Pohon Kelapa Ditanam Kembali di Areal Monumen Panji Siliwangi Ciamis

Pohon Kelapa Penyelamat panji Siliwangi
Dandim 0613 Ciamis saat menanam kembali pohon kelapa di lokasi pohon kelapa bersejarah di areal monumen Panji Siliwangi Dusun Cirikip, Desa Cinyasag, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Peringatan Hari Juang Kartika ke-74 di Ciamis, Jawa Barat, menyimpan cerita tersendiri bagi warga Dusun Cirikip, Desa Cinyasag, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis.

Pasalnya, pada hari tersebut, monument Panji Siliwangi yang sempat terbengkalai dihidupkan kembali. Monumennya diperbaiki dan dicat sehingga lebih cerah.

Selain itu, Pemkab Ciamis sebelumnya juga sudah memperbaiki jalan menuju Monumen bersejarah di Ciamis ini.

Hal yang istimewa adalah ditanamnya kembali pohon kelapa di lokasi pohon kelapa bersejarah tempat menyembunyikan Panji Siliwangi.

Sebelumnya, pohon kelapa penyelamat Panji Siliwangi milik almarhum Suhnawi di Dusun Cirikip itu musnah. Konon pohon itu digunakan Suhnawi untuk menyembunyikan Panji Siliwangi yang diincar penjajah belanda.

Ilyas, anak almarhum Sunahwi, menjelaskan, pohon kelapa yang dinobatkan sebagai penyelamat Panji Siliwangi tumbang akibat diterpa angin kencang pada pertengahan tahun 2003 lalu.

Bagian pohon kelapa yang tersisa selalu dirawat dan dijaga oleh Ilyas. Namun, batang pohon yang hanya tersisa sepanjang 2 meter itu, lama kelamaan menjadi keropos sehingga akhirnya musnah menjadi tanah.

Pohon kelapa yang ditanam oleh Dandim 0613 Ciamis, Letkol INF Tri Arto Subagio tersebut sebagai pengganti pohon kelapa penyelamat Panji Siliwangi yang sudah hilang.

“Alhamdulillah dengan adanya Hari Juang Kartika yang ke-74, tepat di lokasi pohon yang dulu tumbuh itu, bapak Dandim 0613 Ciamis, Letkol INF Tri Arto Subagio, menanamnya kembali dengan pohon kelapa,” ujar Ilyas, Selasa (2/12/2019) lalu.

“Mudah-mudahan saja bisa cepat tumbuh subur sehingga bisa menjadi penggantinya, meski hanya ‘duplikatnya’ saja” kata Ilyas. (Edji/R7/HR-Online)

Loading...