Pohon Tumbang ke Tengah Jalan Cijeungjing Ciamis, Lalu Lintas Macet Total

Pohon Tumbang
Warga sedang membersihkan dahan-dahan pohon yang jatuh ke tengah Jalan Raya Cijeungjing Ciamis, Sabtu (7/12/2019). Foto: Eli Suherli/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Akibat diterjang angin yang disertai hujan, pohon yang berada di sepanjang jalan Cijeungjing tumbang menutupi Jalan Raya, Sabtu (7/12/2019). Arus lalu lintas di Jalan Raya Ciamis-Banjar pun macet.

Maman, warga sekitar, ketika ditemui HR Online, mengatakan, wilayah Cijeungjing sudah diguyur hujan sejak pukul 13.00 WIB siang. Hujan lebat disertai angin kencang itu membuat pepohonan yang berada di pinggir jalan patah dan jatuh ke tengah jalan.

“Hujan lebat dan juga angin berlangsung sekitar dua jam lebih, lalu menumbangkan pohon-pohon yang ada di sisi jalan sepanjang jalan Cijeungjing, dari mulai Cijantung hingga Perbatasan Selamat Datang,” ungkap Maman.

Kata maman, karena pepohonan yang tumbang tersebut menutupi jalan, laju lalu lintas macet total. Warga kemudian berinisiatif langsung membersihkan pohon dengan alat seadanya untuk menyingkirkan batang kayu yang menutupi jalan.

Lebih lanjut kata Maman, untuk menghindari kemacetan, karena jalan tidak bisa dilalui, akhirnya warga mengalihkan kendaraan ke jalan Ciharalang. Hal itu untuk menghindari kemacetan ketika pohon tumbang masih dibersihkan.

“Warga bergotongroyong melakukan pemangkasan pohon dan menyingkirkan ke sisi jalan supaya kendaraan bisa lewat, hingga sekarang evakuasi masih terus dilakukan warga untuk membersihkan kayu-kayu yang menghalangi jalan,” jelasnya.

Maman melanjutkan, pohon yang tumbang tidak hanya menutupi jalan, namun juga menimpa jalur kabel PLN dan jalur Telkom.

“Bahkan warung yang terletak di depan Sukasenang atapnya hancur tertimpa pohon jati. Warga tidak bisa membersihkan pohon jati tersebut karena membutuhkan alat pemotong kayu,” kata Maman.

Maman menambahkan, selang beberapa menit akhirnya tim dari BPBD Ciamis datang ke lokasi untuk melakukan pemangkasan kayu yang menghalangi jalan. Beberapa pohon tumbang dan bukan hanya dahannya saja yang patah. (ES/R7/HR-Online)

Loading...