Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita TerbaruPerawatan Filter AC Mobil Agar Kualitas Udara Kabin Selalu Sejuk

Perawatan Filter AC Mobil Agar Kualitas Udara Kabin Selalu Sejuk

Perawatan filter AC mobil yang baik dan benar bisa membuat kabin terasa lebih nyaman ditempati. Hal ini dikarenakan filter AC yang terawat memungkinkan udara yang dihasilkan bisa lebih fresh.

Perjalanan pun akan terasa menyenangkan apabila filter AC bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Maka dari itu, pastikan anda selalu merawatnya secara rutin.

Perawatan Filter AC Mobil

Filter AC mobil bisa mengalami kerusakan karena kurangnya perawatan. Supaya mobil tetap nyaman digunakan, pastikan anda simak dan praktekkan tips merawat filter mobil berikut ini.

Rutin Membersihkan Filter AC

Salah satu perawatan filter AC mobil yaitu dengan rutin membersihkannya. Dalam membersihkannya, anda bisa memanfaatkan kompresor angin.

Mengenai cara membersihkannya, anda bisa mulai dengan membuka laci mobil terlebih dahulu. Filter AC sendiri ada di bagian dashboard mobil, yakni di sebelah kiri sopir.

Setelah membuka laci mobil, anda bisa memperhatikan pentolan pengunci laci yang ada di kanan dan kiri laci. Anda tarik secara perlahan agar pentolan tersebut lepas dari pengait.

Apabila laci sudah lepas, anda bisa perhatikan bagian dalamnya. Anda akan menemukan penutup filter bertuliskan UP. Anda tekan saja lock penutup filter ke kanan.

Ketika filter AC sudah terbuka, anda bisa langsung membersihkannya dengan kompresor angin secara perlahan. Hindari membersihkan filter AC dengan air karena bisa merusaknya.

Agar filter AC tetap terjaga kualitasnya, pastikan anda memberikan perawatan secara rutin minimal sebulan sekali. Tak perlu repot-repot ke bengkel, anda bisa melakukannya sendiri dengan mengikuti cara ini.

Pakai Filter yang Sesuai Spesifikasi

Selain rutin membersihkan, anda juga perlu melakukan penggantian filter apabila memang sudah tak layak pakai. Dalam perawatan filter AC mobil ini, pastikan anda mengganti filter sesuai dengan spesifikasinya.

Pastikan anda menggunakan filter dengan spesifikasi yang dianjurkan pabrikan. Jika tidak, maka anda bisa lebih banyak mengeluarkan biaya karena akan sering ganti filter nantinya.

Penggantian Filter AC

Dalam kondisi tertentu, anda diharuskan untuk langsung mengganti filter AC, salah satunya saat sering melalui jalanan yang berdebu. Dalam waktu 3 bulan, membersihkan filter AC yang sering dibawa ke jalanan berdebu tentu tak cukup.

Akan lebih baik jika anda menggantinya dengan filter AC yang baru. Jalanan yang berdebu tentu membuat kinerjanya terlalu dipaksakan sehingga lebih cepat aus.

Selain karena sering melalui daerah yang berdebu, penggantian filter AC juga harus dilakukan setiap jarak tempuhnya mencapai 10.000 km.

Penggantian ini bisa anda lakukan bersamaan dengan service rutin AC mobil. Namun, penggantian filter AC dengan jarak tempuh ini berlaku jika medan jalan yang dilalui masih dalam batasan normal, tidak terlalu berdebu.

Tips Menjaga Kualitas Udara Kabin

Perawatan filter AC mobil yang benar tentu saja meningkatkan kualitas udara kabinnya. Agar udaranya semakin segar, ada baiknya anda juga imbangi dengan kebiasaan-kebiasaan yang bisa menjaga kualitas udaranya.

Adapun kebiasaan-kebiasaan yang bisa anda lakukan agar udara kabin tetap sejuk ialah sebagai berikut. Pastikan anda memperhatikannya dengan baik.

Tidak Menggunakan Pengharum Kabin

Untuk menghilangkan bau tak sedap, tak sedikit pemilik mobil yang mengimbangi perawatan filter AC mobil dengan menghadirkan pengharum kabin. Padahal hal tersebut justru menyebabkan timbulnya bau yang mengganggu kenyamanan.

Pengharum kabin yang diletakkan di kisi-kisi AC bisa masuk ke dalam evaporator. Dimana hal ini bisa berubah menjadi embun dan berkembang menjadi jamur.

Jika sudah begini, maka penggunaan pengharum kabin bukan hanya bisa menimbulkan bau yang tak sedap, akan tetapi juga menurunkan kualitas saluran AC.

Tidak Merokok di Dalam Mobil

Kualitas udara kabin bisa menurun apabila anda suka merokok di dalam mobil. Bahan kimia yang ada di dalam asap rokok bisa menempel di sistem pendingin kabin atau evaporator.

Jika hal tersebut sudah terjadi, maka alga dan jamur bisa terbentuk dengan mudahnya. Hal ini akan mengakibatkan timbulnya bau yang mengganggu.

Begitupun saat anda sering membuka jendela. Udara maupun debu kotor di luar bisa masuk dan menempel di interior mobil sehingga mengganggu kualitas udara kabin.

Beberapa perawatan filter AC mobil dan tips menjaga kualitas udara kabin ini penting untuk anda perhatikan. Dengan begitu, perjalanan akan terasa nyaman pastinya. (R10/HR-Online)

- Advertisment -