Rantai Motor Berisik? Cari Tahu Penyebab dan Solusinya di Sini!

rantai motor berisik
Rantai motor terdengar berisik karena ada gangguan. Foto: Ist/Net

Apakah anda pernah mengalami rantai motor berisik dan tersendat-sendat? Jika iya, anda pasti tahu bagaimana rasa tidak nyaman yang ditimbulkannya.

Tak hanya itu, anda pasti akan merasa was-was selama berkendara. Segala kemungkinan pasti terpikirkan oleh anda, mungkinkah rantai akan putus atau ada sesuatu hal yang salah pada motor anda.

Saat pecinta otomotif mengalami masalah ini, pasti akan langsung membawanya ke bengkel. Meski praktis, namun cara ini tentunya boros pengeluaran.

Tanpa harus dibawa ke bengkel, sebenarnya rantai motor yang berisik bisa diatasi sendiri secara mudah. Namun sebelum mengetahui solusinya, ketahui dulu apa saja penyebabnya.

Penyebab Rantai Motor Berisik

Ada banyak hal yang menyebabkan rantai motor menjadi berisik. Langsung saja, berikut beberapa hal tersebut.

Kurang Pelumas

Salah satu penyebab berisiknya rantai pada motor yaitu kurangnya pelumas di rantai. Jika pelumasnya kurang, maka akan timbul gesekan dengan gir saat rantainya berputar. Tak heran jika rantainya akan berbunyi.

Setelan Tidak Pas

Hal lain yang juga bisa menyebabkan rantai motor terdengar mengganggu yaitu setelan yang tak pas. Rantai yang dipasang terlalu kendur maupun terlalu kencang bisa menimbulkan bunyi yang mengganggu.

Ada Kotoran

Selain karena setelah tidak pas, berisiknya rantai pada motor bisa juga karena ada debu atau kotoran. Jika tak segera ditangani, maka kotoran tersebut akan menggumpal dan pada akhirnya merusak rantai.

Selain mengganggu fungsi rantai, kotoran yang menempel juga bisa merusak tampilannya. Maka dari itu, pastikan anda jaga kebersihannya secara berkala.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Setelah anda mengetahui beberapa hal yang menyebabkan rantai motor menjadi berisik, pastikan anda juga pahami bagaimana cara mengatasinya.

Dengan anda mengetahui dan mempraktekannya, maka anda tak hanya bisa menghilangkan suara berisik, akan tetapi juga mengembalikan kualitas dan menjaga fungsinya.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut adalah beberapa cara jitu mengatasi rantai motor berisik selengkapnya untuk anda.

Memberikan Pelumas

Sebagaimana yang sudah kita tahu, salah satu penyebab motor rantai menjadi berisik yaitu kurangnya pelumas. Maka dari itu, anda bisa langsung mengatasinya dengan memberikan pelumas.

Supaya hasilnya memuaskan, anda bisa memberikan pelumas dengan kualitas yang bagus dan sesuai dengan kendaraan bermotor anda.

Selain itu, lakukan pelumasan motor secara rutin setiap minggu. Dijamin rantai motor akan lancar dan tak berbunyi lagi.

Semprotkan Cairan Penetran

Solusi lain yang juga bisa anda lakukan untuk mengatasi rantai motor berisik yaitu menyemprotkan cairan penetran. Cairan penetran atau minyak tanah terbukti mampu merontokan kotoran yang ada di rantai.

Guna mendapatkan hasil yang optimal, anda juga bisa manfaatkan sikat gigi atau sikat khusus untuk membersihkannya. Pastikan anda melakukannya secara perlahan.

Beri Cairan Chain Lube

Cairan chain lube juga terbukti efektif untuk menghilangkan suara berisik pada rantai motor. Untuk memanfaatkannya, anda hanya perlu mengoleskannya ke rantai.

Namun sebelum dilumasi, anda bisa mengeringkan rantai motor terlebih dahulu. Dalam hal ini, anda bisa menggunakan kain lap yang bersih.

Jika sudah, anda baru bisa melumasinya. Anda semprotkan saja cairan chain lube pada mata gear. Selain itu, oleskan juga pada rantainya. Pastikan anda mengaplikasikan cairan chain lube secara merata.

Jangan Gunakan Oli Bekas

Dalam melumasi rantai motor, anda jangan coba-coba menggunakan oli bekas. Hal ini dikarenakan oli bekas mengandung kotoran yang didapatkan dari proses pelumasan mesin.

Penggunaan oli bekas pun hanya akan semakin memperburuk kondisi rantai motor. Terlebih lagi, oli motor justru memudahkan debu dan kotoran menempel di rantai.

Lakukan Penyetelan

Seperti yang kita tahu, rantai motor berisik apabila penyetelannya tidak pas. Maka dari itu, anda harus melakukan penyetelan ulang.

Pastikan rantai motor terpasang dengan baik. Dalam artian, pemasangan rantai motor tidak kendur maupun tak terlalu kencang.

Dengan anda melakukan beberapa solusi di atas, maka anda bisa menjaga tampilan dan keawetan rantai motor anda.

Kita semua pasti tahu bahwa pada dasarnya rantai mampu menentukan usia pakai motor. Maka dari itu, menjaga rantai tentu wajib bagi setiap pemilik motor.

Perjalanan pun akan senantiasa aman, nyaman, dan menyenangkan karena tak ada lagi masalah seputar rantai motor berisik. (R10/HR-Online)

Loading...