Pusing Terlilit Hutang, Jauhi Kebiasaan Buruk Ini Segera!

Solusi Pusing terlilit hutang
Ilustrasi Pusing terlilit hutang. Foto: Net/ist

Pusing terlilit hutang menjadi salah satu dilema bagi sebagian orang. Apalagi jika jumlahnya utangnya itu sangat besar hingga tak terbayang bagaimana cara membayarnya.

Perlu diketahui, orang melakukan utang memiliki latar belakang yang berbeda-beda, ada yang karena sedang dalam kondisi terjepit untuk memenuhi kebutuhan ataupun karena gaya hidup.

Kendati demikian, jika Anda pusing terlilit hutang perlu solusi yang tepat agar Anda tidak terjebak lagi, apalagi jika jumlahnya besar.

Solusi Pusing Terlilit Hutang

Semua utang atau sesuatu yang dipinjam oleh Anda dari orang lain wajib hukumnya dibayar sesuai dengan kesepakatan. Terkecuali si pemberi utang menyatakan lunas.

Untuk solusi supaya Anda tidak terjerumus dalam lingkaran utang, Anda bisa melakukan hal-hal di bawah ini dan berkomitmen pada diri sendiri untuk berubah.

Membenahi Gaya Hidup

Gaya hidup menjadi salah satu faktor yang membuat Anda pusing terlilit hutang. Pasalnya, di zaman yang serba digital ini Anda diiming-imingi kemudahan untuk membeli apapun dengan hanya memencet layar di smartphone.

Selain itu, seseorang yang sangat memprioritaskan gaya hidup di dalam kehidpan sehari-harinya tanpa berpikir panjang bagaimana pemasukannya, ini berpotensi besar terjerat utang.

Untuk mengatasi hal ini, Anda harus kembali berpikir berapa pemasukan dan pengeluaran setiap hari maupun per bulannya. Hal ini untuk menyadarkan Anda pada kondisi keuangan sebenarnya.

Jika Anda lebih mementingkan keinginan daripada kebutuhan, sebaiknya tahanlah terlebih dahulu segala keinginan yang akan dicapai, lebih baik prioritaskan kebutuhan terlebih dahulu agar Anda tidak pusing lagi.

Mencatat Pengeluaran

Agar keuangan Anda tetap terpantau dengan baik, sebaiknya mencatatkan setiap pemasukan maupun pengeluaran. Apalagi jika Anda memiliki tagihan.

Melalui manajemen keuangan yang baik ini, Anda akan lebih mudah mengontrol uang Anda hingga akhirnya utang pun dapat diatasi.

Jangan Telat Batar Tagihan

Jika Anda tidak ingin pusing terlilit hutang, maka ketika akan membayarkan tagihan diusahakan jangan sampai telat. Sebab, teledor dalam pembayaran bisa membuat pembayaran semakin bengkak karena denda.

Karena itu, bayarlah tepat waktu semua tagihan Anda agar ke depannya bisa lebih tenang dari jeratan utang.

Mencicil sesuai kemampuan

Agar Anda tidak pusing terlilit hutang selanjutnya cicillah sesuatu sesuai dengan kemampuan. Sebaliknya jika Anda di luar kemampuan, hindari agar Anda tidak terjerat utang yang membengkak. (Muhafid/R6/HR-Online)

Loading...