormon secara alami, dan kurangnya perawatan terhadap penyakit tersebut.

Keadaan ini juga bisa disebabkan karena feomena fajar, dimana kadar gula darah naik biasanya antara pukul 3 hingga 8 pagi.

Sleep Apnea

Kesulitan bernapas saat tidur atau sleep apnea merupakan gangguan tidur yang menyebabkan pernapasan terhalang atau terhimpit selama beberapa detik saat Anda tidur.

Hal ini menyebabkan kadar oksigen yang terdapat di otak berkurang, sehingga Anda merasa sakit kepala, berkeringat dan kelelahan saat bangun tidur.

Penelitian juga menunjukkan bahwa penderita sleep apnea memiliki kadar oksigen dalam tubuh yang rendah di pagi hari.

Gangguan pernapasan kronis seperti penyakit paru obstruktif kronis juga dapat menjadi penyebab pusing saat bangun tidur karena sirkuliasi udara terhalang dan paru-paru tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Anemia

Anemia merupakan penyakit yang disebabkan oleh defisiensi zat besi yang mengakibatkan turunnya kadar hemoglobin yang bertugas untuk mengikat oksigen dalam darah.

Jika penderita anemia juga mengalami sesak nafas dan tekanan darah rendah selama tidur, maka ia akan merasa pusing saat bangun tidur.

Stres

Saat mengalami stres, seseorang cenderung memilih untuk mengalihkan perhatian dan pikirannya dengan cara tidur. Akan tetapi, tidur tidak selamanya dapat menjadi pelarian saat begitu banyak masalah dan stres melanda.

Yang kemudian terjadi adalah, Anda akan merasa pusing saat bangun tidur karena kurangnya kualitas tidur yang disebabkan oleh stres.

Demikian ulasan mengenai penyebab pusing saat bangun tidur yang sering terjadi. Penyebabnya, mulai dari masalah dehidrasi hingga stress. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...