Starter Sepeda Motor Nggak Nyala, Coba Cek Bagian Ini

Starter sepeda Motor
Starter sepeda motor. Foto : istimewa

Starter sepeda motor memiliki manfaat yang luar biasa, karena tanpa itu maka untuk menyalakan motor harus dengan kick starter. Bahkan, motor model sekarang ini semuanya terpasang starter motor, terlebih motor dengan kapasitas di atas 150 cc.

Bisa dibayangkan jika motor besar atau lebih dari 150 cc menggunakan kick starter, tantu bakalan ribet dan sangat berat untuk meng-engkolnya.

Untuk itulah, mengapa motor-motor sekarang ini menggunakan starter elektrik. Karena selain praktis juga bisa mengirit biaya produksi.

Akan tetapi masalahnya adalah, bagaimana jika starter sepeda motor itu tiba-tiba nggak nyala atau ngadat? Terlebih mau berangkat kerja tentu sangat merugikan Anda. Sudah terus menerus menekan tombol strarter tapi tidak nyala-nyala.

Jika mengalami hal seperti itu, pasti yang pertama adalah membentak atau memaki-maki sepeda motor tersebut dan marah-marah.

Padahal, ngadatnya starter sepeda motor bisa diperbaiki baik oleh sendiri maupun pergi ke bengkel. Untuk kerusakan pada electric starter bisa terdeteksi dari ciri-ciri seperti suara bisa juga terlihat fisiknya.

Untuk suara maka tandanya akan timbul bunyi yang kasar ketika elektrik starter tersebut ditekan. Sedangkan bagian fisik baik pada dinamo starter, switch atau aki dan lainnya harus dicek terlebih dulu.

Nah, bagi yang mengalami starter motor ngadat atau tidak mau nyala, maka bisa dilakukan pemeriksaan pada bagian komponen berikut ini.

Komponen yang Bikin Starter Sepeda Motor Ngadat

Aki (Accu)

Pemeriksaan jika starter pada motor ngadat atau tidak mau nyala adalah di bagian aki motor. Pasalnya, accu ini merupakan komponen yang sangat penting untuk motor yang menggunakan starter.

Tanpa aki maka starter sepeda motor tidak akan nyala, dan harus di engkel jika ingin motor tetap jalan. Pastikan accu tersebut dalam kondisi bagus atau tidak soak.

Anda bisa mengeceknya dengan membunyikan klakson pada sepeda motor. Namun karena untuk mengangkat dinamo starter itu membutuhkan daya yang besar, maka cara pengecekan tersebut terbilang tidak akurat.

Atau bisa juga dengan menyalakan lampu riting (sen). Jika lampu tersebut menyalanya tidak terlalu redup, bisa dikatakan keadaan accu masih bagus.

Cara lainnya dengan mengukur tegangan pada accu yaitu menggunakan alat khusus. Atau bisa juga dengan memancing memakai aki yang lain namun kondisinya bagus.

Jika saat memancing dengan menggunakan aki lain ternyata starter sepeda motor nyala, maka ada masalah pada accu motor Anda, baik itu soak atau kondisinya sudah jelek.

Untuk aki basah bisa dengan mengganti atau menambahkan lagi cairannya, lalu menyetrum kembali aki tersebut. Tapi jika accu kering maka harus diganti dengan yang baru.

Starter Sepeda Motor Ngadat Periksa Bagian Ini

Switch

Pemeriksaan selanjutnya jika starter tidak mau nyala yaitu pada bagian switch-nya. Sama seperti accu, switch starter ini juga termasuk dalam komponen yang penting.

Switch ini sebagai saklar elektromagnetik, yang fungsinya memutuskan serta menyambungkan arus listrik. Jadi peranannya seperti saklar listrik yang ada di rumah.

Ketika starter sepeda motor tersebut tidak nyala, maka Anda harus memastikan terlebih dahulu komponen yang satu ini apakah betul-betul masih berfungsi atau tidak.

Swicth tersebut akan ditemukan jika motor dibongkar atau berada di dalam. Nantinya akan menemukan benda yang berupa kotak biasanya berwarna hitam.

Kotak hitam itu menghubungkan antara accu dengan dinamo starter motor, dengan memakai kabel ukuan cukup besar.

Untuk memastikan switch starter motor ini masih berfungsi atau normal dan bagus, Anda bisa melakukannya dengan menyambungkan kabel antara switch itu.

Apabila saat disambungkan kedengaran suara cekrek-cekrek atau cetak-cetak, berarti switch tersebut bisa jadi kotor atau bahkan sudah rusak.

Dapat dipastikan bahwa switch starter sepeda motor ini tidak memiliki kekuatan untuk memutarkan dinamo starter-nya.

Bendik

Selain komponen di atas, yang perlu diperiksa ketika starter pada sepeda motor tidak mau nyala adalah di bagian bendik-nya.

Fungsi dari bendik ini sendiri adalah guna menyambungkan atau mengumpan arus listrik dari accu ke dinamo starter motor.

Jadi, apabila bendik tersebut rusak, maka bisa dipastikan arus listriknya tidak bisa sampai ke dinamo starter, sehingga mesin motor pun tidak bakalan nyala.

Sementara untuk memastikan bendik tersebut , maka bisa dicoba dengan mendengarkan suara dari spare part ini.

Bila switch starter motor dipencet, serta bendik-nya diam saja atau tidak mengeluarkan bunyi, kemungkinan komponen tersebut bermasalah.

Dinamo Starter

Komponen terakhir yang perlu dicek jika starter sepeda motor ngadat yaitu pada bagian dinamonya. Memang dinamo yang rusak sangat jarang, paling bagian brush atau arang kumparan yang sudah gosong atau putus. (Adi/R5/HR-Online)