Prospek Investasi Properti Meningkat Tajam Tiap Tahun

prospek investasi properti meningkat
Ilustrasi investasi properti. Foto: Ist/Net

Prospek investasi properti meningkat, tentu saja hal ini tidak lepas dari dukungan dan keterlibatan pemerintah serta instansi terkait lainnya. Misalnya saja, untuk kawasan industri diperlukan kebijakan dari beberapa kementerian.

Sektor properti akan selalu menjadi pilihan instrumen investasi yang menarik. Baik itu untuk kalangan investor domestik maupun asing.

Diyakini Prospek Investasi Properti Meningkat

Investasi properti hingga kini makin banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Karena, mereka beranggapan bahwa properti dinilai lebih stabil dan aman. Selain itu, investasi ini juga mempunyai keuntungan yang besar dalam jangka panjang.

Berdasarkan survey dari Bank Indonesia per Juli 2019, generasi umur 20 sampai 40 tahun yang berminat investasi properti sebanyak 24,29%.

Sedangkan untuk investasi emas sebanyak 18,38% dan deposito 3,86%. Sementara ketertarikan investasi saham paling tinggi, yakni 43,93%.

Perubahan perilaku debitur KPR mengalami peningkatan yang signifikan. Banyak debitur usia muda yang mendominasi pangsa pasar KPR.

Hal ini terjadi karena akses KPR kini dapat dijangkau dengan mudah. Dapat dilakukan secara online disertai dengan uang muka dan angsuran yang cukup terjangkau.

Selain itu, pihak bank juga telah melakukan bermacam-macam skema pembayaran sehingga prospek investasi properti meningkat.

Upaya ini dilakukan sebagai stimulus untuk mempermudah generasi muda mengakses properti. Diantaranya adalah dengan memperpanjang jangka waktu KPR.

Perbankan juga telah melakukan study banding dengan bank luar negeri yang bergerak di bidang perumahan. Untuk menggali peran sektor informal dan generasi muda dalam bisnis properti juga telah diadakan seminar.

Prospek Investasi Properti Meningkat, Apa Saja Keuntungannya

Properti merupakan salah satu investasi yang tidak ada matinya. Investasi properti menjadi salah satu tolok ukur kesuksesan seseorang. Banyak keuntungan yang diperoleh dengan berinvestasi properti, diantaranya sebagai berikut:

Harga Properti Selalu Meningkat

Dari waktu ke waktu, baik properti dalam bentuk bangunan atau tanah hampir selalu mengalami peningkatan. Hal ini dikarenakan permintaan lebih banyak bila dibandingkan persediaan.

Masyarakat banyak membutuhkan hunian atau tempat usaha. Bahkan, kenaikan dari harga properti melebihi kenaikan pada inflasi.

Oleh sebab itu, membeli properti tidak ada ruginya. Anda akan mendapatkan keuntungan yang tidak terduga karena prospek investasi properti meningkat tiap waktunya.

Menyewakan Property

Jika anda tidak ingin menjualnya, maka pilihan lain adalah menyewakan. Properti berupa tanah atau bangunan dapat disewakan sehingga akan memberikan keuntungan tersendiri.

Anda akan terus mendapat keuntungan dari waktu ke waktu. Selama properti tersebut anda sewakan pada orang dalam jangka waktu yang tak terbatas, dengan status kepemilikan milik anda.

Menjual di Kemudian Hari

Melakukan penjualan adalah salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan investasi properti. Dari waktu ke waktu, harga properti selalu meningkat tajam. Selisih harga tersebut tentu saja akan menjadi keuntungan yang besar bagi anda.

Investasi Jangka Panjang

Properti memiliki karakter yang tahan lama apabila dibandingkan dengan deposito, emas atau investasi lain. Bisnis properti memiliki jangka waktu yang lumayan lama.

Saat memasuki usia lanjut, bisanya akan membutuhkan biaya yang besar terutama untuk masalah kesehatan. Biaya pendidikan untuk anak-anak pun dari tahun ke tahun semakin meningkat.

Maka dari itu, properti dirasa cukup ideal untuk investasi jangka panjang karena prospek investasi properti meningkat.

Cenderung Beresiko Rendah

Alasan mengapa investasi di bidang properti begitu menjanjikan adalah karena memiliki resiko yang rendah. Jika dapat mengelola dengan baik, maka resiko tinggi investasi properti dapat dihindari.

Pergerakan investasi properti tidak terlalu sensitif. Tidak seperti dalam investasi ekuitas. Apabila mengalami penurunan, tidak terlalu drastis seperti mata uang ataupun instrumen investasi lainnya.

Untuk investor pemula, properti atau real estate sangat cocok karena memiliki tingkat resiko yang rendah. Investasi dapat berupa rumah atau apartemen di kota besar yang diminati banyak orang.

Dijadikan Jaminan Pinjaman

Memiliki properti dapat digunakan untuk mendapatkan modal dan memulai sebuah usaha. Jaminan properti biasanya menjadi prioritas bagi kebanyakan lembaga perkreditan.

Kemudian uang tersebut dapat anda putar lagi untuk usaha lainnya. Atau bisa juga untuk menambah properti lagi jika menginginkannya.

Melihat prospek investasi properti meningkat dari waktu ke waktu, anda dapat memanfaatkan peluang ini.

Pilihlah daerah yang mempunyai potensi dan akan mengalami perkembangan pesat. Baik itu dalam bidang niaga maupun ekonomi. (R10/HR-Online)

Loading...