Peserta Jalan Sehat di Ciamis Diajak Pungut Sampah

jalan sehat di Ciamis
Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, menyerahkan kantong untuk memungut sampah kepada peserta jalan sehat, Minggu (8/12/2019). Foto: Humas Ciamis.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Jalan sehat mewarnai kemeriahan peringatan Hari Ibu dan HUT PKK di Ciamis Minggu (8/12/2019). Kegiatan dilaksanakan tim penggerak PKK Ciamis dan Pemkab Ciamis.

Ribuan masyarakat ikut berbondong-bondong dalam kegiatan jalan sehat dengan berbagai hadiah menarik seperti motor, televisi, dan lainnya itu.

Namun, ada yang berbeda dari kegiatan jalan sehat kali ini. Para peserta diajak untuk memungut sampah di sepanjang perjalanan start sampai finish.

Peserta jalan sehat dilepas Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, di halaman Pendopo dan finish di halaman Pendopo Bupati pula.

Selepas star, para peserta jalan sehat diberi kantong kresek oleh panitia. Dalam perjalanan, peserta diharuskan memungut sampah dan memasukan ke kantong kresek. Di garis akhir sampah yang ada di kantong diberikan kepada petugas Dinas Kebersihan.

Sebanyak 10 peserta yang berhasil mengumpulkan sampah terbanyak mendapat berbagai hadiah dari panitia seperti, dispenser, helm, rice cooker dan kipas angin.

Rute yang dilalui peserta sekitar 3 kilometer, dimulai dari halaman Pendopo menuju jalan RE Martadinata, kemudian masuk ke Maleber, masuk lagi ke Jalan Siliwangi. Dari jalan Siliwangi keluar di jalan Jenderal Sudirman lalu kembali ke Pendopo.

“Dalam jalan sehat ini, peserta harus membersihkan sampah sepanjang jalan yang dilalui, panitia menyediakan hadiah untuk peserta yang memungut sampah paling banyak,” ungkap Bupati Ciamis Herdiat Sunarya saat melepas peserta jalan sehat.

Menurut Herdiat, jalan sehat kali ini selain membuat badan sehat, juga bertujuan untuk kampanye hidup sehat dengan memungut sampah agar wilayah perkotaan Ciamis bersih dari sampah.

“Saat ini sudah masuk musim hujan. Makanya sampah harus dibersihkan utamanya di saluran drainase atau selokan, karena akan menjadi penyebab utama banjir,” katanyanya. (Jujang/R7/HR-Online)

Loading...