Review HP Vivo V15, Smartphone dengan Kamera Depan 32 MP

Review HP Vivo V15
HP Vivo V15. Foto : Vivo Indonesia

HP Vivo V15 sejak awal kemunculannya sangat dinantikan oleh para konsumen. Pasalnya, HP Vivo V15 ini mengusung kamera depan dengan resolusi besar yakni 32 MP, belum lagi menggunakan sistem kamera pop-up.

Ponsel besutan Vivo asal vendor dari China ini pertama kali dirilis secara global pada Maret 2019. Seri V15 merupakan smartphone yang pertama kali muncul di Tanah Air dengan kamera depan pop-up.

Sejak pertama hadir di Indonesia, HP Vivo V15 sangat disambut oleh konsumen, yang ingin memiliki ponsel pintar berkamera selfie kekinian.

Dengan menggunakan metode atau sistem kerja kamera depan seperti itu, maka smartphone ini memiliki layar lebar. Pasalnya, tidak ada notch yang biasanya untuk memasang kamera depan serta bezel-less.

Kamera depannya ini menjadi keunggulan dari HP Vivo V15. Untuk sistem cara pakainya, bisa membuka (naik atau muncul) sendiri atau otomatis, jika aplikasi kamera depan dijalankan. Serta dapat kembali masuk dengan otomatis ketika aplikasi tidak dipakai.

Diklaim dari pihak Vivo, bahwa kamera depannya ini sudah melewati serangkaian bahkan ribuan kali uji coba pada ketahanan ketika terkena benturan.

Lantas apakah keunggulan dari HP Vivo V15 ini hanya sebatas di kamera depannya saja? Dan juga apakah ponsel Android ini lebih baik dari Realme 3 Pro serta Samsung Galaxy A50 pada kelas yang sama?.

Untuk menjawab semua itu, berikut ini HR Online mengulas jeroan serta software dari Vivo V15.

Review HP Vivo V15

Seperti diulas di atas, bahwa seri V15 besutan Vivo ini, memiliki keunggulan pada kamera depannya. Baik itu dari resolusi yang besar 32 MP dan juga sistem kerja kameranya.

Performa

Bagian dapur pacu dari HP Vivo ini mengusung chip MediaTek Helio P70 (12nm) dengan prosesor octa-core berkecepatan 2.1 GHz. Selain itu juga didukung GPU Mali-G72 MP3.

Sebagai pendukung performanya, dipasang juga RAM dengan kapasitas 6 GB, yang dipadungan dengan penyimpanan internal sebesar 64 GB.

Perpaduan hardware-nya itu, maka Vivo V15 ini dapat mengoperasikan beberapa aplikasi bersama-sama (multitasking) tanpa ada kendala.

Bukan hanya itu, saat bermain game pun berjalan dengan lancar, tanpa ada lag atau restart sendiri. Pasalnya, di dalam software-nya sudah dipasang tambahan untuk permainan yaitu Game Mode 5.0.

Selain itu, tersedia juga fitur Vivo Dual-Turbo, yang dapat memfokuskan pemakaian RAM ketika bermain gim. Sehingga performanya saat menjalankan game berat bisa memuaskan.

Layar

Karena kamera selfie-nya menggunakan sistem pop-up, maka tentunya bagian notch dihilangkan sehingga tampak lebar, tanpa bezel, serta luas.

Layar lebar tanpa notch serta bezelles ini, pihak Vivo menyebutnya sebagai Ultimate All Screen Display. Untuk layarnya sendiri memiliki ukuran 6.53 inci FHD+ (2340 x 1080 piksel). Sedangkan rasio aspeknya 19.5:9, dan rasio screen to body hingga 90,95%.

Bukan hanya itu, layar pada HP Vivo V15 ini juga dipasang pelindung sebagai antigores, yakni Gorilla Glass 5. Namun sayang pada layarnya belum Super AMOLED seperti yang ada pada HP Vivo S1 atau lainnya.

Baterai

Sementara di bagian daya dipasang baterai dengan kapasitas 4000 mAh. Tersedia juga fitur Dual-Engine Fast Charging, sehingga dapat mencharger baterai dengan cepat. Walaupun Vivo V15 ini masih memakai kabel USB universal.

Selain itu, smartphone V15 ini diberi proteksi 9 lapis yang bisa memberikan rasa aman ketika HP besutan Vivo ini diisi ulang.

Spek HP Vivo V15 Lainnya

Kamera

Jika kamera depannya beresolusi 32 MP yang dibekali AI Face Beauty, lantas bagaimana dengan kamera belakangnya?.

HP Vivo V15 pada kamera belakang dipasang 3 lensa. Ketiga lensanya itu berkekuatan 12 MP sebagai kamera utama dengan 24 juta unit fotosensitif, kemudian 8 MP AI Super Wide-Angle, serta 5 MP (Depth sensor).

Jika ponsel standar lainnya hanya mampu melakukan Wide-Angle dengan sudut 78 derajat, sedangkan seri V15 bisa melakukan sudut 120 derajat.

Bukan hanya itu, kamera 5 MP ini juga bisa mengambil foto dengan efek bokeh. Sementara fitur lainnya dari kamera belakangnya ini antara lain, AI Face Beauty, Smart Framing, serta AI Body Shaping.

Desain

Sebagai smartphone kelas mid-range dengan harga yang sangat terjangkau ini, HP Vivo V15 pada desainnya tersebut justru kelihatan classy serta premium.

Walaupun bukan termasuk jajaran ponsel flagship dari Vivo, akan tetapi V15 ini berdesain lumayan eye-catching, dengan cassing berbahan bodi polikarbonat. Selain itu, tampilan keren terlihat dari warna gradasinya yang begitu atraktif.

Sementara di bagian dimensinya, memiliki ukuran 161.97 x 74.93 x 8.54 mm, dengan berat 189,5 gram. Sedangkan warna yang tersedia adalah Glamour Red serta Royal Blue.

Untuk harga HP Vivo V15, saat ini di toko online dibanderol antara Rp 2.599.000 sampai Rp 3.499.000. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...