Raih Akreditasi Bintang 4, Pelayanan BLUD RSU Kota Banjar Semakin Meningkat

Pelayanan BLUD RSU Kota Banjar Semakin Meningkat
Pelayanan terhadap pasien di RSUD Kota Banjar. Foto : RSU Kota Banjar

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Banjar, sudah mengantongi Akreditasi Bintang Empat atau Tingkat Utama versi Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS), yang penilaiannya dilakukan tim independen Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

“Alhamdulillah RSU Kota Banjar sudah Akreditas Utama Bintang Empat. Bahkan rumah sakit lain masih ada yang madya, pratama,” ucap Wakil Direktur Pelayanan RSU Kota Banjar Purkon. S.Kep, Ners, MM Kes, MH.Kes., didampingi Kasubag Hukum, Publikasi, Perpustakaan dan Informasi BLUD RSU Kota Banjar, Adang Permana kepada HR Online, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (02/12/2019).

Purkon menambahkan, dengan akreditasi tingkat utama ini, maka standar pelayanan RSU Banjar otomatis dinilai setara standar pelayanan nasional tingkat utama.

Berita Terkait : Peserta BPJS yang Penyakit Jantung Sudah Bisa Dilayani di RSU Kota Banjar

Purkon juga mengatakan, pihaknya akan terus berupaya memberikan pelayanan kesehatan yang baik bagi masyarakat Kota Banjar dan sekitarnya. Dan pembenahanpun terus dilakukan secara bertahap.

Pasalnya, setelah lulus Akreditas Utama Bintang Empat, bukan berarti tidak dimonitoring lagi oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit.

Bahkan, kata Purkon, Jum’at (15/11/2019), Tim Surveior dari KARS ini datang ke RSU Kota Banjar. Tujuannya untuk memonitoring pelayanan RSU Kota Banjar yang telah mendapatkan predikat Utama Bintang 4 pada Desember 2018 lalu.

“Jadi setelah satu tahun kita diverifikasi untuk melihat konsistensi pelaksanaan yang sudah terakreditasi, dan perbaikan-perbaikan yang direkomendasikan tim surveior dari KARS,” jelasnya.

Selama 2 hari, tim surveior ini memberikan catatan-catatan ke RSU Banjar yang harus diperbaiki. Dua tim surveior itu untuk melihat apakah rekomendasi-rekomendasi yang sudah diberikan tim surveior dulu pada saat akreditasi dilaksanakan atau tidak.

“Apakah hal-hal yang sudah bagus dulu tetap konsisten dijalankan sesuai dengan kebijakan, pedoman, dan lainnya,” tuturnya.

Purkon menambahkan, bahwa verifikasi ini rutin setiap tahun, dan nanti tahun 2020 yang verifikasi kedua. Sedangkan di tahun 2021 harus re-akreditasi (akreditasi ulang).

“Saat re-akreditasi nanti, semua dilihat kembali dalam rangka menjamin konsistensi kualitas pelayanan yang berkesinambungan,” katanya.

Oleh karena itu, di RSU Kota Banjar ada Komite Mutu dan Keselamatan Pasien. Komite ini secara terus menerus melakukan penilaian dan evaluasi terhadap pelayanan rumah sakit.

“Jadi nanti melalui kesepakatan di rapat Komite Mutu dan Keselamatan Pasien, maka disitulah kita menyepakati mana saja yang menjadi prioritas,” imbuhnya.

Sementara untuk prioritas tahun ini, lanjutnya, adalah syaraf (neurologi) dan tahun depan dimungkinkan pelayanan jantung.

“Nanti kita lihat hasil dari penilaian Komite Mutu, jika pelayanan syaraf sudah bagus maka mungkin tahun depan prioritaskan pelayanan jantung. Karena Cath Lab di RSU Banjar ini pertama di Priangan Timur, yang sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan,” pungkasnya. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...