Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaArtikelPrakiraan Cuaca Tahun Baru 2020, BMKG: Waspadai Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi

Prakiraan Cuaca Tahun Baru 2020, BMKG: Waspadai Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi

Prakiraan cuaca tahun baru 2020 diunggah Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di situs resminya.

BMKG menyebutkan sejumlah daerah di Indonesia bakal menghadapi cuaca ekstrim menjelang pergantian tahun 2019 menuju tahun 2020.

Selain hujan lebat di beberapa daerah di Indonesia, sejumlah pantai juga diperkirakan bakal terjadi gelombang tinggi. Sehingga bagi Anda yang berencana menghabiskan malam tahun baru 2020 di pantai diimbau untuk waspada.

Curah hujan yang cukup tinggi bakal terjadi di sebagian besar wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Kepala BMKG, Dr Dwikorita Karnawati menjelaskan prakiraan cuaca tahun baru 2020 yang diprediksi bakal hujan lebat lantaran Monsun Asia.

Badai yang disebut Monsun Asia ini berpengaruh terhadap peningkatan massa udara basah, pola konvergensi, dan hembusan angina di sejumlah wilayah.

Bukan itu saja, suhu permukaan laut di perairan Indonesia juga diperkirakan lebih hangat. Hal ini mendorong pertumbuhan awan yang mengakibatkan hujan di sejumlah wilayah Indonesia.

Karena itu, Dwikorita mengimbau agar masyarakat Indonesia senantiasa waspada hujan lebat pada tahun 2020.

Dia menyebutkan pada malam pergantian tahun 2019 menuju 2020 hujan bakal terjadi di wilayah Kepulauan Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Bengkulu, Jambi, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Aceh.

Sementara di Pulau Jawa, hujan lebat juga bakal melanda sebagian besar wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur pada malam tahun baru 2020.

Selain pulau Jawa dan Sumatera, BMKG juga merilis prakiraan cuaca tahun baru 2020. Disebutkan hujan lebat bakal terjadi dari siang sampai sore hari di sejumlah wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua, dan Papua Barat.

Prakiraan Cuaca Tahun Baru 2020, BMKG Peringatkan Warga di Pesisir Pantai

Kepala BMKG, Dwikorita juga memperingatkan warga pesisir pantai, baik nelayan maupun wisatawan. Pasalnya pada malam tahun baru 2020 berpotensi terjadi gelombang tinggi mencapai 4 meter.

Gelombang tinggi di sejumlah pantai diperkirakan mencapai 1,25 sampai 2,5 meter, diantaranya diperkirakan bakal terjadi di sejumlah perairan Barat dari Aceh sampai Kepulaian Mentawai dan Perairan Barat Lampung.

Waspada juga gelombang tinggi yang berpeluang terjadi di Selat Sunda bagian Selatar, perairan selatan Jawa sampai NTB dan Selat Bali.

Begitupun dengan perairan di Laut Maluku, Laut Halmahera sampai perairan Utara Papua Barat sampai Papua.

Prakiraan cuaca tahun baru 2020 juga disebutkan BMKG bakal terjadi gelombang tinggi mulai 2,5 meter sampai 4 meter di Perairan Selatan Jawa Tengah sampai Sumbawa.

Gelombang tinggi sampai 4 meter juga berpeluang terjadi di Samudra Hindia bagian Selatan Jawa Tengah, Sumba dan Laut Natuna Utara.

BMKG melalui Dwikorita mengimbau masyarakat Indonesia waspada adanya potensi bencana di sejumlah wilayah.

Hujan yang disertai angin kencang bisa membuat pohon ataupun baliho tumbang. Sehingga hindari berlindung di bawah pohon atau baliho saat hujan. Begitupun ketika hujan petir agar tidak berlindung di bawah pohon.

Sementara nelayan diimbau agar menunda kegiatan melaut sampai gelombang tinggi mereda. Bagi wisatawan, jika hujan sebaiknya tidak memaksa berenang di pantai.

Itulah prakiraan cuaca tahun baru 2020. Selamat berlibur. (Ndu/R7/HR-Online)