Sejumlah Rumah di Linggasari Ciamis Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Sejumlah rumah rusak akibat angin puting beliung yang menerjang Lingkungan Tegalpanjang, Kelurahan Linggasari, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, pada Jum’at (06/12/2019) sore.
Salah satu rumah warga di Lingkungan Tegalpanjang, Kelurahan Linggasari, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, yang rusak diterjang angin puting beliung pada Jum’at (06/12/2019) sore. Foto : Jujang/HR.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Sejumlah rumah rusak akibat angin puting beliung yang menerjang Lingkungan Tegalpanjang, Kelurahan Linggasari, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, pada Jum’at (06/12/2019) sore.

Hujan disertai angin puting beliung mengakibatkan rumah warga di lingkungan tersebut mengalami kerusakan pada bagian atapnya.

Tatang Basir, warga setempat, mengatakan, angin puting beliung menerjang Lingkungan Tegalpanjang sekitar pukul 16.00 WIB. Tak lama kemudian disusul hujan yang sangat deras.

Menurutnya, saat peristiwa itu terjadi, keadaan di lingkungannya sangat mencekam. Sebab, angin puting beliung baru pertama kali terjadi di wilayah tersebut.

“Saat itu angin terlihat berputar-putar dan berwarna hitam dari bawah ke atas, hingga menerbangkan genting dan atap rumah milik warga,” tuturnya.

Pasca kejadian tersebut, lanjut Tatang, ada sekitar 10 rumah warga yang mengalami rusak ringan dan sedang. Satu rumah diantaranya milik Bunyamin, sebagian genting rumahnya terbawa angin dan berjatuhan.

“Kerusakannya rata-rata terjadi pada bagian atap rumah dan asbes. Setelah hujan mereda, pemilik rumah dan warga langsung bergotong-royong membereskan puing-puing genting dan atap yang terbawa angin,” terang Tatang.

Selain itu, akibat angin puting beliung, beberapa pohon juga tumbang. Beruntung tidak sampai menimpa rumah warga. (Jujang/R3/HR-Online)

Loading...