Minggu, Februari 5, 2023
BerandaBerita PangandaranRekomendasi Tempat Wisata di Pangandaran, Selain Pantai Ada Museum Nyamuk Lho!

Rekomendasi Tempat Wisata di Pangandaran, Selain Pantai Ada Museum Nyamuk Lho!

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Rekomendasi tempat wisata di Pangandaran, dari mulai pantai hingga Desa Wisata yang menarik untuk dikunjungi pada musim liburan kali ini. ada 8 rekomendasi tempat wisata di Pangandaran, Jawa Barat, yang patut kamu kunjungi.

Bagi kamu yang ada di daerah Jakarta dan Bandung, kini traveling ke kawasan wisata Pangandaran dapat dijangkau dengan Kereta Api (KA) Pangandaran relasi Gambir-Kota Banjar. Dari Kota Banjar perjalanan ke Kabupaten Pangandaran dilanjutkan dengan menggunakan bis.

8 Rekomendasi Tempat Wisata di Pangandaran

Pantai Karapyak

Rekomendasi tempat wisata di Pangandaran, dari mulai pantai hingga Desa Wisata yang menarik untuk dikunjungi pada musim liburan kali ini.. Photo: Istimewa.

Kawasan obyek wisata Pantai Karapyak di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, bisa menjadi salah satu tujuan wisata bagi wisatawan yang berkunjung ke Pangandaran.

Pantai Karapyak lokasinya sekitar 15 kilometer dari Pantai Pangandaran. Sangat mudah diakses oleh sepeda motor maupun mobil.

Alamnya masih perawan membuat Pantai Karapyak begitu memesona, sehingga tak heran kini menjadi primadona bagi sebagian wisatawan, baik lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Pangandaran.

Di lokasi wisata tersebut para wisatawan tidak hanya bisa menikmati pesona pantai yang eksotik saja, tapi juga dapat menikmati sajian kuliner khas Pangandaran.

Pantai Pangandaran

Rekomendasi tempat wisata di Pangandaran, dari mulai pantai hingga Desa Wisata yang menarik untuk dikunjungi pada musim liburan kali ini. Photo: Eva/HR.

Pantai Pangandaran menjadi primadona wisata pantai yang ada di Jawa Barat. Tak heran, obyek wisata tersebut menjadi favorit para wisatawan lokal maupun mancanegara saat berlibur di Pangandaran.

Selain berenang, di tempat wisata Pantai Pangandaran banyak kegiatan serta fasilitas yang ditawarkan kepada pengunjung, seperti perahu siar, menyelam, jet ski, memancing, dan berkeliling kawasan wisata dengan sepeda.

Pasir Putih

Rekomendasi tempat wisata di Pangandaran, dari mulai pantai hingga Desa Wisata yang menarik untuk dikunjungi pada musim liburan kali ini. Photo: Istimewa.

Pasir Putih Pangandaran menjadi primadona bagi wisatawan yang berlibur di Pangandaran. Keberadaan bangkai kapal di sekitar Pasir Putih adalah salah satu daya tariknya.

Di lokasi tersebut wisatawan bisa berfoto selfie di dekat bangkai kapal, dengan hamparan pasir putih yang menghiasi kawasan tersebut membuat hasil foto pun tampak eksotik dan instagramable.  

Cagar Alam Pangandaran

Cagar Alam Pangandaran. Photo: Dok. HR Online.

Rekomendasi tempat wisata di Pangandaran berikutnya adalah Cagar Alam yang dikelola Perum Perhutani. Tempat tersebut merupakan kawasan konservasi yang di dalamnya terdapat flora dan fauna seperti rusa, kera, dan banteng.

Selain itu, terdapat pula beberapa goa bersejarah peninggalan zaman penjajahan Jepang. Ada pula Goa Rengganis yang ceritanya melegenda.

Menurut kepercayaan yang berlangsung hingga saat ini, konon mata air Cirengganis bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Selain itu, di kawasan Cagar Alam Pangandaran pengunjung juga dapat menyusuri jejak sejarah beberapa peninggalan dan cagar budaya, seperti situs Kerajaan Galu, dan situs Agama Hindu.

Desa Wisata Nelayan

Museum Nyamuk di Desa Wisata Babakan, Pangandaran. Photo: Istimewa.

Kawasan ini merupakan desa wisata bertema nelayan yang layak dijadikan rekomendasi tempat wisata saat berlibur di Pangandaran.

Lokasinya berada di Desa Babakan. Di desa ini terdapat lima dusun yang memiliki karakter serta ciri khas berbeda-beda.

Desa Wisata Nelayan menawarkan perjalanan wisata menyusuri setiap dusun yang memiliki beragam sentra produksi, seperti pembuatan ikan asin, pengolahan udang ebi, pembuatan gula merah, kerajinan dan lainnya.

Wisata Sungai

Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati wisata sungai menggunakan perahu untuk melihat perkampungan nelayan, yang mempunyai ciri khas di belakang rumah mereka tertambat perahu.

Di Desa Babakan pengunjung juga bisa mengunjungi Museum Nyamuk pertama di Indonesia, dan hanya ada di Kabupaten Pangandaran.

Terdapat pula kawasan konservasi mangrove berikut saung edukasinya. Tersedia juga sentra oleh-oleh terbesar yang ada di Kabupaten Pangandaran.

Konservasi Penyu

Konservasi penyu. Photo: Dok. HR Online.

Pangandaran juga memiliki konservasi penyu yang lokasinya berada di Batu Hiu, salah satu obyek wisata pantai di Kabupaten Pangandaran.

Di tempat tersebut pengujung bisa melihat sekitar lima jenis penyu, sekaligus mendapatkan pengetahuan tentang penyu.

Bahkan, pengunjung bisa langsung berinteraksi dengan penyu-penyu mulai ukuran terkecil sampai ukuran terbesar yang ada di tempat ini.

Green Canyon

Green Canyon Pangandaran. Photo: Istimewa.

Rekomendasi tempat wisata di Pangandaran selanjutnya ada Cukang Taneuh atau dikenal dengan sebutan Green Canyon, plesetan dari Grand Canyon di Colorado, Amerika Serikat.

Tempat ini menjadi destinasi favorit wisatawan ketika berkunjung ke Pangandaran. Lokasinya berada di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang.

Kawasan wisata Green Canyon terbentuk dari erosi tanah selama jutaan tahun akibat aliran Sungai Cijulang menembus goa, dengan stalakmit dan stalaktit yang memesona, diapit dua bukit bebatuan serta pepohonan yang rimbun.

Goa Lanang Selasari

Goa Lanang Selasari. Photo: Istimewa.

Goa Lanang di Desa Selasari, Kecamatan Parigi adalah rekomendasi tempat wisata di Pangandaran yang layak kamu kunjungi jika liburan di Pangandaran.

Jarak tempuh dari kawasan obyek wisata Pantai Pangandaran ke lokasi Goa Selasari butuh waktu sekitar 1,5 jam perjalanan.

Goa Selasari sepanjang 360 meter itu di dalamnya terdapat banyak kelelawar yang memenuhi dinding atas goa.

Sementara itu, dalam perjalanan di sungai, kamu dapat menikmati pemandangan alam pedesaan yang asri dan unik. Ini menjadikannya pengalaman paket body rafting yang ditawarkan obyek wisata tersebut.

Itulah 8 rekomendasi tempat wisata di Pangandaran yang layak dikunjungi pada musim libur panjang Natal dan tahun baru mendatang. (Eva/R3/HR-Online)