Sakit Pinggang Menyerang Anda, Coba Atasi dengan Bahan Alami Ini

Sakit Pinggang Menyerang
Ilustrasi sakit pinggang. Foto : net/ist

Sakit pinggang salah satu yang sering dan umum menyerang masyarakat Indonesia. Sakit pada pinggang ini bukah hanya menyerang orang tua saja, melainkan segala umur.

Orang yang terkena nyeri punggung ini umumnya muncul sesudah mengangkat barang atau beban yang berat, kemudian duduk terlalu lama atau bisa juga berdiri dalam jangka waktu yang tidak sebentar.

Untuk rasa nyerinya ada yang rasa sakitnya tidak begitu parah atau ringan, namun ada juga yang sampai parah sampai tidak dapat bergerak.

Sehingga dengan sakit pinggang ini, bisa mengganggu kegiatan sehari-hari. Terlebih dalam mencari uang mengandalkan kekuatan fisik, tentu sangat merugikan dalam sisi ekonomi.

Daerah yang merasakan terkena nyeri punggung ini dari sekitar tulang lumbar, jaringan otot sampai organ tubuh yang ada disekitaran perut serta panggul.

Sebagian orang yang terkena sakit pinggang ini sering beranggapan sesuatu yang biasa, dan bukan hal yang serius.

Pasalnya, nyeri punggung ini jika tidak diobati atau diatas bisa hilang dengan sindirinya, yaitu dalam waktu beberapa hari.  

Adapun penyebab umum selain angkat barang yang berat serta salah, bisa juga disebabkan karena cedera ketika berolahraga, radang pada sendi, serta penyebab lainnya.

Namun ada juga yang beranggapan nyeri pada pinggang ini, diakibatkan karena kelelahan setelah menjalankan aktivitas. Sehingga, dengan cukup istirahat saja rasa sakit bisa hilang.

Memang pendapat seperti itu tidak sepenuhnya salah. Akan tetapi, faktanya dari berbagai macam kasus sakit pinggang penyebabnya bisa bermacam-macam.

Punggung yang cidera menjadi awal dari gejala nyeri pinggang. Hal pertama yang dirasakan adalah punggung terasa panas atau kesetrum, kemudian ada rasa sakit, kesemutan serta pinggang menjadi kaku.

Gejala awalnya adalah punggung merasa pegal-pegal, namun lama-lama nyerinya seperti menusuk, sehingga kesulitan untuk berdiri tegak bahkan untuk bergerakpun sulit.

Gejala sakit pinggang tersebut tergantung dari penyebabnya, sakit yang dirasakan bisa hingga ke pinggul, kemudian kaki, bahkan sampai telapak kaki ikut melemah.

Mengatasi Sakit Pinggang dengan Bahan Alami

Memang untuk nyeri punggung ini bisa sembuh dengan sendirinya, tergantung dari seberapa parah sakitnya tersebut. Jika tidak diobati ada yang sampai beberapa hari bahkan berminggu-minggu sembuhnya.

Masalahnya, untuk Anda yang mengandalkan kekuatan fisik tentu nyeri punggung ini sangat mengganggu. Untuk itu harus disembuhkan segera, bisa dengan meminum obat kimia atau ramuan dari bahan alami/herbal.

Lantas bahan alami apa saja yang bisa dipakai untuk menyembuhkan sakit pinggang? Berikut ini daftarnya.

1. Kunyit

Rempah yang memiliki warna kuning ini bisa bekerja dengan baik mengatasi nyeri sendi. Hal itu disebabkan karena adanya kandungan antioksidan yang bisa mengatasi radikal bebas yang dapat merusak jaringan serta sel tubuh.

Selain itu mengandung curcumin yang dipercaya bisa bertugas sebagai antiperadangan, untuk meminimalisir sakit pada sendi.

Caranya, campurkan bahan-bahan seperti kunyit, tanaman jenggot serta akar jahe. Sebelumnya bersihkan dulu lalu masukkan ke panci yang sudah diisi air bersih untuk direbus sampai mendidih.

Jika sudah, biarkan sampai air rebusan itu hangat. Lalu menyaring air rebusan itu dan diminum rutin setiap hari.

Kunyit ini memang ampuh mengatasi sakit pinggang, namun masalahnya jika dosisnya terlalu tinggi bisa berbahaya untuk kesehatan terutama pencernaan. Untuk itu, konsultasikan terlebih dulu dengan dokter atau ahli herbal.

2 Jahe

Selain kunyit, obat alami yang bisa mengatasi nyeri punggung adalah jahe. Di dalam jahe ini mengandung phytochemical, yang diklaim bisa menghentikan peradangan, nyeri sendi atau otot.

Caranya, jahe yang sudah disiapkan dicuci terlebih dulu, kemudian dipotong tipis-tipis. Setelah itu, tambah alkohol 75 persen serta cabai rawit yang sudah dibersihkan.

Bahan-bahan yang sudah dicampurkan itu difermentasikan dalam waktu 2 minggu. Jika sudah, Anda bisa mengoleskannya ke bagian punggung yang terasa nyeri.

Obat Sakit Pinggang Alami

3 Dedalu

Dedalu atau willow bark merupakan tanaman yang masuk ke dalam kelompok sema-semak. Tanaman ini di dalamnya terkandung asam salisilat.

Umumnya, tanaman ini dipakai untuk mengobati jerawat serta kulit yang berminyak. Akan tetapi, willor bark juga bisa dipakai sebagai obat alami untuk mengatasi sakit pinggang.

Menggunakan dedalu untuk mengatasi nyeri punggung sebenarnya sudah dilakukan sejak dulu. Pasalnya, asal salisilat ini manfaatnya tidak jauh berbeda dengan aspirin sebagai pereda nyeri.

Cara membuatnya, tanaman dedalu ini bisa direbus layaknya teh. Namun untuk yang dijual biasanya bentuknya kapsul atau berupa suplemen cair.

Namun, ramuan dedalu ini sangat tidak cocok untuk anak-anak, karena ada racun di dalamnya yang dapat mengakibatkan gangguan pada ginjal serta pencernaan sampai memicu perndarahan.

4. Cengkeh

Obat sakit pinggang dari bahan alami lainnya adalah cengkeh. Eugenol yang ada di dalam cengkeh ini bisa bertindak sebagai pereda nyeri.

Caranya, cukup oleskan sedikit minyak cengkeh ke daerah yang terkena nyeri punggung. Namun, untuk yang sedang mengonsumsi obat pengencer darah, hati-hati dalam pemakaiannya, pasalnya minyak dari bahan cengkeh ini bisa mengakibatkan pendarahan.

5 Daun Sirsak

Daun sirsak terkenal sebagai obat hermal dan berkhasiat untuk kesehatan tubuh sudah sejak dulu. Pasalnya, di dalamnya terkandung vitamin C, kalium, karbohidrat, kalsium serta fospor, air dan serat.

Sedangkan untuk mengobati sakit pinggang, daun sirsak yang dimanfaatkan adalah daun sirsak tua, yang berwarna hijau tua.

Untuk membuat daun sirsak sebagai obat alami mengatasi nyeri punggung, langkah pertama siapkan 20 lembar daun sirsak dan cuci hingga bersih. Setelah itu, masukkan ke dalam panci yang sudah berisi air dan direbus sampai mendidih.

Untuk mengobati sakit pinggang, Anda bisa meminum rebusan daun sirsak setiap harinya sebanyak ¾ gelas. Lakukan secara rutin jika ingin nyeri punggung itu sembuh. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...