Rumah di Pawindan Ciamis Tersambar Petir

rumah di pawindan ciamis tersambar petir
Kondisi rumah Mamat, warga Pawindan, Ciamis yang tersambar petir, Jum'at (6/12/2019). Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Rumah milik Mamat Rahmat (39) di Dusun Rancautama, RT 09 RW 11, Desa Pawindan, Kecamatan/Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, tersambar petir, Jumat (6/12/2019) sore sekitar pukul 17.00 WIB.

Ketua relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Ciamis, Ade Waluya mengatakan, bencana tersebut terjadi saat hujan disertai angin melanda Ciamis sore ini.

Petir tiba-tiba menyambar rumah Mamat dan menimpa barang elektronik seperti televisi, salon aktif dan dispenser. Kaca jendela pun pecah lantaran sambaran petir tersebut.

Menurut Ade, saat kejadian semua anggota keluarga yang berjumlah empat orang sedang berkumpul di ruang tengah.

“Tiba-tiba petir menyambar barang elektronik hingga hangus dan rusak. Beruntung saat kejadian, tidak menimbulkan korban jiwa. Hanya saja, pemilik rumah sempat shok,” ujarnya.

Selain itu, Tagana Kabupaten Ciamis melaporkan akibat hujan disertai angin yang terjadi di wilayah Ciamis Jumat (6/12/2019) sore, selain korban sambaran petir, juga terdapat korban angin kencang di Desa Sukajadi, Kecamatan Sadananya.

“Ada 13 KK yang atap rumah dan gentingnya beterbangan, sementara satu rumah tertimpa pohon, itu di desa Sukajadi,” katanya.

Di lokasi berbeda, yakni di Dusun Nangewer RT 02 RW 01 Desa Jelat, Kecamatan Baregbeg, sebuah rumah milik Kusman, terkena longsoran tanah bagian belakang rumahnya sehingga mengalami rusak ringan.

“Saat ini sudah kita bantu evakuasi timbunan tanahnya,” ucapnya.

Pihaknya mengimbau, pada musim penghujan ini, sekiranya ada pohon di sekitar pemukiman yang diperkirakan bakal membahayakan, alangkah baiknya segera ditebang mengingat kemungkinn datangnya angin kencang masih akan terjadi di wilayah Ciamis. (Jujang/R7/HR-Online)

Loading...