Penyebab Suara Ledakan pada Knalpot Motor

Penyebab Suara Ledakan pada Knalpot Motor

Berita Otomotif, (harapanrakyat.com).- Penyebab suara ledakan pada knalpot motor. Saat berkendara di jalan, Anda pasti pernah mendapati adanya suara meledak pada knalpot motor yang memekakan telinga.

Memang tampak biasa, tapi ternyata knalpot yang meledak ini cukup berbahaya bagi penggunanya. Pun yang menyebabkan knalpot meledak ada berbagai hal.

Sebagai tambahan informasi, berikut ini ulasan mengenai penyebab knalpot motor anda mengeluarkan suara ledakan.

Penyebab Suara Ledakan pada Knalpot Motor

Busi yang Rusak

Pentingnya melakukan servis motor secara keseluruhan tidak hanya memastikan bahwa semua layak guna. Tapi juga sebagai antisipasi supaya segala unsur knalpot layak pakai, termasuk busi.

Sering-sering lah cek bagian busi motor, sebab apabila rusak, kotor, tertutup kerak, atau basah terkena air saat hujan atau saat dicuci, bisa membuat knalpot bersuara keras.

Air Screw Karburator

Penyebab Suara Ledakan pada Knalpot Motor juga bisa datang dari air screw karburator yang rusak dan sudah tidak layak pakai lagi atau bisa dikatakan aus.

Namun, jika Anda merasa baru ganti karburatornya, suara knalpot ini bisa karena pemasangan yang kurang tepat juga.

Nah karena kerusakan atau pemasangan yang tidak tepat ini, penyuplaian udara ke bagian ruang pembakaran jadi tidak semestinya.

Biasanya, karburator akan rusak atau aus pada bagian karetnya,sehingga akan terjadi gangguan pada bensin saat disalurkan ke ruang pembakaran. Karet biasanya mengeras dan tidak lentur dan penyaluran bensin akan terhambat.

Knalpot Bocor

Anda pasti penasaran Penyebab Suara Ledakan pada Knalpot Motor. Apa bisa knalpot mengalami kebocoran dan menyebabkan suara meledak? Ternyata sangat bisa. Misalkan karena knalpot dan kendaraan sudah cukup lama digunakan,

Selain itu, juga bisa terjadi karena saat Anda parkir motor, terjadi gesekan atau terjatuh dan mengakibatkan knalpot berlubang. Atau, knalpot juga bisa berlubang karena pernah dimodifikasi dan pemasangan yang kurang tepat.

Manfaat knalpot pada motor sendiri adalah sebagai peredam suara yang memang wajar ada saat proses pembakaran.

Nah, jadi jika ada salah satu bagian pada knalpot yang bocor atau rusak, maka suara akan terdengar lebih keras dan bisa makin memekakan jika tuas gas makin ditarik.

Tidak Menutup Choke

Suara Ledakan pada Knalpot Motor juga bisa berasal dari choke yang lupa ditutup. Terdengar sepele, tapi paling banyak menjadi alasan kenapa knalpot tiba-tiba meledak-ledak.

Choke ditutup supaya bensin yang mengalir pada motor sesuai dengan porsi yang dibutuhkan oleh ruang pembakaran. Jika ruang pembakaran banyak bensin, ini menyebabkan suara ledakan tersebut.

Inilah mengapa kita perlu selalu melakukan servis pada motor secara rutin dan memeriksa ulang sebelum digunakan untuk berkendara.

Jangan sampai ada masalah sederhana sampai lupa menutup choke, sampai masalah serius seperti knalpot bocor yang terjadi pada motor Anda.

Semoga ulasan di atas bisa menambah info mengenai Penyebab Suara Ledakan pada Knalpot Motor untuk Anda. (Deni/R4/HR-Online)