Dampak Sistem Digitalisasi Arsip pada Kasus Sengketa Tanah

Sistem Digitalisasi Arsip
Ilustrasi Sistem Digitalisasi Arsip. Foto: Istimewa

Sistem digitalisasi arsip kini sedang banyak diperbincangkan oleh beberapa kalangan. Terutama untuk kalangan yang memiliki atau sedang menjalankan bisnis properti.

Mengapa banyak diperbincangkan? Karena sistem digitalisasi ini digunakan sebagai sebuah solusi. Khususnya untuk solusi masalah sengketa hak milik tanah.

Hal ini menjadi sesuatu yang baru bagi masyarakat banyak. Pasalnya fitur ini akan memudahkan masyarakat jika terjadi sengketa tanah.

Sistem Digitalisasi Arsip oleh Pemerintah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa sistem ini merupakan hal baru. Sebelumnya pemerintah belum pernah mengeluarkan kebijakan terkait dengan digitalisasi arsip.

Mengapa pemerintah mengeluarkan kebijakan terkait dengan digitalisasi arsip? Hal ini tentunya berkaitan dengan beberapa dokumen penting yang digunakan dalam sebuah properti.

Tidak hanya itu saja, ada beberapa alasan pemerintah dalam mengeluarkan sistem digitalisasi ini. Salah satunya adalah mengurangi permasalahan terkait kepemilikan properti.

Adanya sistem digitalisasi arsip ini membuat banyak orang lebih mudah menyelesaikan masalah sengketa. Hal ini merupakan solusi terbaik yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Alasan lain mengapa pemerintah menetapkan sistem digitalisasi pada arsip adalah kasus sengketa. Hampir seluruh wilayah Indonesia terdapat sengketa yang berkaitan dengan warisan tanah.

Hal ini menjadi pemandangan yang tidak menarik bagi masyarakat dan juga pemerintah. Oleh karena itu pemerintah mengeluarkan kebijakan terkait dengan sistem digitalisasi arsip.

Dalam kasus sengketa tanah pihak yang menang selalu ahli waris. Namun hal tersebut belum tentu benar karena bisa jadi sudah ada transaksi jual beli.

Namun transaksi tersebut tidak dilengkapi dengan dokumen yang sah. Bisa jadi arsip dokumen yang dimiliki juga tidak lengkap.

Seperti yang diketahui bahwa arsip dokumen sangat berguna untuk menghadapi sebuah sengketa. Namun sebaliknya jika arsip dokumen yang dimiliki hilang entah kemana.

Dampak Sistem Digitalisasi Arsip Pada Properti

Selain memberikan kemudahan, sistem ini juga memiliki dampak lain. Tentunya dampak tersebut sangat berkaitan dengan properti yang dimiliki.

Berikut ini beberapa dampak dari digitalisasi arsip pada properti.

1. Arsip Dokumen Tidak Mudah Hilang

Dampak pertama dari sistem digitalisasi ini adalah arsip dokumen akan lebih aman. Seperti yang diketahui bahwa arsip dokumen sering hilang.

Entah itu karena bencana alam atau terselip diantara dokumen lain. Hal ini membuat pemilik dokumen kesulitan mencari.

Hilangnya dokumen arsip tanah atau properti lainnya dapat menambah kesulitan jika terjadi sengketa. Sengketa tidak bisa dimenangkan karena dokumen yang dimiliki tidak lengkap atau bahkan tidak ada.

Oleh karena itu hadirnya sistem digitalisasi arsip ini sangat membantu. Dokumen arsip akan lebih aman dan tidak mudah hilang.

2. Paperless

Dampak yang selanjutnya adalah paperless. Dampak ini memang sangat berpengaruh pada penggunaan kertas.

Dengan adanya digitalisasi ini membuat semua dokumen arsip akan berwujud elektronik. Penggunaan kertas akan lebih diminimalisir dan membuat pengeluaran lebih hemat.

Penggunaan kertas akan lebih dikurangi. Sehingga kertas bisa digunakan untuk keperluan lain yang lebih penting.

Implementasi sistem digitalisasi arsip ini akan membuat beberapa orang diuntungkan. Mulai dari kemudahan dalam penyimpanan dan penghematan biaya untuk keperluan kertas.

3. Kemudahan Penyimpanan Dokumen

Dampak selanjutnya adalah kemudahan dalam penyimpanan. Seperti yang diketahui bahwa dokumen yang diarsipkan membutuhkan beberapa tempat.

Bahkan penyimpanan juga harus dilakukan dengan baik dan benar. Agar arsip dokumen tidak mudah rusak, terlipat, basah, bahkan dimakan rayap.

Terkadang ada sebuah kasus yaitu arsip dokumen habis dimakan rayap karena tidak disimpan dengan baik. Namun kini sebaliknya karena dokumen sudah berbentuk elektronik.

Meskipun file digital tersebut hilang namun masih ada file cadangan. Hal ini juga menjadi hal baru bagi khalayak umum yang memiliki sertifikat.

Dokumen elektronik bisa disimpan dimana saja bahkan bisa disimpan di dalam ponsel. Hal ini membuat dokumen arsip lebih aman dan bisa dibawa kemana-mana.

Hal ini merupakan dampak dari sistem digitalisasi arsip. Setiap dokumen juga tidak akan menguras penyimpanan terlalu besar.

Pemerintah dianggap benar karena mengeluarkan sistem ini. Terlebih lagi jika ada sengketa tanah dan sangat membutuhkan arsip dokumen.

Sistem digitalisasi arsip ini sangat membantu para pihak sengketa. Bukti yang digunakan akan lebih lengkap dan mudah untuk dibawa. (R10/HR-Online)

Loading...