Sambil Wisata, Ratusan Pelajar Bandung Belajar ke Nelayan Pangandaran

Pelajar Bandung ke Pangandaran
Pelajar asal Bandung saat belajar menggunakan jaring untuk menjala ikan. Foto: Istimewa

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Ratusan pelajar Bandung dari SMA Trinitas melakukan kunjungan wisata ke Pangandaran. Selain berwisata, mereka juga belajar berbagai hal yang dilakukan nelayan Pangandaran.

Bernand, salah satu pelajar asal Bandung, mengatakan, dirinya sangat senang berkunjung ke Pangandaran. Tak hanya wisatanya yang menarik, ada banyak hal yang bisa dipelajari dari kehidupan warga pesisir selatan ini.

“Kami suka sekali, apalagi warga di sini ramah-ramah, terutama saat mengajarkan bagaimana caranya menjala ikan maupun ngajodang,” katanya, Rabu (12/12/2019).

Ia menambahkan, belajar apa yang dilakukan oleh nelayan memiliki sensasi sendiri. Jadi sangat wajar bila hal itu menyenangkan, terlebih semacam ini jarang ditemukan di lingkungannya.

Salah satu pemandu wisata, Asep Kartiwa, mengatakan, konsep yang menarik bagi pengusaha travel saat ini yang bergelut di dunia wisata adalah dengan memasukkan edukasi bagi para pengunjung, terutama seperti pada kalangan pelajar asal Bandung ini.

“Jadi, setidaknya ketika mereka pulang memiliki wawasan tentang lokasi yang dikunjunginya, seperti di Pangandaran ini. Menurut saya, ini perlu dikembangkan di sini,” pungkasnya. (Entang/R6/HR-Online)

Loading...