Perluasan Kawasan Hijau di Lahan Calon Ibu Kota Negara

Perluasan Kawasan Hijau
Perluasan Kawasan Hijau di Kalimantan Timur. Foto: Istimewa

Perluasan kawasan hijau kini sedang dikembangkan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan fungsi kawasan hijau di kawasan calon ibu kota.

Perluasan ini mendapat tanggapan yang cukup positif. Hal ini memang perlu didukung karena menyangkut kawasan calon ibu kota.

Perluasan ini digunakan untuk mengembalikan kawasan hijau di daerah calon ibu kota. Hal ini juga sedang dipertimbangkan oleh pemerintah pusat.

Perluasan Kawasan Hijau di Lahan Calon Ibu Kota

Luas lahan yang ditambah ini sedang dipertimbangkan oleh pemerintah pusat. Mengingat lahan ini nantinya akan dijadikan sebagai ibu kota negara.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur juga telah merencanakan hal ini. Bahkan sudah meminta pemerintah pusat untuk menambah luasannya.

Perluasan lahan ini langsung mendapat tanggapan dari menteri terkait. Perluasan lahan ini diminta oleh pemerintah provinsi karena suatu alasan.

Salah satunya adalah menyelamatkan lahan yang perlu dijaga. Hal ini memang sangat baik dan perlu didukung.

Dengan begitu, lahan akan semakin luas. Kemudian fungsi kawasan hijau akan kembali meningkat.

Seperti yang diketahui bahwa fungsi lahan hijau sangat penting. Mengingat Kalimantan merupakan provinsi yang didominasi oleh lahan hijau.

Perluasan kawasan hijau ini membuat lahan lebih aman. Mengingat sebelumnya ada kritikan mengenai pemindahan ibu kota.

Pemindahan ini dianggap sebagai pengrusakan terhadap lahan hijau. Namun hal tersebut akan direvisi oleh pemerintah pusat.

Oleh karena itu, perluasan ini sangat mendapat banyak dukungan. Hal ini dikarenakan akan mengembalikan fungsi hijau Provinsi Kalimantan.

Perluasan Kawasan Hijau

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa akan ada perluasan. Nantinya perluasan ini akan menepis beberapa pendapat tentang pengrusakan lahan akibat pemindahan ibu kota.

Seperti yang diketahui bahwa Kalimantan merupakan gambaran dari paru-paru dunia. Jika ada pengrusakan lahan hijau, maka hal ini akan mengubah gambaran Kalimantan.

Namun hal ini ditepis dengan adanya perluasan terhadap kawasan hijau. Sehingga tidak akan ada pengrusakan lahan di Kalimantan.

Perluasan kawasan hijau ini membuat pemerintah lega. Karena dengan adanya perluasan, maka Kalimantan akan tetap memiliki lahan hijau.

Perluasan lahan ini juga disebut-sebut sebagai konsep pembangunan ibu kota. Hal ini membuat pembangunan ibu kota lebih lancar.

Terlebih lagi jika sudah memiliki konsep pembangunan. Bahkan perluasan ini memiliki tujuan yang lain. Beberapa diantaranya adalah penekanan lokasi penataan.

Lebih tepatnya adalah menghindari adanya pengalihan fungsi. Agar tidak ada pembukaan lahan baru.

Lahan di Kalimantan memang sangat menguntungkan. Oleh karena itu, perlu adanya pencegahan terkait dengan penggunaan lahan.

Perluasan kawasan hijau ini akan membuat provinsi semakin terlindungi. Terlebih lagi lahan tersebut milik negara.

Lahan hijau akan lebih aman dan tidak akan ada pengrusakan. Fungsi kawasan hijau akan kembali seperti semula.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur meminta perluasan menjadi 400 ribu hektare. Luasan ini memang ditujukan untuk pengembalian fungsi kawasan hijau.

Jadi, pemindahan ibu kota tidak akan merusak lahan hijau. Tetapi sebaliknya, pemerintah akan mengembalikan fungsi lahan hijau.

Seperti yang diketahui bahwa akan ada penambahan luas lahan. Hal ini tentunya memerlukan penataan ulang.

Karena bisa jadi lahan hijau tersebut sudah digunakan untuk pemukiman warga. Oleh karena itu, perluasan ini akan membutuhkan penataan ulang.

Lahan perluasan tersebut tidak akan dibangun apapun. Karena lahan perluasan memang ditujukan untuk penghijauan.

Perluasan Kawasan Hijau Untuk Peningkatan Lahan Hijau

Penambahan lahan menjadi 400 ribu hektare memang sangat luas. Dengan perluasan ini, Kalimantan tetap menjadi gambaran paru-paru dunia.

Setelah mendapat perluasan lahan hijau, maka pemerintah akan meneruskan rencananya. Banyak infrastruktur yang nantinya akan dibangun.

Seperti yang diketahui bahwa pemindahan ibu kota memerlukan rencana yang sangat matang. Ada beberapa tahapan pembangunan yang akan dilakukan oleh pemerintah. Hal ini terkait dengan pembangunan beberapa gedung penting.

Dengan adanya perluasan ini, maka lahan hijau akan semakin bertambah. Kemudian tidak akan ada spekulasi mengenai pengrusakan lahan.

Perluasan ini akan membuat lahan hijau semakin terawat dan aman. Terlebih lagi jika lahan tersebut milik negara.

Perluasan kawasan hijau memang tindakan yang tepat. Pemerintah pusat juga dianggap tepat dengan memberikan perluasan lahan hijau ini. (R10/HR-Online)