Perawatan Kulit Sensitif Sebaiknya Hindari Kosmetik Kimia

perawatan kulit sensitif
Ilustrasi perawatan kulit sensitif. Foto: Istimewa

Masalah perawatan kulit sensitif sangatlah berbeda dengan jenis kulit normal. Apabila Anda memiliki tubuh dengan jenis kulit sensitif justru harus berhati-hati dalam menggunakan produk kosmetik. Terlebih kosmetik yang mengandung bahan kimia.

Kulit sensitif memiliki ciri gampang mengalami iritasi terhadap beragam faktor pengaruh. Bukan hanya terhadap bahan produk kecantikan saja, namun juga sensitif terhadap udara ataupun kondisi lingkungannya.

Untuk kulit normal mungkin tubuh tak akan memberikan reaksi yang berlebihan dan cenderung lebih tahan terhadap berbagai faktor pengaruh. Namun sebaliknya untuk tubuh dengan jenis kulit sensitif tentunya berbeda.

Kebanyakan kasus yang dialami orang dengan kulit sensitif berupa keluhan seperti kulit menjadi kering, gatal, ruam, hingga kulit perih atau seperti terbakar. Kesalahan perawatan kulit sensitif yang sering terjadi karena penggunaan kosmetik berbahan kimia.

Ada banyak faktor yang menjadi pemicu atau penyebab penyebab kulit sensitif. Diantaranya pengaruh lingkungan, seperti paparan sinar matahari ataupun karena cuaca yang panas ataupun suhu yang dingin.

Begitu juga dengan polusi debu dan asap kendaraan, dampak penggunaan obat-obatan tertentu, sering mengganti atau karena penggunaan produk kosmetik yang tidak cocok. Jika kondisinya demikian maka wajib melakukan perawatan kulit sensitif.

Beberapa kondisi lain juga bisa menyebabkan keluhan kulit sensitif, seperti gangguan kulit karena eksim atau dermatitis kontak, perubahan hormon saat menstruasi ataupun karena stres berlebihan. Faktor genetik atau keturunan juga ikut berpengaruh.

Masalah Perawatan Kulit Sensitif

Pada dasarnya perawatan kulit sensitif berkaitan dengan upaya untuk memberikan perlindungan pada kulit agar bisa menangkal berbagai pengaruh buruk lingkungan. Baik dari lingkungan alam ataupun produk pabrikan.

Mengenal jenis kulit tubuh kita sendiri merupakan langkah penting awal yang harus dilakukan. Sedangkan langkah selanjutnya Anda sebaiknya memperhatikan sejumlah tips penting berikut ini.

Anda tak harus menggunakan produk-produk kosmetik yang mahal untuk bisa cantik. Pilihlah jenis yang memang untuk perawatan kulit sensitif. Perhatikan informasi yang biasanya dicantumkan dalam kemasan produk agar tidak berakibat buruk untuk kulit.

Cara Perawatan Kulit Sensitif

Cara merawat kulit wajah sensitif dan berminyak yang tak kalah pentingnya adalah menghindari produk kosmetik yang mengandung bahan berbahaya, seperti bahan pewarna, pengawet atau bahan kimia lainnya. Toner yang dibuat dari alkohol sebaiknya juga dihindari.

Disiplin dan rajin dalam melakukan perawatan kulit sensitif juga akan melindungi Anda dari keluhan. Setiap kali pulang dari kantor atau dari bepergian segeralah bersihkan kulit wajah dan tubuh Anda.

Setiap akan bepergian keluar rumah gunakan lotion atau krim pelindung kulit. Baik untuk melindungi kulit dari polutan maupun krim tabir surya dari paparan sinar matahari. Namun pilih lotion yang juga aman untuk Anda.

Membersihkan kulit wajah dengan air bersih yang mengalir merupakan langkah pertama dalam perawatan kulit sensitif. Hal itu dilakukan setelah pulang ke rumah agar kotoran tidak menempel pada kulit. Jika perlu gunakan sabun atau krim khusus untuk hasil maksimal.

Untuk pemakaian make up sebaiknya jangan dibiarkan terlalu lama menutupi kulit dan secepatnya dibersihkan. Untuk membersihkannya, sebaiknya gunakan lotion atau bahan untuk menghapus make up yang aman untuk jenis kulit ini.

Asupan Makanan untuk Perawatan Kulit Sensitif

Perawatan kulit sensitif lainnya yang tak kalah pentingnya adalah menghindari asupan makanan ataupun minuman yang bisa berdampak buruk untuk kulit tubuh Anda. Minuman beralkohol, merokok, makanan yang mengandung kolesterol tinggi sebaiknya juga dihindari.

Jika Anda bekerja atau tinggal di dalam lingkungan yang justru memberikan pengaruh buruk pada kulit tubuh mungkin sebaiknya untuk mempertimbangkan mencari lingkungan yang lebih sehat.

Itulah sejumlah langkah penting dalam perawatan kulit sensitif yang sebaiknya Anda perhatikan. Menjaga kulit agar selalu sehat dan cantik tentunya akan jauh lebih besar manfaatnya ketimbang ceroboh dan malas untuk merawat yang bisa berakibat buruk pada kulit. (R9/HR-Online)

Loading...