Perbedaan Shockbreaker Tabung Atas dan Bawah, Anda Harus Tahu

Perbedaan Shockbreaker tabun
Perbedaan Shockbreaker Tabung. Foto: Istimewa

Perbedaan shockbreaker tabung atas dan bawah belum banyak diketahui. Hal ini dikarenakan tak sedikit orang yang beranggapan bahwa penambahan tabung pada shockbreaker hanya sebagai hiasan saja.

Shockbreaker tabung sendiri juga dikenal dengan shockbreaker tipe gas. Jika dibandingkan dengan shockbreaker biasa, shockbreaker model gas ini lebih unggul dalam hal ketahanan dan kenyamanan.

Mengenal Shockbreaker Tabung

Sebelum mengulas mengenai perbedaan shockbreaker tabung atas dan bawah, ada baiknya jika kita pahami dulu apa itu shockbreaker tabung.

Shockbreaker tabung sebenarnya berawal dari shock biasa. Dimana shock biasa ini telah dilengkapi dengan oli. Dalam hal ini, oli berfungsi untuk mengembalikan per suspensi yang memantul saat meredam kejut di permukaan jalan yang tak rata.

Hanya saja, fungsi oli bisa mengalami penurunan seiring berjalannya waktu karena senyawanya akan memisah dan menciptakan gelembung busa. Hal ini menyebabkan kekuatan shockbreaker juga menurun.

Penggunaan shockbreaker tabung pun menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan adanya tekanan dari gas di dalamnya, fungsi oli bisa menjadi lebih terbantu.

Meski sudah digunakan dalam waktu lama, shockbreaker tabung tetap prima dan berfungsi secara optimal. Tak hanya itu, tampilan motor anda juga akan terlihat lebih kece jika dibandingkan saat menggunakan shockbreaker biasa.

Untuk diketahui juga bahwa penggunaan shockbreaker tabung memiliki banyak keunggulan yang membuat pengendara motor semakin beruntung. Poin ini tak kalah penting untuk dikupas sebelum masuk ke perbedaan shockbreaker tabung atas dan bawah.

Adapun salah satu kelebihannya yaitu sangat sesuai untuk balap. Dengan kinerja shockbreaker yang responsif, pastikan anda tak melewatkan shockbreaker tabung saat ingin turun ke lintasan balap.

Penggunaan shockbreaker tabung tak akan membuat ban kehilangan cengkeraman pada aspal. Anda pun bisa berkendara secara aman dan nyaman.

Perbedaan Shockbreaker Tabung Atas dan Bawah

Shockbreaker tabung tersedia dalam dua model, yakni di bagian atas dan bawah. Model shockbreaker tabung ini memiliki perbedaan yang penting untuk dipahami setiap pemilik motor.

Adapun hal yang membedakan antara shockbreaker tabung atas dan bawah yaitu cara kerjanya. Hal ini sebagaimana yang sudah dijelaskan oleh Rio Tan selaku Manager Technical Support PT Enwan Multi Partindo (RCB Indonesia).

Menurut Rio Tan, jika shockbreaker tabung atas menerapkan cara kerja berupa pemompaan oli ke atas terlebih dahulu. Baru setelah itu akan ikut ke bawah.

Sementara untuk shockbreaker tabung bawah, sistemnya sudah langsung melewati as shockbreaker. Dibalik perbedaan shockbreaker tabung atas dan bawah ini, keduanya sama-sama berperan penting dalam menstabilkan redaman.

Hanya saja, shockbreaker tabung bawah terbukti lebih berkualitas daripada shockbreaker tabung atas. Hal ini dikarenakan kinerja shockbreaker tabung bawah lebih mumpuni.

Walau demikian, Rio Tan juga menambahkan bahwa hal tersebut juga dipengaruhi oleh merknya. Pasalnya, cara kerja shockbreaker tabung berbeda-beda di tiap merknya.

Begitupun dengan harganya. Biaya yang perlu anda keluarkan untuk mendapatkan shockbreaker tabung atas dan bawah juga berbeda. Pada umumnya, harga shockbreaker tabung bawah lebih mahal jika dibandingkan shockbreaker tabung atas.

Dengan anda mengetahui perbedaan shockbreaker tabung atas dan bawah ini pun, tentu anda bisa lebih cermat dalam memilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Cara Membedakan Shockbreaker Tabung Asli dan Palsu

Bicara soal shockbreaker tabung, tak sedikit pemilik sepeda motor yang takut dicurangi oleh oknum yang tak bertanggungjawab dengan menyediakan produk palsu.

Dengan menggunakan shockbreaker tabung palsu, tentu saja cara kerjanya tak bisa maksimal sebagaimana shockbreaker tabung asli. Alhasil, fungsinya tak akan banyak membantu dalam berkendara.

Perbedaan shockbreaker tabung asli dan palsu sendiri bisa diketahui dari titik lasnya. Pada umumnya, shockbreaker tabung asli yang baru tak memiliki bekas pengelasan di bagian dindingnya.

Meski begitu, tak bisa dipungkiri bahwa ada beberapa merk shockbreaker tabung asli yang memiliki bekas pengelasan.

Untuk memastikan apakah shockbreaker tabung bekas tersebut asli atau palsu, anda lihat saja tekstur pengelasannya. Apabila bekas pengelasannya halus, berarti shockbreaker tabung bekas tersebut memang asli.

Selain mengetahui perbedaan shockbreaker tabung atas dan bawah, anda juga jangan lewatkan cara membedakan shockbreaker yang asli dan palsu. Dengan begitu, berkendara akan terasa lebih menyenangkan. (R10/HR-Online)